Sukses


Cerita Unik Eduardo Almeida: Selalu Mendapatkan Klub di Masa Pandemi, Termasuk Arema FC

Bola.com, Malang - Pandemi COVID-19 sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Hal tersebut membuat kompetisi sepak bola Indonesia terhenti lebih dari 500 hari. Namun, pelatih Arema FC, Eduardo Almeida, punya kisah unik selama pandemi virus corona itu berlangsung, sebuah pengalaman yang baru kali ini dirasakannya.

"Dalam dua musim terakhir saya berkarier tanpa adanya kompetisi. Saat di Semen Padang saya masih dipercaya menjadi pelatih untuk musim kedua di Liga 2. Namun, tidak ada kompetisi. Ketika pulang ke Portugal, ada tawaran dari klub Oman. Sudah deal, saya terbang ke sana, tapi juga tidak ada kompetisi," ungkapnya.

Praktis Almeida hanya memimpin sesi latihan saat itu. Dia membuat program untuk menjaga kondisi fisik pemain tanpa ada pertandingan yang dijalani.

Baginya, berkarier tanpa ada kompetisi menjadi sebuah hal yang kurang menantang, karena tantangan sesungguhnya ada di dalam kompetisi.

"Karena itu saya mencoba berpikir positif. Ketika melatih Arema FC, kompetisi akan diputar pada 20 Agustus nanti," ujarnya.

Video

2 dari 2 halaman

Bersyukur Punya Pekerjaan di Masa Sulit

Sementara di sisi lain, Almeida juga bersyukur karena dia tidak menganggur selama pandemi COVID-19, mulai dari Indonesia, Oman, hingga kembali ke Indonesia.

"Kondisi sekarang adalah pengalaman pertama selama karier saya di sepak bola. Ada pelajaran juga yang saya dapatkan. Bagaimana harus melakukan apa yang bisa dilakukan. Tidak mudah memang, karena realitanya harus dijalani seperti itu," tegas pelatih berusia 43 tahun itu.

Saat bergabung bersama Arema FC, Eduardo Almeida sebenarnya sudah mempersiapkan tim berlaga pada 9 Juli lalu. Tapi, kompetisi ditunda lantaran tingkat penyebaran COVID-19 kembali tinggi.

Saat ini PSSI sudah mengambil keputusan jika Liga 1 bakal digelar pada 20 Agustus. Dia berpikir positif dan berharap rencana itu tidak ditunda lagi.

"Saya tidak berpikir rencana itu akan ditunda lagi. Sekali lagi harus berpikir positif," ujarnya.

Video Populer

Foto Populer