5 Pemain Blasteran yang Pingin Banget Bela Timnas Indonesia, Termasuk Almarhum Noah Gesser

Oleh Rizki Hidayat pada 02 Agu 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 09:30 WIB
Timnas Indonesia - Elkan Baggott, Nyoman Paul Aro, Jack Brown
Timnas Indonesia - Elkan Baggott, Nyoman Paul Aro, Jack Brown (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Prestasi Timnas Indonesia di sepak bola internasional memang tak sementereng negara-negara lainnya. Meski begitu, sejumlah pemain blasteran mengutarakan keinginannya untuk berseragam logo Garuda di dada.

Satu di antara pemain yang ingin memperkuat Timnas Indonesia adalah Noah Gesser. Penyerang Ajax Amsterdam U-17 itu adalah satu dari banyak pemain muda keturunan Indonesia di Belanda yang terus didorong warganet untuk dinaturalisasi oleh PSSI.

Darah Indonesia Noah Gesser mengalir dari orang tua ibunya yang berasal dari Jakarta. Adapun, ayahnya asli Belanda.

"Kalau dipanggil Timnas Indonesia? Tergantung momennya. Kalau mereka memanggil saya ketika saya berusia 20 tahun, saya pikir saya sudah memilih untuk membela Timnas Belanda," jelas Noah dalam wawancara di kanal YouTube Yussa Nugraha, pada Desember 2020.

"Kalau Timnas Indonesia panggil saya sekarang, saya akan sangat mengapresiasinya. Kemungkinan besar saya akan datang saat ini juga. Sebab untuk Timnas Belanda level usia, semua aktivitas tahun ini sudah dibatalkan," ucapnya.

Sayangnya, keinginan Noah Gesser untuk berseragam Timnas Indonesia tak akan pernah terwujud. Pasalnya, Noah telah lebih dulu dipanggil Tuhan.

Media Belanda, De Telegraaf mengabarkan Noah Gesser tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Mobil yang ditumpanginya bertabrakan dengan taksi di IJsselstein, Utrecht pada pukul 19.30 waktu setempat.

Selain Noah Gesser, sejumlah pesepak bola blasteran juga ingin bisa memperkuat Timnas Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah lima di antaranya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 6 halaman

Elkan Baggot

Elkan Baggott
Elkan Baggott. (Bola.com/Dody Iryawan)

Elkan Baggott lahir di Thailand pada 25 Oktober 2004. Elkan memiliki darah Indonesia dari sang ibu, sedangkan ayahnya berasal dari Inggris.

Hal itulah yang sebelumnya membuat Elkan diperebutkan oleh Thailand dan Indonesia. Pada akhirnya, Elkan mantap memilih untuk membela Timnas Indonesia U-19.

Dia pun mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia yang menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab pada 3 hingga 11 Juni lalu. Namun, bek Ipswich Town itu menolak bergabung bersama Timnas Garuda di Dubai.

"Menurutnya, Dubai termasuk zona merah COVID-19. Dia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Lalu, Ipswich Town pun sudah melakukan persiapan pramusim pada Juni 2021," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi, terkait penolakan dari Elkan Baggot.

3 dari 6 halaman

Jack Brown

Jack Brown, Timnas Indonesia u-19
Shin Tae-yong mengubah posisi Jack Brown pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia dari gelandang ke penyerang. (dok. PSSI)

Jack Brown merupakan wajah lama di Timnas Indonesia U-19. Jack Brown sudah pernah mengikuti pemusatan latihan Tim Merah Putih sejak 2017.

Namun, ketika itu Jack Brown tak mampu memikat pelatih Indra Sjafri. Jack Brown merupakan pemain Inggris yang memiliki darah Indonesia dari ibunya.

Masa kecil Jack cukup gemilang. Dia tercatat pernah berpartisipasi di Manchester United Soccer School (MUSS) di Dubai pada 2006 dan langsung menjadi pemain terbaik.

Saat ini, Jack Brown bermain di Lincoln City U-18. Pelatih Shin Tae-yong kembali memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Jack Brown mengaku bahagia bisa kembali mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong. Jack Brown berharap bisa memikat pelatih asal Korea Selatan itu dengan penampilan apiknya selama pemusatan latihan.

"Saya sangat senang dan mencoba memberikan yang terbaik. Untuk hasilnya, lihat saja nanti," kata Jack Brown dinukil dari YouTube Tik Tak Football First.

"Terima kasih banyak atas dukungan dan komentar yang positif. Saya akan mencoba memberikan yang terbaik di Timnas Indonesia U-19," imbuh Jack Brown.

 

4 dari 6 halaman

Nyoman Paul Aro

Nyoman Paul Fernando Aro
Nyoman Paul Aro dengan seragam klub Swedia, Skovde AIK. (Dok. Pribadi)

Nyoman Paul Aro merupakan pemain asal Swedia yang memiliki darah keturunan Indonesia. Darah Indonesia didapat Nyoman Paul Aro dari sang ibunda.

Nyoman Paul Aro lahir di Indonesia, namun pindah ke Swedia pada 2016. Saat ini, Nyoman Paul Aro bermain untuk Skovde AIK U-19, peserta Divisi 1 - Sodra, strata kedua kompetisi U-19 di Swedia.

Nyoman Paul Aro sangat berkeinginan untuk bisa membela Timnas Indonesia U-19. Apalagi, Indonesia menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021.

"Saya sangat menginginkan untuk bermain di Timnas Indonesia. Ini adalah negara saya, ada darah Indonesia yang mengalir di tubuh saya. Keinginan saya sangat besar untuk berbakti bagi negara Indonesia," ujar Nyoman Paul Aro.

 

5 dari 6 halaman

Justin Hubner

Justin Hubner
Justin Quincy Hubner, wonderkid Wolverhampton Wanderers yang punya darah Indonesia. (Dok. Instagram/Justin Hubner)

Bek Wolverhampton Wanderers U-18 dan U-23 tersebut sudah pernah satu kali membela Timnas Belanda. Meski begitu, Justin Hubner mengaku tertarik untuk membela Timnas Indonesia jika ada panggilan dari PSSI.

"Saya sudah pernah satu kali bermain untuk Timnas Belanda dalam laga uji coba. Sulit buat menentukan apakah saya akan membela Timnas Belanda atau Indonesia. Mungkin jawabannya akan ketahuan nanti," kata Hubner dalam interview bersama di kanal YouTube Yussa Nugra.

Sebelum bergabung dengan Wolves, Justin Hubner lebih dulu bermain di klub Belanda, FC Den Bosch. Klub lamanya sempat tak mengizinkan Justin keluar, namun ia memilih untuk tidak meneruskan kariernya di tim Liga Inggris.

Posisinya sama seperti Elkan Baggott, yakni bek tengah. Dia juga berkaki kidal. Namun bedanya, Justin Hubner juga bisa dimainkan di posisi bek kiri dan memiliki atribut menyerang yang bagus.

6 dari 6 halaman

Joseph Simatupang

Joseph Simatupang Ferguson
Bocah Indonesia keturunan Batak, Joseph Simatupang Ferguson, mendapatkan kontrak untuk bermain di Blackburn Rovers U-18. (Instagram/@josephsimatupangferguson)

Pemain Blackburn Rovers U-18 keturunan Indonesia, Joseph Simatupang, mengutarakan ketertarikannya bermain untuk Timnas Indonesia. Hanya saja, ia belum bisa memberikan keputusan pasti.

Joseph Simatupang lahir dan tinggal lama di Manchester, Inggris, namun ia mengaku sering berkunjung ke Indonesia. "Hampir setiap tahun saya ke Indonesia."

Adapun darah Indonesia didapatkan dari ibunya. Sang ibunda lahir dan besar di Pontianak, Kalimantan. Dengan begitu, kans untuk berseragam Timnas Indonesia masih besar selama Joseph Simatupang belum bermain di Timnas Inggris.

Ketika ditanya apakah ia mau bermain untuk Timnas Indonesia, Joseph Simatupang mengutarakan ketertarikannya. Namun, untuk saat ini ia belum bisa membuat keputusan.

"Saya tahu pertanyaan ini bakal muncul. Tentu saja bermain untuk Timnas Indonesia akan jadi sesuatu yang besar buat saya. Mama saya dari Indonesia, saya sering ke Indonesia," ujarnya.

"Tapi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Jadi, kita lihat saja," ujarnya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓