Sukses


Sah! PT LIB Pastikan BRI Liga 1 Kembali Digelar pada Akhir Pekan Ini

Bola.com, Jakarta - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita memastikan bahwa BRI Liga 1 2021/2022 akan dilanjutkan pada pekan ini.

Sebelumnya, PT LIB telah menggulirkan tiga pertandingan BRI Liga 1 pada akhir pekan lalu sebagai uji coba protokol kesehatan sesuai permintaan dari pemerintah dan kepolisian.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali pada diktum kedelapan, pemerintah mengizinkan BRI Liga 1 untuk kembali dimulai.

Inmendagri tersebut dikeluarkan oleh Mendagri, Tito Karnavian pada Senin (30/8/2021) berbarengan dengan pengumuman kelanjutan PPKM di Jawa-Bali dan berlaku pada 31 Agustus-6 September 2021.

Pemerintah mempersilakan PSSI dan PT LIB untuk menggelar BRI Liga 1 maksimal sembilan pertandingan setiap minggunya di wilayah PPKM Level 3 dan 2.

"Terkait kelanjutan BRI Liga 1, sudah ada Inmendagri Nomor 38 tahun 2021. Kompetisi akan dilanjutkan," kata Lukita kepada Bola.com, Selasa (31/8/2021).

2 dari 4 halaman

Isi Inmendagri Nomor 28 Tahun 2021 Diktum Kedelapan

Diktum Kedelapan

Kompetisi sepak bola Liga 1 dapat dilaksanakan sembilan pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level tiga dan level dua, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajub menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

2. Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan.

3. Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif tes PCR H-1, dan hasil negatif tes antigen pada hari pertandingan.

4. Pelaksanaan kompetisi Liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan PSSI.

3 dari 4 halaman

Venue Masih Belum Ditentukan

Keputusan ini membuat PT LIB dapat melanjutkan enam partai tersisa dari pekan pertama BRI Liga 1.

PT LIB akan kembali menggelar BRI Liga 1 pada 3 September 2021 dimulai dengan partai Tira Persikabo kontra Madura United.

PT LIB juga telah mengirimkan jadwal lanjutan pekan pertama hingga keenam BRI Liga 1 kepada para peserta. Namun, kolom stadion alias venue pertandingan masih dikosongkan.

Khusus untuk lokasi enam partai tersisa pekan pertama, PT LIB masih berkoordinasi dengan kepolisian. "Terkait venue pertandingan, kami sedang berkomunikasi dengan Mabes Polri. Mungkin 1-2 hari ke depan akan kami rilis," jelas Lukita.

4 dari 4 halaman

6 Laga Lanjutan Pekan Pertama BRI Liga 1

3 September 2021

  • Tira Persikabo Vs Madura United

4 September 2021

  • PSIS Semarang Vs Persela Lamongan
  • Borneo FC Vs Persebaya Surabaya
  • Persib Bandung Vs Barito Putera

5 September 2021

  • PSM Makassar Vs Arema FC
  • PSS Sleman Vs Persija Jakarta

Video Populer

Foto Populer