Sukses


5 Pemain Persipura dengan Nilai Pasar Mentereng di BRI Liga 1: Didominasi Wajah Lokal

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura merupakan klub elite yang berasal dari wilayah Indonesia Timur. Klub dengan sejarah panjang di Indonesia itu selalu dihuni pemain-pemain berkualitas.

Persipura Jayapura bisa dikatakan sebagai klub Liga 1 dengan keuangan yang stabil. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu memiliki sponsor kakap yang militan memberikan dukungan dana.

Sebut saja PT Freeport hingga Bank Papua. Guyuran dana yang datang dari sponsor memungkinkan Persipura mendatangkan pemain-pemain berkualitas.

Menurut data Transfermarkt, Persipura Jayapura saat ini berada di posisi ke-15 dari segi nilai pasar akumlatif pemain yang dimiliki. Sebanyak 26 pemain yang ada saat ini memiliki jumlah nilai pasar sebesar 2,48 juta euro (Rp42 miliar).

Biasanya, pemain dengan banderol tinggi berasal dari luar negeri. Namun, di Persipura Jayapura justru wajah-wajah lokal mendominasi daftar nilai pasar yang ada.

Lantas, siapa saja pemain yang punya nilai pasar tinggi di Persipura? Berikut ini lima pemain dengan harga paling mahal yang dimiliki Persipura Jayapura pada skuad Liga 1 2021/2022.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

5. Donny Monim

Donny Monim bergabung dengan Persipura Jayapura pada 2020. Pemain berusia 28 tahun itu memiliki nilai pasar 175 ribu euro (Rp2,9 miliar).

Jumlah tersebut tak berubah dari yang pernah dimiliki semasa di Barito Putera. Meski demikian, Donny Monim masih masuk jajaran pemain nilai pasar tinggi di Persipura.

Donny Monim merupakan bek tengah yang punya peran mumpuni di jantung pertahanan. Dia diyakini bakal menjadi andalan pelatih Jacksen F. Tiago di Liga 1.

3 dari 6 halaman

4. Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen memiliki nilai pasar 175 ribu euro (Rp2,9 miliar). Jumlah itu sudah sesuai mengingat Gunansar Mandowen menjadi pemain muda yang cukup bersinar di Persipura.

Gunansar bergabung dengan Persipura pada 2018. Sejak saat itu, Gunansar Mandowen punya peran penting di skuad asuhan Jacksen F. Tiago.

Dengan usia yang baru menyentuh angka 20 tahun, Gunansar Mandowen menjadi aset masa depan Persipura. Menarik untuk menyaksikan kelanjutan kiprah dari Gunansar Mandowen.

4 dari 6 halaman

3. Muhammad Tahir

Muhammad Tahir mengalami penurunan harga pasar di Persipura Jayapura. Sebelumnya, Tahir memiliki harga 200 ribu euro.

Saat ini, pemain berusia 27 tahun itu memiliki harga pasar 175 ribu euro (Rp2,9 miliar). Meski demikian, Tahir masih menjadi pemain ketiga dengan nilai pasar tinggi di Persipura.

Tahir sudah bergabung dengan Persipura sejak 2015. Penampilannya sebagai gelandang punya peran krusial di klub berjulukan Mutiara Hitam itu.

5 dari 6 halaman

2. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre menjadi pemain Persipura Jayapura kedua yang punya nilai pasar tinggi. Todd saat ini memiliki harga pasar sebesar 225 ribu euro (Rp3,8 miliar).

Jumlah itu mengalami peningkatan setelah Todd bermain di klub Thailand, Lampang FC. Todd mengalami peningkatan dari harga sebelumnya yakni 150 ribu euro.

Kemampuan yang mumpuni di lapangan membuat harga yang dimiliki Todd sudah sesuai dan wajar. Apalagi Todd dianggap sebagai aset jangka panjang Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

1. Yevhen Bokhashvili

Yevgen Bokhashvili menjadi pemain Persipura Jayapura yang memiliki nilai pasar paling tinggi sampai saat ini. Pemain asal Ukraina itu memiliki harga pasar 325 ribu euro (Rp5,5 miliar).

Jumlah tersebut masih sama sebelum Yevgen Bokhashvili bergabung dengan Persipura Jayapura. Ketika masih membela PSS Sleman, Yevgen Bokhashvili juga punya harga (Rp5,5 miliar).

Kehadiran Yevgen Bokhashvili diharapkan bisa menjadi tambahan amunisi di lini depan Persipura. Seperti diketahui, pemain 28 tahun itu merupakan penyerang tajam dengan naluri mencetak gol yang tinggi.

Video Populer

Foto Populer