Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Borneo FC Heran, Kok Bisa Pemain Sebagus Terens Puhiri Belum Pernah Bermain untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Bogor - Pelatih Borneo FC, Mario Gomez heran dengan fakta bahwa pemainnya, Terens Puhiri belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia. Padahal, winger berusia 24 tahun itu disebutnya punya kemampuan yang spesial.

Gomez mempertanyakan kenyataan tersebut dalam konferensi pers virtual pada Kamis (9/9/2021) alias sehari sebelum Borneo FC berhadapan dengan Persik Kediri.

Borneo FC akan berhadapan dengan Persik dalam pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada Jumat (10/9/2021).

Pada pekan pertama ketika tim berjuluk Pesut Etam ini menghajar Persebaya Surabaya 3-1, Terens Puhiri tampil trengginas. Bersama pemain muda Borneo FC lainnya, Muhammad Sihran, keduanya kompak mencatatkan namanya di papan skor.

"Terens Puhiri dan Sihran adalah pemain bagus. Khusus Sihran, dia memang tidak terlalu sering bermain," kata Gomez membuka pembahasan.

"Saya selalu tanya ke Bos Borneo FC, Nabil Husein, kenapa Terens Puhiri tidak pernah ada di Timnas Indonesia," jelas arsitek asal Argentina itu.

2 dari 4 halaman

Keyakinan Mario Gomez terhadap Terens Puhiri

Gomez, yang telah menangani Borneo FC sejak 2019, tahu betul Terens Puhiri memiliki kualitas menjanjikan. Namun, nama pemain asal Jayapura, Papua itu selalu luput dalam pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

"Itu pertanyaan saya sebab saya melihat performanya. Saya di sini sejak 2019, tapi dia tidak pernah ada di Timnas Indonesia," imbuh Gomez.

"Terens Puhiri masih muda. Dia akan terus tumbuh dan mungkin nanti dia bisa dilirik oleh Timnas Indonesia," ucap mantan pelatih Persib Bandung itu.

3 dari 4 halaman

Kecepatan Terens Puhiri Mendunia

Nama Terens Puhiri mulai meroket tatkala berhasil mencetak gol solo run ke gawang Mitra Kukar pada Liga 1 2017.

Ketika itu, Terens Puhiri berlari sangat cepat dari lini pertahanan timnya hingga kotak penalti Mitra Kukar dan melewati dua pemain lawan untuk menyumbangkan gol ketiga bagi Borneo FC.

Aksi Terens Puhiri itu juga mendapatkan perhatian dari dunia internasional karena turut diberitakan oleh media luar negeri seperti Marca dari Spanyol dan Daily Mail dari Inggris.

Pada 2018, Terens Puhiri berkesempatan untuk berkarier di luar negeri setelah dipinjam oleh klub Thai League 1 atau kasta teratas Liga Thailand, Port FC selama semusim.

4 dari 4 halaman

Pernah Dipanggil ke Timnas Indonesia Kelompok Usia

Terens Puhiri sebenarnya adalah langganan Timnas Indonesia kelompok usia. Winger bertubuh mungil ini pernah bermain untuk level U-16 dan U-19.

Pada 2017, sebelum SEA Games 2017 digelar, Terens Puhiri juga dipercaya untuk mengikuti seleksi bersama Timnas Indonesia U-22 yang kala itu masih dipoles oleh Luis Milla.

Kendati begitu, kiprah Terens Puhiri di Timnas Indonesia mentok di level usia, setidaknya sampai saat ini. Namun, pemain kelahiran 13 Oktober 1996 itu punya banyak waktu untuk menembus timnas senior mengingat usianya masih cukup muda.

Video Populer

Foto Populer