Sukses


BRI Liga 1: Gol Berkelas Ilham Udin Bantu PSM Gagalkan Kemenangan 10 Pemain Arema FC

Bola.com, Bogor - PSM Makassar berbagi angka dengan Arema FC dalam pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022. Kedua tim bermain imbang 1-1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (5/9/2021) malam. Ilham Udin Armaiyn menjadi sosok yang membantu PSM meraih satu poin setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Arema FC.

Padahal, Arema FC bermain dengan 10 personel saja sejak menit keempat pertandingan lantaran Jayus Haryono mendapat kartu merah langsung. Jayus diusir keluar oleh wasit setelah melakukan pelanggaran terhadap gelandang PSM Makassar, Sutanto Tan.

Mengawali laga, Arema FC tidak menunggu waktu lama untuk menggempur pertahanan PSM. Peluang pertama laga ini tercipta pada menit kedua lewat striker Carlos Fortes yang tembakannya melambung di atas mistar gawang Juku Eja.

Memasuki menit keempat, petaka menghampiri tim Singo Edan yang harus bermain dengan 10 personel. Gelandang Jayus Haryono mendapat kartu merah langsung setelah menerjang kaki Sutanto Tan.

Dalam kondisi kalah jumlah pemain, Arema tetap gencar melancarkan serangan. pada menit ketujuh, stoper Bagas Adi Nugroho hampir mencetak gol lewat eksekusi tendangan bebas. Namun, bola masih melambung.

Tiga menit berselang giliran PSM yang menebar ancaman lewat gelandang Wiljan Pluim. Kapten PSM itu melepas tembakan keras yang mengenai kaki bek Renshi Yamaguchi. Bola mengarah ke gawang Arema dan berhasil ditangkap oleh kiper Adilson Maringa.

PSM mengambil alih permainan karena punya jumlah pemain lebih banyak dan berusaha mencetak gol. Pada menit ke-12, striker Anco Jansen melepas tendangan bebas yang masih bisa dihalau oleh Adilson menggunakan kaki.

Keasyikan menyerang, Juku Eja malah harus tertinggal lebih dulu. Arema FC melakukan serangan balik cepat lewat kerja sama Carlos Fortes dan Kushedya Hari Yudo. Tanpa pengawalan, Yudo merangsek ke kotak penalti dan dijatuhkan oleh kiper Hilman Syah.

Wasit pun menunjuk titik putih memberi hadiah penalti kepada Arema. Hanif Sjahbandi yang ditunjuk sebagai eksekutor menceploskan bola dan membuat timnya unggul 1-0 pada menit ke-21.

Keunggulan Arema tidak bertahan lama lantaran PSM berhasil membalasnya hanya dua menit berselang. Ilham Udin Armaiyn mencatatkan namanya di papan skor.

Pada menit ke-23, berawal dari umpan silang yang dikirim oleh Zulkifli Syukur ke jantung pertahanan Arema FC, bola kemudian disundul oleh Sutanto Tan yang mengarah ke Ilham Udin dan diselesaikan lewat tendangan voli kaki kiri.

Berikutnya PSM Makassar lebih banyak memberondong Arema. Beruntung Adilson tampil ciamik mengamankan tembakan pemain lawan. Skor 1-1 tidak berubah hingga turun minum.

2 dari 4 halaman

PSM Makin Menekan di Babak Kedua

PSM Makassar berusaha mengawali babak kedua dengan tampil lebih agresif. Hasilnya, tak butuh waktu lama buat anak asuh Milomir Seslija untuk memberi ancaman ke gawang Arema FC.

Pada menit ke-48, Wiljan Pluim mencoba melepas tembakan jarak jauh yang tepat mengarah ke gawang. Lagi-lagi, performa ciamik Adilson menjadi kendala buat PSM yang dengan mudah menangkap bola.

Sutanto Tan juga tidak kalah dengan mencoba merepotkan kinerja bek Arema. Dia menerima umpan tarik dari Jansen pada menit ke-54. Sepakan kerasnya masih membentur mistar gawang.

Arema tidak tinggal diam dengan menunggu serangan PSM. Singo Edan sempat juga merepotkan pertahanan lawannya pada menit ke-68. Carlos Foster masih hampir mencetak gol lewat sundulan setelah menerima umpan sepak pojok yang sayangnya dihalau Hilman Syah.

Lima menit berselang, bek kiri PSM Abdul Rahman yang sampai ikut memberondong pertahanan Arema. Sepakan jarak jauhnya setelah menerima bola liar masih melambung di menit ke-73.

Peluang emas didapat Arema pada menit ke-81 setelah Dendi Santoso mengirim umpan terobosan kepada Fortes. Hanya dikawal satu pemain, striker asal Portugal itu mampu melewati kiper Hilman Syah, namun bola sepakannya melenceng keluar.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada satu pun gol tercipta pada babak kedua. PSM dan Arema FC pun harus puas berbagi poin dalam laga perdana mereka di BRI Liga 1 2021/2022.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw (belakang); Rashid Bakri, M. Arfan, Sutanto Tan (tengah); Wiljan Pluim, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan)
  • Pelatih: Milomir Seslija
  • Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (kiper); Rizky Febrianto, Renshi Yamaguchi, Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi (belakang); Jayus Haryono, Hanif Sjahbandi, Feby Eka Putra (tengah); Kushedya Hari Yudo, Carlos Fortes, Dedik Setiawan (depan)
  • Pelatih: Eduardo Almeida
4 dari 4 halaman

Posisi Arema FC dan PSM Makassar

Video Populer

Foto Populer