Sukses


Presiden Madura United Dorong Ketua PSSI Lobi BNPB, tapi Minta Liga 1 Dibatalkan jika Pemerintah Tidak Mengizinkan

Bola.com, Jakarta - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi mendukung perjuangan PSSI untuk mendapatkan rekomendasi demi memulai Liga 1 2021. Namun, jika pemerintah tidak mengizinkan, pria yang karib dipanggil AQ itu meminta kompetisi untuk dibatalkan.

PSSI masih terus mengejar lampu hijau dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menggelar Liga 1 pada akhir Agustus atau awal September 2021.

BNPB tidak kunjung mengeluarkan rekomendasi kepada PSSI untuk memutar kompetisi karena pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pada 3 Juli-2 Agustus 2021.

Achsanul mendorong Ketua PSSI, Mochamad Iriawan untuk mendatangi BNPB dan menjelaskan bahwa Liga 1 punya pedoman untuk menggulirkan kompetisi di tengah pandemi COVID-19. Satu di antaranya adalah protokol kesehatan yang ketat dan pernah diterapkan di Piala Menpora 2021.

"Ayo PSSI. Izin keamanan dari kepolisian sudah di tangan. Saat ini, larangan datang dari BNPB. Kita harapkan Ketua PSSI dapat segera melakukan lobi ke BNPB dengan hadir langsung dan mempresentasikan tentang data empiris atas hasil sukses di Piala Menpora," tulis Achsanul dalam akun Instagramnya, @achsanul.qosasi.

"Saat Piala Menpora tidak terjadi klaster (virus corona) sepak bola. Piala Menpora menerapkan protokol kesehatan ketat dan sukses. Tampilkan juga video-video protokol kesehatan saat Piala Menpora berlangsung."

"PSSI dan PT LIB juga sudah memiliki regulasi atas kompetisi di tengah pandemi termasuk tentang langkah dan antisipasi keamanan dan pencegahan, termasuk mitigasi resiko terdampak," jelas pria yang juga merupakan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Kalau Pemerintah Tidak Mengizinkan, Batalkan Saja

Jika akhirnya pemerintah melalui BNPB tidak merekomendasikan Liga 1 untuk digelar di tengah pandemi, termasuk jika periode masa PPKM ditambah, Achsanul mengimbau PSSI untuk membatalkan Liga 1 musim ini.

"Namun, jika PPKM diperpanjang, atau pemerintah tidak mengizinkan, sebaiknya kompetisi musim 2021 ditiadakan saja," terang mantan Bendahara PSSI era Nurdin Halid tersebut.

Achsani menjadi satu di antara petinggi klub yang vokal meminta kejelasan Liga 1 terhadap PSSI. AQ bahkan berani menyarankan kebijakan tidak populer yaitu meniadakan kompetisi.

3 dari 3 halaman

PSSI Masih Mau Gelar Liga 1

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, berharap Liga 1 musim ini dapat digelar pada Agustus atau awal September 2021 setelah PPKM Level 4 berakhir pada 2 Agustus 2021.

"Mudah-mudahan pada pekan depan, saat PPKM Level 4 selesai dan tidak diperpanjang, tentu kami akan komunikasikan dan saya yakin, pada Agustus atau September 2021, Liga 1 bisa bergulir," kata Iriawan dalam wawancaranya dengan CNN Indonesia TV beberapa waktu lalu.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) terpaksa menunda kick-off Liga 1 dari 9 Juli hingga batas waktu yang belum ditentukan akibat permintaan BNPB, disusul penerapan PPKM Level 4 lantaran gelombang kedua pandemi.

PSSI dan PT LIB telah berencana memulai Liga 1 pada 20 Agustus 2021, namun pemerintah malah menambah durasi PPKM Level 4 dari 25 Juli 2021 hingga awal bulan depan.

"Mudah-mudahan pandemi COVID-19 bisa turun dan kompetisi dapat dijalankan," jelas Iriawan, yang punya nama panggilan Iwan Bule tersebut.

"Kami sudah punya protokol kesehatan dalam menjalankan kompetisi. Jadi sebetulnya kami tinggal menjalankan. Tapi kami menghargai BNPB. Kami menunggu perkembangan dari BNPN," tutur Iriawan.

Video Populer

Foto Populer