Sukses


Syarat Seorang Pemain Boleh Bermain di Liga 1 dan Liga 2 : Wajib Sudah Vaksin 2 Kali

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberlakukan aturan pemain yang bermain di Liga 1 dan Liga 2 2021 wajib divaksin dengan dosis dua kali. Kebijakan ini dibuat untuk meminimalisir penularan virus COVID-19.

PT LIB telah mengetuk palu untuk memulai Liga 1 pada 20 Agustus 2021 berdasarkan kesepakatan dalam pertemuan virtual dengan para peserta pada Rabu (4/8/2021).

"Setelah kami berdiskusi dengan pemerintah, vaksinasi menjadi kewajiban di kompetisi," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Ketika PT LIB menggelar turnamen pramusim Piala Menpora pada Maret-April 2021, sebagian besar pemain dari peserta telah divaksin dua kali, kecuali Persipura Jayapura.

Di Piala Menpora, tim berjulukan Mutiara Hitam itu memilih untuk tidak berpartisipasi.

"Waktu Piala Menpora, kami sudah divaksin semua. Tapi kami tak periksa satu-satu apakah sudah divaksin atau belum. Vaksin akan menjadi satu persyaratan untuk memperbolehkan setiap orang atau pemain yang bisa masuk ke area pertandingan Liga 1 dan Liga 2," tutur Lukita.

"Saat masuk ke area pertandingan, setiap orang atau pemain wajib menunjukkan kartu vaksinasi dan datanya akan kami verifikasi supaya valid," imbuh pria yang karib dipanggil Lulu tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Kirimkan Formulir ke Para Peserta Liga 1

Saat ini, PT LIB telah mengirimkan formulir ke para peserta Liga 1 untuk merekap status vaksinasi para pemain. Klub wajib transparan dengan melaporkan siapa pemain yang telah divaksin dua kali, baru divaksin sekali, dan belum divaksin sama sekali.

"Soal vaksin, kami sedang mendata ulang. Kebetulan di Piala Menpora, Persipura tidak ikut. Kami lagi mengumpulkan datanya, jumlahnya berapa, termasuk setiap klub," tutur Lukita.

"Kami sudah kirimkan formulir ke klub, pemain yang sudah divaksin siapa saja, yang baru sekali siapa, yang belum siapa. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, datanya terkumpul," terangnya.

3 dari 3 halaman

Sediakan Sentra Vaksinasi

Selain mendata vaksinasi dari peserta Liga 1, PT LIB juga sedang mencari tahu laporan vaksinasi dari kontestan Liga 2. Lukita mengungkapkan, pihaknya akan menyediakan sentra vaksinasi bagi pemain yang belum atau baru sekali divaksin ketika kompetisi bakal digelar.

"Kami juga sebarkan formulirnya ke klub-klub Liga 2. Di Liga 2, kami akan korek-korek datanya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada," beber Lukita.

"Yang belum divaksin, akan kami fasilitasi vaksinasinya. Sebelum pertandingan, pemain wajib sudah divaksin. Vaksinasi ini difasilitasi oleh PSSI dan PT LIB," paparnya.

Video Populer

Foto Populer