Sukses


Kinerja Wasit di BRI Liga 1 Jadi Sorotan, Jacksen Tiago: Mereka Sama Seperti Pemain

Bola.com, Jakarta - Setelah BRI Liga 1 2021/2022 rampung digelar, cukup banyak sorotan mengarah kepada kinerja wasit yang memimpin pertandingan. Banyak suara sumbang mempertanyakan kualitas wasit yang memimpin pertandingan. Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, punya pandangan berbeda mengenai kondisi tersebut.

BRI Liga 1 2021/2022 sudah berjalan dan akan menatap pekan kedua yang digelar pada Jumat hingga Minggu, 10 hingga 12 September 2021. Digelar tanpa penonton dan terpusat di area Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, untuk seri pertama, kompetisi sepak bola Indonesia mulai bergairah lagi.

Namun, beberapa suara sumbang juga mengiringi perhelatan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu. Banyak yang menyoroti kinerja wasit yang dianggap kerap salah dalam mengambil keputusan. Satu di antaranya sempat diungkapkan oleh pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, yang mempertanyakan momen dianulirnya gol Mohammed Rashid saat Persib menghadapi Barito Putera, Sabtu (4/9/2021).

Mengenai positif dan negatifnya pelaksanaan BRI Liga 1 2021/2022 yang belum genap sebulan bergulir, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, memaklumi segala macam perubahan yang terjadi, termasuk persoalan wasit.

2 dari 3 halaman

Apa Kata Jacksen?

Jacksen Tiago menegaskan bahwa kompetisi sepak bola Indonesia setelah vakum lebih dari 1,5 tahun tentu berubah. Apalagi pandemi COVID-19 pun belum berakhir.

Bicara soal kinerja wasit di BRI Liga 1 2021/2022, Jacksen Tiago meminta agar banyak pihak bersabar. Ia mengibaratkan wasit tak beda dengan pemain di lapangan yang juga beradaptasi dan belum menemukan sentuhan bola yang sesungguhnya.

"Kompetisi ini pasti berbeda dari sebelumnya. Apalagi tanpa penonton, digelar di tempat netral, dan cukup lama sudah vakum. Banyak orang menyoroti wasit. Kalau saya secara pribadi merasa wasit juga sudah 1,5 tahun tidak bekerja. Naluri atau feeling dia juga mungkin berbeda sekarang," ujar Jacksen Tiago.

"Sama seperti halnya pemain di depan gawang lawan tidak bisa mencak gol. Mereka itu tidak berbeda dengan para pemain. Pelatih saja bisa salah analisa permainan," lanjut pelatih Persipura itu.

 

3 dari 3 halaman

Menurun pada Awal Kompetisi

Jacksen Tiago menegaskan bahwa semua itu adalah hal yang lumrah terjadi, terutama karena kompetisi yang sudah lama tidak bergulir. Pelatih asal Brasil itu pun menegaskan agar semua pihak bersabar dan menunggu semua kualitas sepak bola Indonesia kembali lagi seperti sedia kala.

"Banyak hal seperti itu akan terjadi. Maka dalam 2 atau 3 bulan pertama, pasti kualitas sepak bola kita menurun. Satu hal yang jelas, kita pahami dulu. Banyak orang luar yang tidak memahami itu. Mereka hanya tahu bagaimana tim bagus harus bisa menang," tegas Jacksen.

 

Persipura Jayapura akan menjalani laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 dengan menghadapi Persela Lamongan pada Jumat (10/9/2021).

Video Populer

Foto Populer