Sukses


BRI Liga 1: Rekor Pertemuan Persik vs PSM, Taring Macan Putih Lebih Tajam

Bola.com, Jakarta - Persik Kediri dan PSM Makassar bakal saling sikut pada pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (23/9/2021). Kedua tim sama-sama memburu kemenangan untuk mengintip peluang merangsek ke papan atas klasemen sementara. Kini, PSM sementara bertengger di posisi enam dengan koleksi 5 poin. Sedang Persik berada satu tingkat di bawah skuad Juku Eja dengan poin 4.

PSM Makassar berada di atas angin usai melibas Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/9/2021). Kemenangan itu membuat kepercayaan diri skuad Juku Eja meninggi. Seperti diungkap striker anyar mereka, Anco Jansen yang mencetak dua gol ke gawang Persebaya.

"Saya berharap bisa mencetak gol untuk membawa PSM mengalahkan Persik," ujar Jansen pada sesi jumpa media pasca laga PSM kontra Persebaya.

Sementara Persik tengah berjuang keras untuk mengembalikan motivasi pemainnya setelah bermain imbang 2-2 dengan Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (17/09/2021). Pada laga itu, Persik sempat unggul 2-1 sampai menit ke-62. Persikabo mampu menyamakan kedudukan lewat gol penalti Sergey Pushnyakov.

"Melawan PSM jangan bikin kesalahan. Kami akan tetap tampil dengan karakter Persik. Kami juga tidak mau terbawa irama permainan lawan," tegas Joko Susilo, pelatih Persik.

Meski lebih diunggulkan, salah besar kalau PSM memandang remeh calon lawannya itu. Sejarah membuktikan, tim Macan Putih kerap mengejutkan Juku Eja di kompetisi kasta tertinggi. Termasuk ketika Persik untuk kali pertama meraih trofi juara Liga Indonesia 2003. Ketika itu, Persik Kediri dua kali mengalahkan PSM yang memiliki materi pemain lebih baik.

 

2 dari 4 halaman

Persik Lebih Dominan

Liga Indonesia 2003 memang jadi kenangan manis Persik sekaligus pahit buat PSM. Macan Putih berkiprah di kompetisi kasta tertinggi dengan status tim promosi tanpa pemain bintang. Sedang PSM diperkuat sejumlah nama familier seperti Charis Yulianto.

Ortizan Salossa, Jack Komboy, Syamsul Chaeruddin, Ponaryo Astaman dan Irsyad Aras yang belakangan masuk dalam skuad tim nasional Indonesia menghadapi sejumlah ajang internasional. Juku Eja juga memiliki duet striker maut, Cristian Gonzales dan Oscar Aravena. Nama terakhir kemudian menjadi top skorer musim 2003 dengan koleksi 31 gol.

Materi pemain mentereng yang dimiliki PSM tak mampu meredam determinasi tinggi yang diperlihatkan Persik. Juku Eja bahkan dipermalukan oleh Persik di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin yang dikenal angker buat tim tamu. Di laga yang berlangsung pada 13 Februari 2003 itu, striker Persik, Musikan jadi bintang dengan mencetak hattrick untuk membawa Persik menang dengan skor 3-2.

Pada pertemuan kedua tim di Stadion Brawijaya Kediri, Musikan kembali jadi mimpi buruk PSM dengan mencetak satu gol pada laga yang berakhir dengan skor 3-2 untuk tuan rumah. Dua gol Macan Putih lainnya lahir berkat aksi Frank Bob Manuel.

Enam poin dalam dua pertemuan atas PSM berdampak besar pada perjalanan Persik musim itu. Seperti diketahui, Persik akhirnya meraih trofi juara pada musim yang menerapkan sistem kompetisi penuh itu. Persik unggul lima poin dari PSM yang mengoleksi 62 angka.

 

3 dari 4 halaman

Taring Persik

Tiga tahun kemudian, Persik meraih trofi juara Liga Indonesia untuk kali kedua. Pada musim ini, Persik dan PSM sama-sama tergabung di Wilayah Dua di Liga Indonesia 2006 yang menerapkan format penyisihan wilayah sampai laga puncak.

Pada dua pertemuan kedua tim di penyisihan wilayah, Persik dan PSM saling mengalahkan. Namun, pada pertemuan pertama di Stadion Brawijaya Kediri, Persik mempermalukan PSM dengan skor enam gol tanpa balas. PSM memang mampu membalas kekalahan itu di Makassar dengan skor 3-1. Kekalahan di Kediri jadi sejarah memalukan Juku Eja di pentas Liga Indonesia.

Secara keseluruhan, dalam 12 kali pertemuan kedua tim di Liga Indonesia, Persik lebih dominan dengan mencetak enam kemenangan, dua imbang dan empat kalah dari PSM. Rekor pertemuan inilah yang harus diwaspadai PSM saat bersua Persik pada pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022.

4 dari 4 halaman

Persaingan PSM dan Persik di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer