BRI Liga 1: Bali United Vs Persib Bandung, Kecerdikan Melvin Kontra Produktivitas Rashid

Oleh Maheswara Putra pada 16 Sep 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 07:30 WIB
BRI Liga 1 - Bali United Vs Persib Bandung
BRI Liga 1 - Bali United Vs Persib Bandung (Bola.com/Gregah Nurikhsani)

Bola.com, Denpasar - Duel antara Bali United kontra Persib Bandung di pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 pada Sabtu malam (18/9/2021), bukan hanya sekadar adu gengsi kedua tim. Kebetulan, Serdadu Tridatu mendominasi sejak delapan pertemuan terakhir.

Mereka berhasil menang empat kali berbanding satu kali untuk Persib Bandung. Kedua tim saat ini berada dalam tren positif setelah sama-sama mengemas enam poin. Gol kemasukan dan memasukkannya pun sama (3-1).

Siapa pun tim yang berhasil meraih kemenangan nanti, mereka yang akan bertengger sendirian di puncak klasemen BRI Liga 1. Namun meskipun kedua tim berada di puncak klasemen, bukan berarti Bali United dan Persib Bandung sama-sama bermain impresif.

Buktinya, masih ada sedikit kesalahan yang dimiliki mereka. Itu sebabnya Ilija Spasojevic sempat berujar jika semua tim di BRI Liga 1 musim ini belum menunjukkan performa terbaik. Salah satu faktornya adalah seluruh tim musim ini tidak bertanding di kompetisi resmi selama 17 bulan lebih.

Selain pertemuan kedua tim, dua pemain kunci dari kedua tim cukup menarik perhatian. Dari Bali United, ada sosok Melvin Platje yang sudah mengemas dua assist. Tanpa kehadiran Stefano Lilipaly yang menurut Pelatih Bali United Stefano Teco Cugurra belum ikut bergabung ke Jakarta karena sesuatu dan lain hal, Melvin bisa sedikit leluasa.

Dia bisa menjadi pembeda lantaran pergerakannya yang fleksibel. Pemain berpaspor Belanda ini bisa sedikit mundur dari posisi aslinya sebagai penyerang sayap. Bukti nyata sudah terjadi dalam dua pertandingan terakhir.

Melvin dominan membuka ruang untuk pergerakan pemain lain. “Saya pikir saya melakukan tugas dengan baik. Saya memberikan banyak umpan dan menciptakan peluang untuk rekan saya. Yang terpenting adalah kerjasama dengan Spaso berjalan baik di depan,” ucapnya.

 

2 dari 4 halaman

Bentrok di Lini Tengah

BRI Liga 1 2021: Persita Tangerang vs Persib Bandung
Gelandang Persib Bandung, Marc Klok menggiring bola saat menghadapi Persita Tangerang dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (11/09/2021). (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dia sudah ditunggu oleh Marc Klok. Gelandang naturalisasi asal Belanda ini menjadi salah satu pemain yang krusial untuk Maung Bandung dalam dua pertandingan terakhir. Menghadapi Barito di pekan perdana, Klok berhasil memecah kebuntuan dengan gol dari sepak bebas pada menit ke-86.

Selain itu masih ada sosok Mohammed Rashid yang kebetulan berposisi sebagai gelandang. Berkatnya, Persib mampu menumbangkan Persita Tangerang di pekan kedua. Tidak tanggung-tanggung, Rashid berhasil mencetak dua gol.

Pujian pun dilontarkan Pelatih Persib Robert Rene Alberts usai pertandingan. “Kami mendapatkan dua gelandang (Klok dan Rashid) untuk mengembalikan kodnsi tim. Sejauh ini, mereka sudah cukup berhasil dan mulai bagus. Klok dan Rashid bisa mencetak gol,” ucapnya.

Jangan lupakan juga sosok Brwa Nouri sebagai gelandang jangkar Bali United. Dia tampil apik dalam dua pertandingan. Melvin memujinya karena berkat Nouri, transisi dan build up serangan Bali United bisa sama baiknya.

“Nouri di pertandingan lawan Barito, bermain bagus dan bisa menerapkan taktikal dengan baik. Saya pikir Nouri sudah banyak bantu tim untuk memenangkan pertandingan,” ucap Teco.

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Spaso dan Mevin

Piala Presiden 2019 : Bali United Vs Mitra Kukar
Pemain Bali United, Ilija Spasojevic dan Melvin Platje, merayakan gol ke gawang Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bali United menang 3-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di lini serang, Bali United sudah pasti masih mengandalkan Ilija Spasojevic. Pemain yang dijului The Tractor tersebut meskipun baru mengemas satu gol, namun penampilannya tidak bisa dianggap remeh. Dia seorang diri akan menjadi target man.

Hal ini karena Melvin Platje bisa bergerak liar untuk membuka ruang untuk Spaso. Dengan kekuatan dari kedua kakinya dan sundulan, dia cukup menjadi ancaman Persib. Terlebih bek tengah mereka Nick Kuipers masih belum bisa dipastikan apakah bisa dimainkan atau tidak.

Di kubu Persib, ada Ezra Harm Ruud Wallian. Pemain kelahiran 22 Oktober 1997 ini bisa menjadi tumpuan Persib di lini depan dan kemungkinan akan dimainkan sebagai second striker oleh Robert Alberts. Meskipun nir gol dalam dua pertandingan BRI Liga 1, tetapi total Ezra sudah mencetak tiga gol.

Golnya tersebut diciptakan saat Piala Menpora 2021. Dia juga dikenal sebagai pemain yang memiliki spirit tinggi dan teknik yang mumpuni. Jangan sampai ada kesalahan di lini belakang Bali United. Jika iya, celah kosong itulah yang akan dimanfaatkannya untuk mencetak gol atau memberikan assist kepada barisan pemain Persib.

4 dari 4 halaman

Posisi Kedua Tim di BRI Liga 1 2021/2022

Lanjutkan Membaca ↓