Leganya Aji Santoso Usai Persebaya Raih 3 Poin Perdana di BRI Liga 1

Oleh Aditya Wany pada 11 Sep 2021, 21:35 WIB
Diperbarui 11 Sep 2021, 21:36 WIB
BRI Liga 1 2021: Persebaya Surabaya vs Persikabo 1973
Penyerang Persebaya, Jose Teixeira merayakan gol pertama timnya saat melawan Persikabo 1973 dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (11/09/2021) WIB. (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Cikarang - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebut timnya baru saja melewati pertandingan yang berat di BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo menang 3-1 atas Persikabo 1973 dalam pekan kedua di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9/2021) malam.

Tiga gol Persebaya disumbang oleh gelandang Ricky Kambuaya (39’) dan dua lainnya diborong striker Jose Wilkson (25’ dan 41’). Sedangkan satu gol balasan Persikabo lahir lewat titik putih hasil eksekusi sang kapten Ciro Alves (64’).

Duel ini menjadi titik kebangkitan Persebaya setelah takluk dengan skor 1-3 dari Borneo FC pekan lalu. Motivasi para pemain Bajul Ijo untuk bangkit dan memetik tiga poin di laga ini menjadi kekuatan utama mereka menundukkan Persikabo.

“Jujur saya akui memang pertandingan ini cukup berat buat kami. Di pertandingan (pekan) pertama, kita tahu semua, Persebaya menuai kekalahan. Di pertandingan (pekan) kedua ini tadi merupakan suatu pertandingan mental buat pemain,” kata Aji dalam jumpa pers setelah laga.

“Kalau seandainya kami tadi (melawan Persikabo) tidak menang, tentunya akan berat. Alhamdulillah, dalam pertandingan yang cukup ketat ini kami bisa mendapatkan tiga poin,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Persebaya Surabaya memang tampil berbeda dibanding dengan pekan lalu. Mereka jauh lebih agresif sejak menit pertama. Rachmat Irianto dkk. terlihat mampu mengeksploitasi kelemahan di sisi kanan pertahanan Persikabo.

2 dari 4 halaman

3 Poin Penting

BRI Liga 1 2021: Persebaya Surabaya vs Persikabo 1973
Penyerang Persebaya, Jose Teixeira merayakan gol pertama timnya bersama Taisei Marukawa saat melawan Persikabo 1973 dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (11/09/2021) WIB. (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dua dari tiga gol, yang semuanya dicetak oleh Wilkson, merupakan hasil upaya serangan Persebaya Surabaya dari sisi kiri serangan. Penampilan bek kiri Alwi Slamat dan penyerang sayap kiri Taisei Marukawa mampu menjadi pembeda dalam memanfaatkan celah itu.

Gol Ricky Kambuaya malah lebih mengejutkan. Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Mokhamad Syaifuddin, Ricky Kambuaya menerima bola dan mendribelnya sampai ke jantung pertahanan Persikabo.

Para pemain Laskar Pajajaran malah tidak memberi pengawalan ketat hingga akhirnya Ricky Kambuaya mencetak gol kedua Persebaya di menit ke-39. 

Hasil ini mengerek posisi Persebaya di klasemen sementara menduduki peringkat ke-10 dengan tiga poin. Berikutnya, tim asal Kota Pahlawan itu akan berjumpa PSM Makassar di pekan ketiga, Sabtu (18/9/2021).

3 dari 4 halaman

Kerja Keras

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya menang 3-1 atas Persikabo 1973 dalam duel pekan kedua BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9/2021) malam. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kapten Persebaya, Rachmat Irianto, menuturkan kerja keras rekan-rekan setimnya menjadi kunci keberhasilan timnya memenangi laga ini. Sebelumnya, dia sudah berpesan kepada rekan-rekannya untuk berjuang penuh demi klub yang dibela.

“Saya sudah mengatakan kemarin kepada teman-teman, ayo bermain dengan hati untuk Persebaya. Saya melihat kami memiliki jiwa itu. Kemenangan ini didapat berkat perjuangan keras kami,” ucap pemain yang akrab disapa Rian itu.

“Perbedaan permainan muncul setelah kami kalah (pekan lalu). Teman-teman termotivasi untuk bangkit dan jauh lebih baik lagi. Di sini, saya menyampaikan bahwa kami harus berjuang untuk Persebaya dan seperti ini kami meraih hasil maksimal,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Lanjutkan Membaca ↓