Sukses


Kabar Kepolisian Belum Izinkan Liga 1, PT LIB Berpegang ke Keputusan Kapolri pada Mei 2021

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) tetap berpegang terhadap keputusan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di tengah kabar kepolisian belum memberikan izin untuk Liga 1 2021.

Kapolri telah menerbitkan izin untuk Liga 1 pada 31 Mei 2021 dengan catatan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Belakangan, Mabes Polri lewat Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, menyatakan belum bisa mengeluarkan izin untuk Liga 1.

Pasalnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum mendapatkan rekomendasi dari Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Ganip Warsito yang juga merangkap sebagai Ketua Satgas COVID-19.

"Izin kepolisian yang lama belum dicabut dan masih berlaku. Betul masih berpegangan terhadap izin dari Kapolri pada Mei 2021," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita kepada Bola.com, Kamis (5/8/2021).

Pada Selasa (3/8/2021) PSSI dan PT LIB memutuskan memulai Liga 1 pada 20 Agustus 2021 setelah permintaan penundaan kompetisi dari BNPB berakhir pada 31 Juli 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Penjelasan Asops Kapolri

Sebelumnya, Imam Sugianto mengungkapkan belum mengizinkan Liga 1 musim ini untuk digelar pada 20 Agustus 2021.

"Belum. Mabes Polri prinsipnya menunggu konfirmasi dari Satgas COVID-19. Kan harus ada rekomendasi pelaksanaan di sana," kata Imam Sugianto dinukil dari Antara, Rabu (4/8/2021).

Imam Sugianto berjanji jika rekomendasi dari Satgas COVID-19 telah keluar, pihaknya juga bakal memberikan izin untuk Liga 1.

"Yang kedua, terkait dengan wilayah pelaksanaan. Nanti Satgas COVID-19 yang merekomendasikan seperti apa. Kalau itu sudah oke, Mabes Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan izin," imbuh Imam Sugianto.

3 dari 3 halaman

PSSI Terus Berkoordinasi dengan BNPB

Ketika dikonfirmasi terkait izin kepolisian yang belum turun, Sudjarno selaku Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan bahwa PSSI masih berkoordinasi dengan BNPB terkait rekomendasi untuk Liga 1.

"Rekomendasi dari BNPB yang saat ini sedang dikomunikasikan oleh PSSI," ujar Sudjarno, singkat kepada Bola.com, Kamis (5/8/2021).

Namun, Sudjarno tidak lagi merespons ketika ditanya lebih jauh mengenai kabar kepolisian belum memberikan izin untuk Liga 1.

Video Populer

Foto Populer