Sukses


Selera dalam Memilih Pemain ke Timnas Indonesia Dipertanyakan: Setelah Milomir Seslija, Shin Tae-yong Jawab Kritikan Paul Munster

Bola.com, Jakarta - Dua pelatih di BRI Liga 1 2021/2022 mempertanyakan selera Shin Tae-yong dalam memilih pemain untuk Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan itu gerah dan memilih untuk menjawab keraguan itu satu per satu.

Setelah pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, kali ini giliran kritikan dari juru taktik Bhayangkara FC, Paul Munster yang dibalas oleh Shin Tae-yong.

Paul Munster tidak habis pikir dengan keputusan Shin Tae-yong memanggil dua pemainnya, Evan Dimas dan Adam Alis ke pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Arsitek asal Irlandia Itu beranggapan bahwa performa Evan Dimas dan Adam Alis belum maksimal di BRI Liga 1 2021/2022 dan keduanya juga jarang menjadi starter di awal musim.

Pada tiga pertandingan BRI Liga 1, Evan Dimas baru sekali bermain sejak menit pertama dan dua kali sebagai pengganti. Sementara Adam Alis, selalu berperan menjadi supersub.

"Terima kasih atas pernyataan coach Paul Munster. Mungkin saja coach Paul bisa berpikir mengapa Evan Dimas dan Adam Alis yang dipilih sebagai pemain Timnas Indonesia," tulis Shin Tae-yong di akun Instagramnya, @shintaeyong7777, Selasa (21/9/2021).

Shin Tae-yong mengaku telah mengetahui kualitas Evan Dimas dan Adam Alis. Keduanya juga menjadi bagian Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Juni 2021.

"Akan tetapi, pemain-pemain tersebut yang sudah pernah bergabung saat di Dubai. Jadi saya ingin melihat langsung dan mengecek kondisi pemain," jelas pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

2 dari 4 halaman

Pantau Pemain sejak Piala Menpora 2021

Dalam memilih pemain, Shin Tae-yong tidak hanya berpatokan pada tiga partai awal BRI Liga 1. Pelatih berusia 52 tahun itu juga melihat performa di Piala Menpora pada Maret-April 2021.

"Kami, tim kepelatihan sudah memantau para pemain sejak Piala Menpora sampai pekan ketiga BRI Liga 1," tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memanggil 36 pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 19-30 September 2021 di Jakarta sebagai persiapan dua turnamen sekaligus yaitu Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 dan Kualifilasi Piala AFC U-23 2022 pada Oktober 2021.

Untuk itu, Shin Tae-yong sengaja memadukan pemain senior dan pemain U-23 dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia saat ini.

"Dengan adanya dua turnamen yang kami ikuti, maka kami memilih pemain untuk mempersiapkan ke dua turnamen tersebut termasuk mengikutsertakan pemain berusia di bawah 23 tahun," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Dua Turnamen Terdekat

Shin Tae-yong akan lebih dulu memimpin Timnas Indonesia senior di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Chinese Taipei pada 7 dan 12 Oktober 2021.

Selang beberapa pekan, pelatih juara Liga Champions Asia bersama Seongnam Ilhwa Chunma itu bakal memoles Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 pada 27-31 Oktober 2021.

"Pemain yang terpilih saat ini bukan juga pemain yang akan bertanding melawan Taiwan. Sebab, masih ada pemain dari luar negeri yang bakal bergabung," papar Shin Tae-yong.

"Sekali lagi, terima kasih kepada coach Paul Munster atas pertanyaan dan masukannya. Saya juga sangat memahami posisi pelatih klub," jelas Shin Tae-yong mengakhiri.

4 dari 4 halaman

Unggahan Shin Tae-yong Menjawab Paul Munster

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by 신태용 (@shintaeyong7777)

Video Populer

Foto Populer