Sukses


Marc Klok Belum Bisa Membela Timnas Indonesia, Proses Naturalisasinya Bermasalah?

Bola.com, Bandung - Proses naturalisasi Marc Klok telah tuntas sejak November 2020. Namun, pemain Persib Bandung itu masih belum bisa membela Timnas Indonesia.

Marc Klok mengubah kewarganegaraannya dari Belanda menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) demi dapat memperkuat Timnas Indonesia.

Gelandang berusia 28 tahun itu disinyalir mendapat panggilan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia pada pekan depan. Namun, dia gagal memenuhinya karena terhambat masalah administratif.

Marc Klok tidak menjelaskan secara detail persoalan administratif yang menghambatnya untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

"Keinginan terbesar saya untuk membela Timnas Indonesia dan membantu negara memenangkan trofi pada tahun ini sementara harus tertunda," tulis Marc Klok di akun Instagramnya, @marcklok.

"Masih ada hal yang sifatnya administratif belum terselesaikan dan membuat saya masih belum bisa bermain untuk Timnas Indonesia," jelas pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu.

2 dari 3 halaman

Sempat Dipanggil ke Timnas Indonesia

Marc Klok sempat dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia pada Mei 2021. Namun, mantan pemain Persija Jakarta itu terpaksa pulang lebih cepat karena harus menemani istrinya melahirkan.

Marc Klok berharap perkara administratifnya dapat segera selesai demi mewujudkan keinginannya membela Timnas Indonesia.

"Namun, menyerah tidak ada di kamus hidup saya. Saya akan terus memberikan dan menunjukkan yang terbaik dari diri saya sambil berharap permasalahan ini selesai," tutur Marc Klok.

"Semoga saya bisa membela Timnas Indonesia secepatnya. Saya selalu ingin menunjukkan yang terbaik untuk penggemar dan negara yang saya cintai ini. Garuda di dada saya," ujar mantan pemain PSM Makassar ini.

3 dari 3 halaman

Bukan Perkara yang Pertama

Marc Klok bukan pemain naturalisasi pertama yang mengalami kendala administratif untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Rekan setimnya di Persib, Ezra Walian pernah merasakan situasi yang serupa sebelum perubahan asosiasinya dari Belanda ke Indonesia tuntas pada Juni 2021.

Nasib Ezra Walian sempat terkatung-katung selama empat tahun sejak dinaturalisasi pada 2017. Striker berusia 23 tahun itu mendapatkan memorandum dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) karena pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.

Seusai proses alih statusnya selesai, Ezra Walian bersama empat pemain Persib lainnya yaitu Febri Hariyadi, Victor Igbonefo, Bayu Fiqri, dan Aqil Savik dipanggil ke Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan pada pekan depan.

Video Populer

Foto Populer