Puncaki Klasemen BRI Liga 1 2021 / 2022, PSIS Pantang Besar Kepala

Oleh Vincentius Atmaja pada 20 Sep 2021, 20:45 WIB
Diperbarui 20 Sep 2021, 20:45 WIB
Foto: Persija Jakarta Diimbangi PSIS Semarang 2-2 dalam Pekan Kedua BRI Liga 1 2021 / 2022
Para pemain PSIS Semarang merayakan gol penyeimbang 2-2 ke gawang Persija Jakarta dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (12/9/2021). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Foto: Bola.Com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Semarang - BRI Liga 1 2021/2022 telah melewati pekan ketiga. PSIS Semarang di luar prediksi, mampu menduduki peringkat pertama klasemen berkat kemenangan meyakinkan atas Persiraja Banda Aceh 3-1, Sabtu (18/9/2021).

Laskar Mahesa Jenar (julukan PSIS Semarang) untuk sementara kukuh di posisi teratas dengan nilai tujuh, hasil dua kemenangan dan satu kali imbang. PSIS punya nilai sama dengan tiga tim lainnya yaitu; Bhayangkara FC, Bali United, dan Persib Bandung.

Namun Hari Nur Yulianto dan kawan-kawan punya selisih gol yang lebih baik yaitu 3 gol (memasukkan 6 dan kemasukan 3). Adapun tiga tim yang punya nilai sama lainnya memiliki Sama-sama memiliki selisih dua gol. Praktis membuat PSIS berhak menempati peringkat pertama.

Pencapaian yang didapat PSIS saat ini bukanlah sebuah kebetulan atau keberuntungan, namun memang mereka telah siap mengarungi kompetisi dengan baik. Mulai dari bekal apik yang didapat saat di turnamen pramusim Piala Menpora 2021, hingga pematangan selama program latihan.

Menumbangkan Persela Lamongan pada laga pembuka, memaksa imbang Persija Jakarta dalam posisi tertinggal dua gol, hingga menang meyakinkan atas Persiraja, adalah gambaran kekuatan PSIS saat ini yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sosok Imran Nahumarury berhasil mempertahankan suasana tim meski PSIS tanpa pelatih kepala, ketika Dragan Djukanovic memutuskan mundur menjelang bergulirnya Liga 1. Imran menunjukkan taktik menawan dan sukses memaksimalkan potensi para pemain muda PSIS Semarang.

 

2 dari 4 halaman

Terlalu Dini

Bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo
Bek PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo, bersama rekan-rekannya usai duel melawan Persija Jakarta pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (12/9/2021). (Dok PSIS)

Dengan pencapaian yang didapat saat ini, PSIS boleh punya target lebih tinggi, tidak hanya sekadar memperbaiki prestasi dari musim-musim sebelumnya. Target berada di papan atas atau bahkan menjuarai BRI Liga 1 juga tidak salah untuk diusung tim kebanggaan Panser Biru dan Snex.

PSIS mengawali start dengan baik di musim ini, hasil yang kontras didapat sejumlah tim tradisi lainnya atau lebih berambisi seperti PSM Makassar, Persija, Arema FC, Persebaya Surabaya, atau Persipura Jayapura yang berada di dasar klasemen.

Kemungkinan PSIS bisa finis di papan atas klasemen akhir Liga 1 musim ini ditanggapi oleh caretaker Imran Nahumarury. Ia menilai hal tersebut terlalu dini. Fokusnya adalah meminta kepada para pemainnya untuk selalu berkonsentrasi dan menikmati pertandingan di setiap pekannya.

"Saya pikir terlalu dini, terlalu awal kita memprediksi seperti itu. Saya selalu katakan kepada para pemain, tiap laga itu final. Pemain harus konsentrasi, perkara hasil seperti apa itu urusan nanti. Tapi saya ingin pemain menikmati setiap pertandingan," terang Imran Nahumarury.

 

3 dari 4 halaman

Seperti Maraton

BRI Liga 1 2021: Persija Jakarta vs PSIS Semarang
Penyerang PSIS Semarang Hari Nur Yulianto saat melawan Persija Jakarta dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (12/9/2021). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Foto: Bola.Com/M. Iqbal Ichsan)

Menurutnya, PSIS masih terus dalam proses menjaga konsistensi dan bermain lebih baik di setiap pertandingan. Atau seperti yang pernah ia katakan sebelumnya bahwa kompetisi yang panjang kayaknya perlombaan lari maraton, menentukan siapa yang bertahan di akhir.

"Saya sampaikan ke mereka karena kita bicara kompetisi ini kan seperti maraton, siapa yang bisa bertahan, siapa bisa me-maintain ini, tentu dia bisa bertahan sampai akhir musim. Karena kita bicara bukan turnamen, ini kompetisi jadi saya selalu tekankan buat para pemain anak harus selalu fokus dan setiap laga itu partai final," jelas Imran Nahumarury.

4 dari 4 halaman

Posisi PSIS saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show: Timnas Indonesia Itu Oke, Tapi...