Sukses


Ukir Rekor di BRI Liga 1, Ronaldo Kwateh Masih Belum Puas

Bola.com, Tangerang - Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh, berhasil menorehkan rekor sebagai pesepak bola termuda yang tampil di BRI Liga 1. Meski mengukir pencapaian spesial, Ronaldo mengaku belum puas dan ingin terus meningkatkan kemampuannya.

Ronaldo Kwateh mendapat kepercayaan untuk turun sebagai starter saat Madura United bersua Persikabo 1973 pada laga perdana BRI Liga 1 musim ini, di Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (3/9/2021) sore WIB.

Bagi Ronaldo, itu adalah pertandingan debutnya bersama Madura United. Dia pun tampil dalam usia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Penampilan selama 60 menit itu sudah cukup bagi Ronaldo Kwateh melewati rekor yang sebelumnya dipegang Mochammad Supriadi. Winger Persebaya Surabaya itu melakukan debut di Liga 1 2019 lalu pada usia 17 tahun, 3 bulan dan 1 hari.

"Bersyukur kepada Tuhan bisa diberi kesempatan sama pelatih untuk bermain pertama kali di Liga Indonesia ini. Semoga ke depannya jauh lebih baik," ungkapnya.

Jebolan akademi Persib Bandung itu juga berharap penampilan pada laga debutnya ini bukan kali terakhir. Ronaldo Kwateh bertekad untuk terus berkembang di bawah gemblengan pelatih Rahmad Darmawan, serta para pemain senior di Madura United.

"Semoga saya dan tim bisa lebih berbenah, terutama untuk saya. Bisa lebih meningkat lagi permainannya dan saya dipercaya lagi oleh pelatih di pertandingan selanjutnya," harap Ronaldo Kwateh.

 

2 dari 4 halaman

Pesan Orang Tua Jadi Pegangan Hidup

Ronaldo Kwateh memang telah mencuri perhatian sejak usai dini. Penampilannya di SSB Real Madrid Yogyakarta akhirnya menarik pemandu bakat akademi Persib Bandung.

Satu tahun tampil di Elite Pro Academy (EPA) U-16 Persib Bandung, panggilan Timnas Indonesia U-16 menghampirinya.

Madura United yang sudah memerhatikan bakatnya langsung merekrut sang pemain pada awal musim 2021. Bertanding di pentas tertinggi sepak bola Tanah Air dengan usia yang masih sangat belia, membuat banyak pihak merasa kariernya bakal cemerlang.

Tetapi hal itu membuatnya jauh lebih berhati-hati. Wejangan dari sang ayah, Roberto Kwateh membuatnya mawas diri. Sebagai mantan pemain sepak bola, sang ayah terus memberikan wejangan agar pilihan hidupnya tersebut benar-benar diperjuangkan.

"Kalau saya sih selalu diingatkan oleh orang tua setiap hari. Untuk tidak sombong dan selalu rendah hati. Saya sudah menaruh jiwa saya di sepak bola, kalau saya tidak berpuas diri dan terus berlatih, saya bisa bermain untuk jangka panjang," tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Deretan Pemain Termuda di Liga Indonesia

  • 1. Ronaldo Kwateh - 16 tahun, 10 bulan dan 15 hari
  • 2. Mochammad Supriadi - 17 tahun, 3 bulan dan 1 hari
  • 3. Gunansar Mandowen - 17 tahun, 4 bulan dan 10 hari
  • 4. M. Rafi Syarahil - 17 tahun, 4 bulan dan 16 hari
  • 5. Asnawi Mangkualam Bahar - 17 tahun, 6 bulan dan 12 hari
  • 6. Beckham Putra Nugraha - 17 tahun, 7 bulan dan 20 hari
  • 7. M. Rifad Marasabessy - 17 tahun, 9 bulan dan 9 hari
4 dari 4 halaman

Yuk Simak Posisi Klub-Klub BRI Liga 1 saat Ini:

Video Populer

Foto Populer