Sukses


5 Fakta Calon Pelatih PSIS untuk Gantikan Dragan Djukanovic di BRI Liga 1: Tetangga Dekat asal Australia

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang bakal mendatangkan pelatih anyar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Dragan Djukanovic. Pelatih asal Montenegro itu memilih hengkang jelang bergulirnya BRI Liga 1 2021/2022.

PSIS Semarang harus segera mencari pengganti karena Imran Nahumarury yang menjadi caretaker tidak memenuhi persyaratan lisensi. Kontestan BRI Liga 1 harus memiliki pelatih dengan lisensi minimal AFC Pro atau setara.

Nama Ian Gillan disebut-sebut sebagai kandidat kuat pengganti Dragan Djukanovic. Pelatih asal Skotlandia berpaspor Australia itu dinilai cocok karena memiliki segudang pengalaman di kompetisi Asia Tenggara.

Ian Gillan pernah berkarier di Malaysia bersama Kedah FA dan Serawak FA dan pernah menangani kontestan Liga Filipina, Ilocos United. Dia juga pernah menangani Perth Glory.

Bagaimana perkembangan perburuan pelatih kepala PSIS Semarang saat ini? Berikut sejumlah faktanya:

2 dari 6 halaman

Mengantongi Satu Nama Kandidat

Menurut General Manager PSIS Semarang, Wahyu Winarto, manajemen timnya sudah mengantongi satu nama pelatih. Namun, sang pelatih belum bisa didatangkan karena masih ada kendala.

"Kalau pelatih kami sudah ada satu nama, tapi memang masih terkendala proses administrasi," ujar pria yang karib disapa Liluk itu kepada Bola.net, Rabu (15/9/2021).

"Harapan kami segera clear, dan dia segera bergabung," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Semarang itu.

3 dari 6 halaman

Datang Sebelum Pekan Keempat BRI Liga 1 2021/2022

Liluk juga mengatakan calon pelatih PSIS Semarang ditargetkan bisa bergabung sebelum laga pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022. Itu terkait regulasi yang berlaku di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

"Kalau menurut regulasi, caretaker pelatih boleh empat kali pertandingan. Harapan kami sebelum itu sudah datang. Kami baru menjalani dua pertandingan," tegas Liluk.

Dalam dua laga terakhir, PSIS masih dipimpin Imran Nahumarury yang berstatus sebagai caretaker. Dia mengambil alih tim sejak Laskar Mahesa Jenar menggelar persiapan untuk BRI Liga 1.

4 dari 6 halaman

Sudah Mengetahui Kekuatan PSIS Semarang

Pelatih yang akan menggantikan posisi Dragan Djukanovic sudah lebih dulu memahami permainan tim. Dia sudah mempelajari kekuatan PSIS Semarang sebelum tiba.

"Kami sudah melakukan video call. Dia kemarin mengamati dua pertandingan melawan Persela dan Persija. Paling tidak sudah tahu bagaimana gambaran tim PSIS," ujar Liluk.

"Kami sudah berbicara banyak terkait kondisi tim, karakter tim, dia sudah mengerti betul kondisi tim PSIS," tegas pria yang juga fans Manchester United itu.

5 dari 6 halaman

Berpengalaman di Asia

Liluk menegaskan bahwa manajemen tidak sembarangan menentukan pelatih kepala PSIS Semarang. Dia memilih juru taktik yang berpengalaman dan bisa mengangkat prestasi tim Kota Lumpia.

"Jelas kami sudah tahu pengalamannya. Harapan kami dia cepat bisa ke sini dan bisa bergabung. Artinya bisa membawa PSIS lebih baik lagi," tegas Liluk.

"Untuk pengalaman, saya kira kami sudah memiliki track record-nya," lanjut General Manager PSIS Semarang itu.

6 dari 6 halaman

Mengarah ke Ian Gillan?

Terkait nama Ian Gillan yang belakangan ini kerap dikaitkan dengan PSIS Semarang. Liluk tidak membantah ataupun membenarkan.

Hanya saja dia belum bisa berbicara banyak sebelum datang ke Semarang.

"Kami lihat aja nanti, ditunggu aja. Itu kan masih rumor, kalau datang di sini kami akan melakukan jumpa pers," tandasnya.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Asad Arifin, published 15/9/2021)

Video Populer

Foto Populer