Sukses


Persipura Buta Peta Persaingan di BRI Liga 1, Kenapa Tuh?

Bola.com, Batu - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, mengaku buta kekuatan lawan pada BRI Liga 1 2021/2022. Menurut Jacksen, persiapan yang mepet dari para pesaing membuat Persipura kesulitan mengukur kekuatan lawan.

BRI Liga 1 2021/2022 akan digelar dalam hitungan hari. Persipura Jayapura dan klub peserta lainnya tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan kekuatan.

Mayoritas klub tak bisa menggelar laga uji coba selevel karena adanya PPKM Darurat yang berlaku di Jawa dan Bali. Situasi inilah yang membuat persiapan dianggap kurang maksimal.

"Saya rasa kami tidak bisa memastikan karena banyak yang belum uji coba. Banyak klub yang berubah dibandingkan di Piala Menpora dengan melepas dan merekrut pemain baru," kata Jacksen F. Tiago.

Selain persiapan yang minim, Jacksen menilai adanya sejumlah kebijakan baru di BRI Liga 1 bakal memengaruhi kekuatan tim. Hal inilah yang menjadi dasar Persipura Jayapura kesulitan mengukur peta persaingan dan kekuatan lawan.

"Kami cuma tahu kekuatan lawan di atas kertas, jadwal akan padat, bermain di tempat netral, bermain tanpa penonton, semua itu akan berdampak pada masing-masing peserta. Jadi, sulit untuk menebak kekuatan," ucap Jacksen.

2 dari 3 halaman

Anggap Keuntungan

Pelatih asal Brasil itu juga menganggap sistem dan format baru di BRI Liga 1 2021/2022 sebagai keuntungan. Menurut Jacksen, Persipura Jayapura sudah punya pengalaman dengan aturan-aturan tersebut.

Jacksen F. Tiago menyebut, Persipura Jayapura sudah pernah mengalami situasi menjadi tim musafir yang bermain di kandang orang. Hal itu terkadang membuat Tim Mutiara Hitam bermain tanpa adanya dukungan suporter.

"Persipura punya sebuah kelebihan karena pada kompetisi 2019 maupun awal 2020, kami bermain tanpa penonton di tempat netral," kata Jacksen F. Tiago.

"Jadi, apa yang terjadi saat ini bukan hal baru buat kami. Secara logika, mungkin adaptasi kami lebih mudah dibandingkan peserta lain," tegas Jacksen F. Tiago.

3 dari 3 halaman

Jumpa Persita

Persipura Jayapura akan menghadapi Persita Tangerang pada laga pekan perdana BRI Liga 1 2021/2022. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/8/2021).

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjadikan laga persipura Jayapura kontra Persita sebagai uji coba kompetisi BRI Liga 1. Selain itu, ada juga laga Bali United vs Persik Kediri (28/8/2021) dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh (29/8/2021).

Laga-laga tersebut menjadi uji coba pada kompetisi BRI Liga 1 musim ini. Bila pertandingan aman dan lancar, maka PT LIB bakal merilis jadwal-jawal pertandingan pekan pertama lainnya.

Video Populer

Foto Populer