Sukses


Duel Pelatih Persipura Vs Persija di BRI Liga 1: Cetakan Brasil dan Italia yang Sedang Disorot

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura dan Persija Jakarta bentrok dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (19/9/2021) malam WIB.

Duel pelatih asaing akan tersaji, di mana kedua arsitek tim ini sama-sama ingin membimbing timnya meraih kemenangan pertama di BRI Liga 1 2021/2022.

Baik Persipura Jayapura maupun Persija Jakarta memang belum meraih kemenangan dalam dua pertandingan yang mereka jalani pada dua pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Bahkan Persipura lebih buruk. Tim asuhan Jacksen Tiago itu terpuruk di dasar klasemen tanpa memiliki poin setelah menderita dua kali kalah, 1-2 dari Persita Tangerang pada laga pekan pertama dan 0-1 dari Persela Lamongan pada pekan kedua.

Angelo Alessio lebih beruntung. Pelatih yang baru musim ini berkarier di Indonesia itu melihat Persija dua kali meraih hasil imbang dalam dua laga pertama.

Namun, hasil imbang yang diraih Persija bukanlah hal yang patut disyukuri. Pasalnya, dalam dua pertandingan itu, Persija selalu berhasil meraih keunggulan terlebih dahulu dan kemudian kedudukan menjadi seimbang, baik 1-1 dengan PSS Sleman pada pekan pertama, maupun 2-2 dengan PSIS Semarang pada pekan kedua.

Menarik untuk disaksikan bagaimana Jacksen Tiago dan Angelo Alessio melakukan evaluasi tim, mempersiapkan timnya masing-masing untuk pertandingan pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022.

2 dari 4 halaman

Jacksen Tiago

Kehilangan semua poin dalam dua laga pertama di BRI Liga 1 2021/2022 tentu membuat Persipura Jayapura mendapatkan kritik dari para pendukungnya. Namun, Jacksen Tiago tetap memilih untuk tenang.

Pelatih asal Brasil yang punya pengalaman membawa Persipura Jayapura tiga kali juara Indonesia Super League itu menegaskan bahwa situasi tim saat ini tidak ideal, dengan mengandalkan lebih banyak pemain muda dan keterbatasan uji coba karena pandemi COVID-19 sebelum kompetisi dimulai.

Namun, tentunya Persipura harus segera bangkit. Kekalahan 1-2 dari Persita dan 0-1 dari Persela sudah cukup membuat Persipura kini berada di dasar klasemen. Mutiara Hitam perlu bangkit dan memenangi pertandingan.

Menghadapi Persija Jakarta pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 tentu menjadi ujian yang cukup berat bagi Persipura. Namun, Jacksen telah mempersiapkan timnya untuk bisa kembali memperlihatkan performa terbaik di lapangan hijau.

Masih belum bisa mengandalkan pemain asing kecuali Yevhen Bokhasvhili, Jacksen bertumpu kepada pemain-pemain muda seperti Ramai Melvin Rumakiek dan Todd Rivaldo Ferre untuk memperkuat serangan. Jelas ujian yang sangat berat bagi para pemain muda ini, terutama karena Persija memiliki lini pertahanan yang rapat dengan dua pemain asing plus satu pemain naturalisasi.

Satu hal yang pasti, Jacksen Tiago harus memaksimalkan pengalamannya mengenal sepak bola Indonesia bertahun-tahun dalam beradu strategi di pertandingan kontra Persija ini. Pasalnya, Macan Kemayoran ditangani pelatih yang baru musim ini berkarier di Indonesia. Jadi, Jacksen punya apalagi selain pengalaman yang lebih baik dengan sepak bola Indonesia?

3 dari 4 halaman

Angelo Alessio

Bicara soal pengalaman berkarier di Indonesia, pelatih asal Italia ini jelas kalah jauh dari Jacksen Tiago yang sudah bertahun-tahun berada di Indonesia. Namun, bicara pengalaman keseluruhan, Angelo Alessio adalah pelatih yang pernah bekerja sama dengan banyak tim hebat, meski berstatus asisten pelatih.

Angelo Alessio adalah mantan asisten Antonio Conte saat menangani beberapa tim hebat, seperti Chelsea maupun Timnas Italia. Gaya main ala Italia coba diterapkan oleh Alessio kepada Persija Jakarta.

Sayangnya, dalam dua laga pertama BRI Liga 1 2021/2022, Persija gagal meraih kemenangan. Macan Kemayoran bahkan terlihat kendur setelah berhasil meraih kemenangan lebih dulu dalam dua pertandingan tersebut.

Ketika menghadapi PSS Sleman, Persija lebih dulu unggul lewat gol yang dicetak Yann Motta. Namun, pada akhirnya gawang Persija pun bobol oleh Irkham Mila.

Sementara pada laga pekan kedua kontra PSIS Semarang, Persija unggul 2-0 lebih dulu lewat gol Otavio Dutra dan Marko Simic. Namun, dua gol PSIS Semarang dari skema tendangan bebas berbuah gol, pertama diteruskan dengan baik oleh Hari Nur Yulianto, dan yang kedua masuk ke gawang setelah membentur tubuh Rohit Chand.

Bukan tidak mungkin Persija juga akan kembali unggul lebih dulu saat menghadapi Persipura yang banyak memainkan pemain muda. Angelo Alessio hanya perlu memastikan Persija bisa mempertahankan dominasi mereka sepanjang laga dan tidak lagi kebobolan setelah unggul lebih dulu.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer