Sukses


Deretan Fakta Menarik Pekan Perdana BRI Liga 1 dalam Angka

Bola.com, Jakarta - Pekan perdana BRI Liga 1 2021/2022 akhirnya dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman. Kompetisi yang sekaligus melepas dahaga bagi para pelaku sepak bola Indonesia yang lama vakum akibat pandemi COVID-19 itu kini bergulir dengan lancar.

18 tim telah menyelesaikan pertandingan pertama mereka di BRI Liga 1 2021/2022 sejak dibuka pada 27 Agustus 2021 lalu. Persaingan langsung berjalan sengit untuk saling sikut dan melewati ujian pertama.

Tim-tim tradisi langsung menebar ancaman, juara bertahan Bali United berhasil mengamankan tiga poin dalam mengawali kompetisi. Borneo FC langsung menyodok ke puncak klasemen setelah menang besar atas Persebaya Surabaya.

Namun, ada pula kejutan yang terjadi pada pekan pertama, seperti Persita yang ugal-ugalan mempecundangi Persipura Jayapura. Begitu pun dengan raksasa Persija yang notabene adalah juara turnamen pramusim Piala Menpora 2021, tertahan oleh kuda hitam PSS Sleman.

Masih banyak catatan-catatan menarik dan unik yang terjadi pada pekan pertama BRI Liga 1. Bola.com menghimpun beberapa fakta dalam angka, apa saja yang terjadi pada pekan perdana kasta tertinggi Liga Indonesia.

2 dari 9 halaman

6

Ada enam tim yang berhasil membukukan kemenangan pada pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022, antara lain Bali United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, PSIS Semarang, Borneo FC, dan Persib Bandung.

Rata-rata memenangkan pertandingan dengan skor tipis seperti Bali United yang unggul 1-0 atas Persik Kediri, Persita Tangerang mengalahkan Persipura Jayapura 2-1, Bhayangkara susah payah mengatasi Persiraja Banda Aceh 2-1.

PSIS vs Persela (1-0), dan Persib vs Barito Putera (1-0). Hanya Borneo FC yang menang secara meyakinkan 3-1 atas Persebaya, sekaligus untuk sementara berada di puncak klasemen.

3 dari 9 halaman

19

Jumlah gol yang tercipta pada pekan pertama BRI Liga 1. Jumlah yang lumayan produktif, karena rata-rata setiap tim bisa mengoleksi satu gol.

Pertandingan paling banyak terjadi gol adalah saat Borneo FC mengalahkan Persebaya dengan skor 3-1. Disusul hasil Persita vs Persipura (2-1) dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh (2-1).

4 dari 9 halaman

2

Nama striker Bhayangkara FC, Ezechiel N'Douassel untuk sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak untuk pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022. Dua gol berhasil ia lesakkan ke gawang Persiraja Banda Aceh, salah satunya melalui titik putih.

Jika Ezechiel N'Douassel merupakan pencetak gol terbanyak sementara dengan dua gol, nama playmaker Borneo FC Jonathan Bustos menjadi pemain dengan jumlah assist terbanyak, yakni dua kali.

5 dari 9 halaman

16

Adalah usia pemain Madura United, Ronaldo Kwateh sebagai pemegang rekor pemain termuda yang tampil pada pekan pertama BRI Liga 1. Putra dari Roberto Kwateh itu menjalani debutnya pada usia 16 tahun 10 bulan, saat Madura United melawan Persikabo.

Selain Ronaldo Kwateh, ada nama lain yang masih berusia sangat belia tampil di BRI Liga 1.

Aditiya Daffa Al Haqi (17 tahun 8 bulan) milik Barito Putera, Subhan Fajri (18 tahun 4 bulan) dari Persiraja Banda Aceh, Yogi Hermawan (18 tahun 8 bulan) milik Barito Putera, Muhammad Ilham (18 tahun 5 bulan) dari Borneo FC dan Fernando Pamungkas (18 tahun 7 bulan) dari Persebaya Surabaya.

6 dari 9 halaman

4

Menjadi malam yang buruk bagi pemain Arema FC, Jayus Haryono saat berduel melawan PSM Makassar, Minggu (5/9/2021). Hanya butuh waktu empat menit baginya bermain di lapangan, dan mungkin belum terlalu berkeringat.

Ia harus meninggalkan arena permainan karena diusir wasit Agus Arifin Fauzan dengan kartu merah setelah melanggar Sutanto Tan. Ini sekaligus menjadi rekor kartu merah tercepat dan satu-satunya yang keluar dari saku wasit pada pekan pertama di BRI Liga 1.

 

7 dari 9 halaman

42

Jumlah kartu kuning yang keluar dari kantong wasit selama pekan pertama BRI Liga 1 dari sembilan pertandingan yang digelar. Penerima kartu kuning pada pekan pertama, antara lain Adi Eko Jayanto (Persik), Ahmad Nur Hardianto (Persita), Bagus Nirwanto (PSS).

Brwa Nouri (Bali United), Donny Haroid Monim (Persipura), Frank Rikhard (Persebaya), Rizky Ridho (Persebaya), Hanif Sjahbandi (Arema), Marc Klok (Persib), Manahati Lestusen (Persikabo), Muhammad Rifky (Barito Putera).

Ardi Idrus (Persib), Ezra Walian (Persib), Sutanto Tan (PSM Makassar), Todd Rivaldo Ferre (Persipura), Yann Motta (Persija Jakarta), Aaron Evans (PSS), Rezaldi Hehanusa (Persija), Alfriyanto Nico (Persija).

Erwin Gutawa (PSM), Kushedya Hari Yudo (Arema), Supriyadi (Persebaya), Bustomi (Persela), Nasir (Persela), Zaenuri (Persela), Roni Sugeng (Persikabo), Ronaldo Kwateh (Madura United).

Jajang Mulyana (Bhayangkara FC), Hansamu Yama (Bhayangkara FC), Fatchur Rohman (Bhayangkara FC), Hargianto (Bhayangkara FC), Paulo Henrique (Persiraja), Rifaldi (Persiraja), Aditya Gigis (Persita), dan Spasojevic (Bali United).

8 dari 9 halaman

3

Adalah jumlah gol melalui titik putih yang tercipta pada pekan pertama BRI Liga 1.

Masing-masing diciptakan oleh Harisson Cardozo de Oliviera (Persita Tangerang) ke gawang Persipura, Ezechiel N'Douassel ke gawang Persiraja Banda Aceh, dan Hanif Sjahbandi ke gawang PSM Makassar.

9 dari 9 halaman

Peta Persaingan BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer