Sukses


BRI Liga 1: Pemain Persik Pakai Pita Hitam Vs Bali United, Penghormatan untuk HA Maschut

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 dibuka dengan laga menarik antara Bali United kontra Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (27/8/2021).

Duel tersebut terasa spesial. Iniilah awal dari penantian panjang vakumnya kompetisi sepakbola profesional Indonesia akibat Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung 1,5 tahun terakhir.

Lebih istimewa lagi, pertarungan dari juara beda kasta 2019 ini enak ditonton. Bali United sebagai kampiun Liga 1 2019 tampak menjaga gengsinya.

Sementara Persik Kediri, jawara Liga 2 2019, sangat termotivasi untuk menundukkan Laskar Tridatu. Dani Saputra dkk. tampil dengan jersey tandang warna pink dengan balutan pita hitam di lengan kiri.

Skuad Persik sedang berduka cita atas wafatnya HA Maschut pada Rabu (25/8/2021) di Malang, karena berusia lanjut.

Beliau adalah mantan Wali Kota Kediri periode 1999-2009 dan mantan Ketua Umum Persik Kediri. Mertua Waketum PSSI Iwan Budianto ini akrab dipanggil Bapak-e Macan Putih.

 

2 dari 3 halaman

Kecintaan Besar untuk Persik

"Saya hanya sebentar merasakan perhatian Bapak Maschut. Karena saya masuk Persik pada usia junior. Setelah itu beliau pulang ke Malang, karena tugasnya sebagai Wali Kota Kediri telah paripurna. Meski tak lama, saya tahu betul kecintaan beliau kepada Persik," ucap Faris Aditama, satu-satunya pemain senior di tim Persik saat ini.

Berkat kerja keras dan perjuangan HA Maschut, Persik jadi klub yang diperhitungkan di Indonesia. Dua kali gelar juara Indonesia (2003 dan 2006), dua kali tampil di Liga Champions Asia (2004 dan 2007), serta lima kali juara Piala Gubernur Jatim.

"Sebagai warga Kediri dan penerus Persik, kami harus menghormati jasa beliau. Bapak HA Maschut lah yang membangkitkan Persik yang sebelumnya klub tak terkenal di Indonesia," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Bisa Kembali Gelar Kompetisi

Sementara itu, BRI Liga 1 2021/2022 resmi bergulir pada Jumat (27/8/2021) malam WIB. Kompetisi musim ini dibuka secara simbolik oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Pembukaan BRI Liga 1 2021/2022 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) secara sederhana. Terdapat aksi mengesankan berupa terjun dari atap stadion dengan membawa bola resmi BRI Liga 1.

Bola kemudian dibawa ke tempat khusus di sisi lapangan. Bola kemudian diambil oleh Brand Ambassador PSSI dan Liga 1, Widya Rahayu Arini Putri, dan diserahkan kepada Erick Thohir.

Kemudian Erick Thohir menyerahkan bola ke Mochamad Iriawan yang langsung meneruskannya ke wasit Yudi Nurcahya. Pertandingan pembuka musim ini adalah Bali United melawan Persik Kediri.

"Hari ini kita akan menyaksikan kick-off BRI Liga 1 di mana sudah hampir 523 hari kita tidak mengadakan kompetisi yang seharusnya digulirkan di Tanah Air seperti biasa. Kita tahu COVID-19 yang extra ordinary mengharuskan untuk menyesuaikan dengan situasi yang ada," kata Mochamad Iriawan.

"Hari ini sejarah mencatat Indonesia bisa melaksanakan kembali kompetisi Liga 1. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kompetisi BRI Liga 1 dengan ini saya buka," tegas Iriawan.

Video Populer

Foto Populer