Duel Pelatih PSM Vs Persebaya di BRI Liga 1: Adu Taktik Pemenang Piala Presiden

Oleh Aditya Wany pada 16 Sep 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 16 Sep 2021, 12:00 WIB
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar bakal meladeni perlawanan Persebaya Surabaya dalam pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (18/9/2021). Duel dua klub tua Indonesia ini akan menjadi adu strategi bagi kedua pelatih.

PSM kini ditangani oleh Milomir Seslija, pelatih berkewarganegaraan Bosnia-Herzegovina, yang berpengalaman di Indonesia. Sedangkan Persebaya masih diarsiteki oleh sang legenda hidup Aji Santoso sejak November 2019.

Menariknya, kedua pelatih ini memiliki kesamaan, yakni pernah menangani Arema FC sekaligus menyumbang trofi Piala Presiden. Aji melakukannya lebih dulu pada 2017, sedangkan Milo dua tahun kemudian pada 2019.

Aji sendiri menjalani partai debutnya sebagai pelatih Persebaya pada 14 November 2019 dengan menundukkan PSM. Duel pekan ke-26 Liga 1 2019 berakhir dengan skor 3-2 untuk tim berjulukan Bajul Ijo itu.

Tak hanya itu, Aji juga pernah menundukkan PSM di kandangnya, saat masih menangani Persela Lamongan. Itu terjadi saat Laskar Joko Tingkir menang 3-2 atas Juku Eja dalam pekan ketiga Liga 1 2018 pada 6 April 2018.

Dua catatan kemenangan itu bakal menjadi modal penting buat Aji Santoso membawa Persebaya untuk kembali mengantongi tiga poin. Apalagi, PSM sejauh ini belum pernah memetik kemenangan di BRI Liga 1.

Milo belum pernah menemani PSM menghadapi Persebaya. Tapi, dia punya catatan gemilang saat masih mengarsiteki Arema FC ketika berjumpa Persebaya. Pada musim 2019, Milo bersama Arema empat kali berjumpa Persebaya dan memetik dua kali kemenangan. 

Melihat catatan pertemuan kedua tim sejak era Liga 1, PSM dan Persebaya baru empat kali berjumpa. Hasilnya, mereka sama-sama membukukan dua kemenangan tanpa pernah berakhir imbang.

2 dari 2 halaman

Gaya Permainan

BRI Liga 1 - Duel Antarlini - Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar
BRI Liga 1 - Duel Antarlini - Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Secara permainan tim, Aji Santoso termasuk pelatih yang klop dengan penerapan gaya permainan khas Persebaya. Dia mampu mengoptimalkan para pemain yang dimilikinya untuk memetik kemenangan, seperti saat unggul 3-1 atas Persikabo 1973 pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Kecepatan pemain sayap masih diandalkan oleh Bajul Ijo. Agresivitas dengan gelandang yang lihai melakukan dribel kerap menyulitkan lawan. Kini, sejumlah nama anyar telah membuat Aji kian pede menghadapi pertandingan Liga 1.

Para pemain muda juga diberi kesempatan bermain sebagai bukti kejelian Aji menemukan bakat muda. Regenerasi pemain tetap jalan, tapi Persebaya upaya tetap mendapat prestasi tidak ditinggalkan.

Sedangkan Milo tampaknya masih mencari ramuan yang pas untuk bisa mempersembahkan kemenangan buat PSM. Striker Anco Jansen belum bisa menjadi mesin gol, dan sejauh ini masih mengandalkan kemampuan eksplorasif Wiljan Pluim.

Pengalaman di BRI Liga 1 ini sekilas akan membuat Aji Santoso kembali memetik tiga poin dan menundukkan PSM arahan Milo. Kemungkinan, dibutuhkan waktu buat Milo untuk menjadi penampilan timnya lebih stabil.

Lanjutkan Membaca ↓