PPKM Level 4 Belum Usai, PSSI Tetap Ingin Gelar TC Timnas Indonesia Awal Agustus

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 01 Agu 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 16:15 WIB
Laga Uji Coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo
Penyerang Timnas Indonesia, M Rafli (kiri) melakukan selebrasi bersama Kushedya Hari Yudo usai menjebol gawang Tira Persikabo. (Foto: Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - PSSI terpaksa membatalkan pemusatan latihan Timnas Indonesia pada hari ini alias Minggu (1/8/2021). Pasalnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 masih berlaku di Jakarta.

PPKM Level 4, yang telah berlaku sejak 3 Juli 2021, akan berakhir pada Senin (2/8/2021). Sampai sekarang, pemerintah belum membarui kebijakan tersebut.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya tetap ingin menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia pada awal bulan ini meski status dari PPKM Level 4 masih belum jelas.

"PSSI terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar Timnas Indonesia dapat melakukan pemusatan latihan pada awal Agustus 2021," kata Yunus Nusi dinukil dari laman PSSI.

Yunus Nusi mengklaim bahwa rencana pemusatan latihan Timnas Indonesia pada awal bulan ini adalah program dari pelatih Shin Tae-yong, yang saat ini masih berada di Korea Selatan.

"Yang jelas, kami mendukung penuh program Shin Tae-yong demi prestasi Timnas Indonesia," jelas mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Lokasi Latihan

Foto: Imbangi Skuat Gajah Putih, Timnas Garuda Raih Poin Pertamanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Kedudukan imbang 2-2 ini tak berubah hingga peluit panjang akhir pertandingan berbunyi. Skor imbang ini membawa Indonesia memperoleh angka pertamanya di Grup pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selanjutnya Timnas Garuda akan berhadapan melawan Vietnam, Senin (7/6/2021). (Foto: Dok. PSSI)

Timnas Indonesia juga tidak mungkin melakukan pemusatan latihan di tengah periode PPKM Level 4. Sebelumnya, tim berjulukan Skuad Garuda itu direncanakan memulai kegiatannya pada 1 Agustus 2021.

Selain itu, PSSI juga belum bisa menentukan lokasi pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia. Yunus Nusi mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan tiga kota, yaitu Jakarta, Palembang, dan Samarinda.

"Lokasi pemusatan latihan juga ditentukan setelah adanya pengumuman terkait PPKM Level 4, diperpanjang atau tidak," ujar Yunus Nusi.

"Yang jelas, PSSI menyiapkan sejumlah kota untuk menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia, seperti Jakarta, Palembang, dan Samarinda," terang Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Tujuan Pemusatan Latihan

Foto: Imbangi Skuat Gajah Putih, Timnas Garuda Raih Poin Pertamanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Setelah peluit tanda mulainya pertandingan berbunyi, Timnas Indonesia tampil dengan cukup berani bermain terbuka. Kubu sebaliknya, Timnas Thailand tampil dengan lebih efektif memainkan sekema serangan balik. (Foto: Dok. PSSI)

Pemusatan latihan Timnas Indonesia bertujuan sebagai persiapan sebelum menghadapi Chinese Taipei pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dalam dua leg.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Chinese Taipei pada 7 September 2021, dan gantian bertandang pada 12 Oktober 2021.

"PSSI terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar Timnas Indonesia dapat menggelar pemusatan latihan pada awal Agustus 2021," imbuh Yunus Nusi.

"Yang jelas, kami mendukung penuh program pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, demi raihan prestasi tim," imbuh Sekjen PSSI asal Gorontalo itu.

Lanjutkan Membaca ↓