BRI Dipastikan Jadi Titel Sponsor Liga 1

Oleh Hendry Wibowo pada 05 Agu 2021, 20:25 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 20:04 WIB
Logo baru Liga 1
Logo Liga 1 2021/2022 berganti warna menjadi biru dari sebelumnya oranye. (Instagram/@liga1match)

Bola.com, Jakarta - Wajah baru bakal terlihat pada gelaran Liga 1 2021-2022. Karena perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perbankan, BRI bakal menggantikan Shopee sebagai titel sponsor.

Hal di atas telah dikonfirmasi oleh Vice President Strategic Media Business Surya Citra Media atau SCM (bagian dari grup EMTEK) yang notabene pemegang hak komersial dan hak siar Liga 1, Bea Krisnasari.

Meskipun begitu, Bea Krisnasari menyebutkan pengumuman resmi BRI menjadi titel sponsor Liga 1 baru akan berlangsung pada 12 Agustus nanti.

"Ya, benar BRI menjadi titel sponsor BRI. BRI akan menggantikan Shopee," kata Bea Krisnasari saat diwawancara Bola.com hari Kamis (05/08/2021) malam.

"Sebentar lagi pengumuman resmi akan dilakukan. Pengumuman dilakukan via konferensi pers yang dilakukan pada tanggal 12 Agustus," lanjutnya.

Soal penyebutan nama titel sponsor, Bea Krisnasari menyebut BRI Liga 1. "Sebenarnya kalau titel resmi cukup BRI Liga 1. Cuma kalau memang ingin menjelaskan secara lengkap, bisa disebutkan tahunnya 2021/2022. Intinya titel kompetisinya adalah BRI Liga 1," tambahnya.

2 dari 4 halaman

Titel Sponsor di Liga 1

Shopee Liga 1 : Persita Tangerang Vs PSM Makassar
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat melawan Persita Tangerang pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Sport Center Tangerang, Jumat, (6/3/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Perusahaan platform digital atau E-Commerce, Gojek dan Traveloka pernah menjadi sponsor titel yang sekaligus menjadi awal era Liga 1.

Pada edisi perdana, Bhayangka FC sukses meraih trofi juara musim 2017. Musim berikutnya, Gojek menjadi sponsor tunggal Liga 1 2018 dengan menghadirkan Persija Jakarta sebagai pemenang kompetisi kasta tertinggi.

Di Liga 1 2019, giliran Shopee menjadi sponsor utama. Musim ini, giliran Bali United yang meraih sukses. Shopee kemudian kembali jadi sponsor pada Liga 1 2020.

Namun, wabah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia membuat PT LIB memutuskan menunda kompetisi yang berjalan tiga pekan. Seperti diketahui, akibat terus mengalami penundaan dan tak mendapat izin dari Kepolisian, PSSI pun membatalkan Liga 1 2020.

Kini Liga 1 2021/2022 tentunya bakal membuka lembaran baru bersama BRI. "Pasti ada perubahan ya di Liga 1. Karena sebelumnya Shopee dan kini BRI yang notabene perusahaan perbankan," ujar Dea.

3 dari 4 halaman

Titel Sponsor Bank di Indonesia

Liga 1 - Liga Indonesia dari masa ke masa
Liga 1 - Liga Indonesia dari masa ke masa (Bola.com/Adreanus Titus)

BRI sendiri bukan perusahaan perbankan pertama yang menjadi kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Seperti Bank Mandiri musim 2001-2005. Kala itu Bank Mandiri jadi pembeda sekaligus penyelamat Liga Indonesia di era krisis. Setelah tanpa sponsor utama serta hanya didukung perusahaan apparel, Reebook, pendanaan operasional dan hadiah Liga Indonesia ditopang oleh Bank Mandiri.

Tak tanggung-tanggung, bank terbesar Indonesia milik pemerintah RI ini menjadi sponsor utama selama lima musim dengan menghadirkan PSM Makassar, Persija Jakarta, Petrokimia Putera, Persik Kediri dan Persebaya Surabaya.

Setelah Bank Mandiri, bank asal Qatar, QNB membawa harapan baru dengan janji gelontoran dana besar untuk membiayai kompetisi untuk musim 2015 sampai 2017 dengan opsi tambahan kerja sama.

Namun, Bank QNB akhirnya menarik diri menyusul penghentian kompetisi musim 2015 oleh PSSI setelah berseteru dengan pihak Kemenpora yang mewakili Pemerintah RI.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓