Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persela Labeli Jacksen F Tiago sebagai Bapak Sepak Bola di Timur Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan menaruh rispek pada hasil kerja Jacksen F. Tiago bersama Persipura Jayapura. Menurutnya, pelatih asal Brasil itu merupakan sosok yang tepat untuk Mutiara Hitam, julukan Persipura.

Bersama Persipura Jayapura, Jacksen Tiago bisa dikatakan sebagai pelatih tersukses di Indonesia. Tige gelar Liga Indonesia menjadi bukti sahih kehebatannya dalam meracik strategi.

"Kita semua tahu di sepak bola Indonesia bahwa Jacksen sangat identik dengan Persipura. Beberapa kali juara di Indonesia juga punya catatan bagus di kompetisi Asia," ujar Iwan.

Iwan Setiawan menilai Jacksen F. Tiago bisa dikatakan "Bapak" bagi pemain-pemain Papua. Tak terhitung, berapa banyak pemain asal Papua yang mentas di sepak bola nasional setelah mendapat gemblengan keras darinya.

"Filosofi Jacksen itu sangat klop dengan karakterisik pemain-pemain asal Papua. Jadi kolaobarasi Jacksen dengan Persipura adalah satu perpaduan yang sangat harmonis," imbuhnya.

Persipura Jayapura seperti tahu betul bagaimana menikmati pertandingan sepak bola. Mereka dikenal dengan permainan atraktif khas Negeri Samba pada periode pertama Jacksen F. Tiago di Persipura Jayapura.

"Filosofi Jacksen itu sangat cocok dengan karaktersik anak Papua secara umum. Dengan filosofi Persipura Jayapura yang selalu mengadalkan permainan possession play," jelas Iwan.

 

2 dari 4 halaman

Tanpa Boaz Solossa, Persipura Tetaplah Persipura

Kepergian Boaz Solossa jelang BRI Liga 1 2021/22 mungkin sangat disayangkan banyak pihak. Bochi, julukan Boaz Solossa merupakan legenda hidup Persipura Jayapura dan sepak bola Papua pada umumnya.

Iwan Setiawan menilai hal itu akan sangat menyulitkan Persipura Jayapura. Hal itu terbukti saat mereka seperti kehilangan ketajaman saat ditaklukkan 2-1 oleh Persita Tangerang di pekan perdana.

Tetapi, pelatih asal Medan tersebut yakin Jacksen F. Tiago bakal menemukan formula yang tepat untuk menggantikan sosok Boaz Solossa. Persipura Jayapura tetaplah salah satu tim terkuat di Indonesia.

"Pasti memang butuh waktu, karena anak-anak muda ini juga harus beradapatasi dengan Jacksen yang baru masuk (lagi ke Persipura). Terus beliau sendiri juga harus beradaptasi dengan anak-anak muda ini," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Papua Merupakan Surga sepak bola Indonesia

Persela Lamongan merasa harus tetap waspada saat menghadapi Persipura Jayapura dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jum'at (10/9) sore WIB. Sekalipun tanpa Boaz Solossa, Persipura Jayapura memiliki sederet pemain muda berkualitas.

Gunansar Mandowen dan Todd Ferre telah tampil lebih dulu ke panggung elit sepak bola nasional dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi beberapa nama seperti Imanuel Rumbiak, David Rumakiek dan Ramai Melvin Rumakiek siap meledak musim ini.

Iwan Setiawan mengakui bila Papua merupakan surga sepak bola Indonesia yang sesungguhnya. Talenta-talenta terbaik Papua selalu mampu menakjubkan publik sepak bola nasional.

"Tim ini saya yakin punya prospek yang hebat untuk ke depannya. Apalagi saat ini banyak pemain muda di sana. Kita juga tahu dan pasti setuju bahwa talenta-talenta terbaik sepak bola Indonesia adanya di Papua. Secara alami anak-anak Papua ini punya gerak koordinasi yang baik di sepak bola," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persipura saat Ini?

Video Populer

Foto Populer