Sukses


Rekap 2 Pekan Awal Klasemen BRI Liga 1: Bali United dan Persib Sempurna, Persija dan Arema FC Tertahan

Bola.com, Jakarta - Dua pekan awal BRI Liga 1 2021/2022 telah berjalan. Sejauh ini hanya ada dua tim yang mampu meraih dua kemenangan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu, Bali United dan Persib Bandung. Lalu bagaimana dengan Persija Jakarta, Arema FC, dan Persebaya Surabaya?

Bali United dan Persib Bandung berada di dua posisi teratas dalam klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Kedua tim sama-sama mengoleksi enam poin, sama-sama sudah mencetak tiga gol, dan sama-sama kebobolan satu gol dalam dua pekan awal kompetisi.

Bali United, yang mengawali kompetisi musim ini dengan kemenangan 1-0 atas Persik Kediri, berhasil menang 2-1 atas Barito Putera pada laga pekan kedua.

Hal serupa juga diraih oleh Persib Bandung. Tim asuhan Robert Alberts itu menang 1-0 atas Barito Putera berkat gol Marc Klok pada laga pekan pertama. Kemudian Maung Bandung menang 2-1 atas Persita Tangerang lewat dua gol Mohammed Rashid.

Satu hal yang menarik, kedua tim ini seperti 'dipaksa' harus segera memastikan siapa yang lebih layak bertengger di puncak klasemen. Bali United dan Persib Bandung akan berhadapan pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 pada Sabtu (18/9/2021) malam, di mana sang pemenang akan menjadi tim yang paling layak berada di posisi puncak.

2 dari 4 halaman

Persija dan Arema FC Kompak Tertahan

Berbeda dengan Persib dan Bali United, dua klub besar lain, Persija Jakarta dan Arema FC justru belum berhasil meraih kemenangan dalam dua laga awal yang mereka mainkan. Keduanya pun tidak kalah sehingga kini hanya meraih dua poin dari dua laga yang mereka jalani.

Arema FC mengawali kiprah di BRI Liga 1 2021/2022 dengan menghadapi PSM Makassar pada pekan pertama. Bermain dengan 10 orang sejak menit keempat, Arema FC sebenarnya lebih dulu unggul lewat gol penalti Hanif Sjahbandi. Sayang, Singo Edan gagal mempertahankan keunggulan, di mana PSM merespons cepat lewat gol Ilham Udin Armaiyn.

Kemudian pada laga pekan kedua, Arema FC harus tertinggal dulu dari Bhayangkara FC. Beruntung Dendi Santoso bisa mencetak gol dan menyelamatkan Arema FC dari kekalahan. Sayangnya, Arema FC hanya mencetak satu gol sehingga Singo Edan untuk kedua kalinya harus puas hanya mendapatkan satu poin.

Tidak berbeda dengan Arema FC, Persija pun berhasil unggul lebih dulu kala menghadapi PSS Sleman pada laga pekan pertama. Yann Motta membuka keunggulan Macan Kemayoran saat itu. Namun, Irkham Mila mampu mengambil celah dari kurang disiplinnya lini pertahanan Persija untuk mencetak gol penyeimbang kedudukan.

Namun, pada laga pekan kedua, Persija jelas berbeda dengan Arema FC. Menghadapi PSIS Semarang, Persija justru berhasil unggul lebih dulu.

Bahkan Persija Jakarta berhasil unggul dua gol lebih dulu yang dicetak oleh Otavio Dutra dan Marko Simic. Sayangnya, Persija seakan lengah ketika hujan deras mengguyur lapangan di Indomilk Arena, Tangerang. Dua tendangan bebas Jonathan Cantillana beruah gol lewat kaki Hari Nur Yulianto dan gol bunuh diri Rohit Chand.

Kondisi tersebut membuat Persija Jakarta dan Arema FC sama-sama terdampar di paruh bawah klasemen BRI Liga 1 2021/2022. Persija berada di peringkat ke-11, sementara Arema FC berada di peringkat ke-14.

Menarik untuk melihat apakah Persija dan Arema FC bisa bangkit pada laga pekan ketiga, di mana kedua tim sama-sama akan bermain pada Minggu (19/9/2021). Arema FC akan menghadapi PSS Sleman, sementara Persija menghadapi tim juru kunci saat ini, Persipura Jayapura.

3 dari 4 halaman

Persebaya Bangkit

Sementara itu, Persebaya Surabaya secara mengejutkan sempat kalah pada laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022. Menghadapi Borneo FC, tim asuhan Aji Santoso itu kalah 1-3.

Namun, kekalahan Persebaya itu bisa dimaklumi. Bajul Ijo belum bisa memainkan deretan pemain asing yang mereka miliki karena terkendala vaksin yang menjadi syarat utama para pemain boleh tampil di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Persebaya pun kemudian mempercepat vaksinasi COVID-19 para pemain asing mereka. Hasilnya benar-benar sesuai perkiraan. Persebaya bangkit pada laga pekan kedua dan meraih kemenangan 3-1 atas Persikabo 1973, di mana dua gol di antaranya dicetak striker asing mereka, Jose Wilkson.

Satu hal yang menarik, apakah Persebaya Surabaya bisa menjaga diri tetap di jalur kemenangan pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022, di mana Bajul Ijo akan berhadapan dengan PSM Makassar pada Sabtu (18/9/2021).

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer