Sukses


BRI Liga 1: Pergantian Pemain Jadi Kunci Persita Bekuk Persela dengan 10 Pemain

Bola.com, Bogor - Persita Tangerang secara luar biasa berhasil menaklukkan Persela Lamongan dengan skor tipis 1-0 pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Jum'at (17/9) sore WIB.

Pendekar Cisadane, julukan Persita harus bermain dengan 10 pemain setelah Aldi Al-Achya menerima kartu kuning kedua di menit 57. Tetapi mereka berhasil mencuri gol lewat tembakan jarak jauh pemain pengganti, Rifky Dwi Septiawan.

Pelatih Persita, Widodo C. Putro, enggan mengomentari kejadian kartu merah tersebut. Pria asal Cilacap itu mengaku fokusnya adalah bagaimana anak asuhnya bisa mengimbangi lawan meski kalah jumlah pemain.

"Masalah pelanggaran saya belum lihat jelas. Mungkin kalau saya melihat replynya baru bisa berkomentar. Fokus saya tadi bagaimana pergantian pemain bisa menghasilkan kemenangan di pertandingan ini," ungkapnya.

Persita memang segera melakukan pergantian pemain setelah wasit mencabut kartu merah dari sakunya. Pada akhirnya, kecermatan pria yang akrab disapa WCP ini berbuah manis.

"Ada beberapa yang harus saya rotasi termasuk Rifky (Dwi Septiawan) dan Kevin (Gomez). Edo (Febriansah) saya taruh agak ke depan agar lebih kuat di di situ," jelasnya.

"Sebetulnya saya akan memasukkan Syaeful (Anwar) ternyata Agung (Prasetya) sudah minta keluar. Saya berharap pemain-peman yang menggantikan akan terus bisa bermain apik saat menggantikan pemain yang main terlebih dahulu," kata pelatih yang membawa Persita Tangerang promosi ke Liga 1 ini.

2 dari 4 halaman

Minta Semua Pemain Siap Diturunkan

Selain itu, pelatih berusia 50 tahun itu mengakui bila ke depan dirinya akan banyak melakukan rotasi pemain. Dari tiga pertandingan awal BRI Liga 1 2021/22, terlihat anak asuhnya sering kehilangan napas terutama di babak kedua.

Dia meminta seluruh pemainnya untuk tetap bersiap menanti kesempatan bertanding. Untuk itu dirinya berharap semua pemain tak kehilangan kesempatan dan terus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam latihan.

"Saya melatih 30 pemain dan akan berusaha akan memainkan mereka semua dengan melihat situasi dan kondisi. Tetapi saya berharap mereka meningkatkan kualitas individu sehingga kami tim pelatih tidak akan ragu memberikan kesempatan," tegasnya.

3 dari 4 halaman

4 Pemain Tampil Pertama Kalinya

Widodo C. Putro memang tak sembarangan mengatakan bakal berusaha memainkan seluruh pemainnya. Mantan pelatih Sriwijaya FC ini sadar bila kompetisi merupakan perjalanan yang sangat panjang.

Di pertandingan tadi, setidaknya ada empat pemain yang akhirnya mendapat kesempatan tampil pertama kalinya musim ini. Rahmanuddin, Dallen Doke, Alex Goncalves dan Bae Sin-young tampil sebagai starter selagi Kevin Gomes masuk sebagai pengganti.

Pria yang nyaris mengantarkan Bali United menjadi juara ini berkaca dari pengalamannya di beberapa musim sebelumnya. Untuk tetap eksis di level elit, dibutuhkan keterlibatan seluruh pemain dalam satu tim.

Persita kini bertengger di peringkat ketiga setelah mengantongi dua kemenangan dari tiga laga perdana BRI Liga 1 2021/22. Selanjutnya, Agung Prasetya dkk. bakal meladeni perlawanan Bali United, Jum'at (24/09/2021).

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer