Sukses


    Jadwal Resmi Piala AFF 2020, Yuk Tunggu Aksi Timnas Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala AFF 2020 menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh Timnas Indonesia dan suporter. Turnamen tersebut seharusnya dihelat pada tahun lalu, tetapi mundur karena pandemi Covid-19. 

    Piala AFF 2020 rencananya digelar pada 23 November - 31 Desember tahun lalu. Namun, pandemi COVID-19 membuat ajang dua tahunan itu ditunda.

    AFF kemudian mengonfirmasi jadwal baru Piala AFF 2020, yakni pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Ajang ini akan terasa spesial karena bakal menggunakan format baru.

    AFF sedang menyiapkan skema untuk menggelar Piala AFF 2020 dengan format home tournament. Artinya, AFF akan menunjuk negara yang akan menjadi tuan rumah Piala AFF 2020.

    Namun, sejauh ini belum ada sinyal negara mana yang akan didapuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020, karena kondisi yang sulit diprediksi akibat pandemi Covid-19. 

     

    2 dari 3 halaman

    Drawing Ditunda

    Sementara itu, Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) resmi menunda pengundian babak grup Piala AFF 2020. Keputusan itu diambil setelah Singapura masih memberlakukan lockdown.

    Pengundian Piala AFF 2020 rencananya dilakukan di Singapura pada 10 Agustus 2021. Namun, acara tersebut harus mengalami penundaan sampai batas waktu yang tidak ditentukan, setelah Singapura memberlakukan lockdown sampai 18 Agustus 2021.

    Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, menghormati situasi Singapura yang masih berjuang dari pandemi COVID-19. Dengan demikian, AFF berencana untuk menjadwalkan ulang kegiatan pengundian fase grup Piala AFF 2020.

    "Singapura telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mengelola pandemi yang sedang berlangsung. Kami memahami pembatasan yang diberlakukan untuk menjaga keamanan Singapura dan ini sangat penting," kata Mayor Jenderal Khiev Sameth.

    "Sejalan dengan ini, kami telah membuat keputusan dengan mempertimbangan untuk memunda pengundian. Kami yakin langkah-langkah yang dilakukan Singapura akan memungkinkan kami untuk menggelar undian yang lebih baik," tegas Khiev Sameth.

     

    3 dari 3 halaman

    Turnamen yang Spesial

    AFF masih menunggu situasi Singapura kondusif dari pandemi COVID-19. Dengan demikian, proses pengundian Piala AFF 2020 tetap akan dilakukan di Singapura.

    "Kami akan terus memantau pandemi yang berkembang dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk kepentingan semua stakeholders," ucap Khiev Sameth. 

    Ajang ini akan terasa spesial karena bakal menggunakan format baru. AFF sedang menyiapkan skema untuk menggelar Piala AFF 2020 dengan format home tournament yakni menunjuk negara yang akan menjadi tuan rumah.

    "Perubahan bisa saja terjadi dan kami harus siap bermain di tempat netral untuk memastikan kesehatan para pemain yang jadi prioritas utama. Pengumuman lebih lanjut terkait format turnamen akan dilakukan pada akhir Juli ini," ucap Khiev Sameth.  

    Video Populer

    Foto Populer