Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Fokus Bangkit Hadapi Bhayangkara FC, Lakukan Evaluasi Besar-besaran

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya mulai beranjak melupakan kekalahan 1-3 dari PSM Makassar di pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Kini, mereka ingin fokus menatap pertandingan berikutnya.

Tim Bajul Ijo dijadwalkan bersua dengan Bhayangkara FC pada pekan keempat, Jumat (24/9/2021). Skuad Persebaya Surabaya diminta menatap persiapan duel tersebut dalam latihan yang digelar Senin (20/9/2021) sore.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, juga melakukan evaluasi besar-besaran setelah kekalahan yang menyakitkan melawan PSM Makassar. Dalam duel itu, tim asal Kota Pahlawan tersebut unggul dulu namun akhirnya pulang tanpa poin.

“Latihan hari ini kami mengevaluasi pertandingan terakhir. Kami mempersiapkan pertandingan melawan Bhayangkara tanggal 24 nanti. Semua kami evaluasi, baik pertahanan dan penyerangan, kami perbaiki di latihan kali ini,” kata Aji setelah memimpin latihan.

Kondisi kebugaran para pemainnya juga tidak ada masalah. Aji memiliki waktu empat hari untuk membawa timnya bangkit. Hanya saja, kendala Persebaya Surabaya terdapat pada lima pemain yang mendapat panggilan pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Mereka adalah kiper Ernando Ari Sutaryadi, stoper Arif Satria, stoper Rizky Ridho, gelandang Rachmat Irianto, dan gelandang Ricky Kambuaya.

 

 

2 dari 4 halaman

Tak Ada Masalah Kebugaran

“Tidak ada masalah (kebugaran pemain). Semua dalam kondisi yang baik. Lima pemain di timnas. Semua pemain tidak ada masalah,” imbuhnya.

Sejauh ini, Aji masih akan memberi pemahaman untuk perbaikan timnya. Dia akan mulai melakukan evaluasi menyeluruh setelah seluruh pemainnya ikut berlatih, termasuk yang masih bersama Timnas Indonesia.

“Itu akan menjadi evaluasi kami. Ketika kami melakukan evaluasi dalam kondisi pemain sudah lengkap, melalui video. Kami akan memberi tahu kepada seluruh pemain apa yang perlu menjadi perhatian dan perlu ditingkatkan,” tuturnya.

Sebelumnya, pelatih berusia 51 tahun telah mengakui bahwa kekalahan dari PSM merupakan hasil kesalahan anak asuhnya sendiri. Pertahanan timnya rapuh sehingga perlu diperbaiki melawan Bhayangkara yang masih belum terkalahkan di tiga laga.     

3 dari 4 halaman

Sisi Kanan Pertahanan Keropos

Sementara itu, sisi kanan pertahanan Persebaya Surabaya sedang menjadi sorotan. Penyebabnya, kekalahan yang baru saja mereka alami lahir dari eksploitasi lasan di keroposnya sektor tersebut.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mulai merasakan dampak absennya bek kanan muda Koko Ari Araya. Pemain asli Surabaya itu selama ini menjadi bek kanan andalan, tapi kini masih mengalami cedera.

"Dengan cederanya Koko, kami memang tidak memiliki banyak stok di posisi bek kanan. Yang ada pemain yang berpengalaman hanya (Mokhamad) Syaifuddin," ungkap pelatih berusia 51 tahun itu.

Syaifuddin yang dipasang sebagai bek kanan melawan PSM sebenarnya bukan nama baru. Meski berposisi asli sebagai stoper, dia beberapa kali dipasang sebagai bek kanan dan mampu menunjukkan penampilan impresif.

Sayangnya, penampilan pemain Persebaya Surabaya berusia 29 tahun itu di luar ekspektasi saat melawan PSM.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Posisi Persebaya

Video Populer

Foto Populer