Sukses


3 Pemain PSM yang Bisa Meredam Determinasi Persik di BRI Liga 1: Anco Jansen Jadi Sorotan

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar mengincar kemenangan kedua saat menghadapi Persik Kediri pada laga pekan keempat BRI Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021).

Sebelumnya, tim asuhan Milomir Seslija baru saja menekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/9/2021). Sukses yang membawa skuad Juku Eja bertengger di peringkat enam klasemen sementara dengan mengoleksi lima poin.

Bagi PSM, meraih tiga poin atas Persik pada laga nanti bisa membawa mereka merangsek ke papan atas klasemen. Peluang Wiljan Pluim dan kawan-kawan mewujudkan target itu terbilang terbuka.

Selain bermodal kepercayaan diri yang tengah meninggi, Milomir Seslija bisa kembali memainkan materi pemain yang sukses melibas Persebaya pekan lalu.

Konsentrasi tim pun juga fokus menatap laga ini, karena tak satu pun pemain PSM yang masuk dalam daftar panggil timnas Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia 2023. Termasuk Yacob Sayuri yang sebelumnya memperkuat skuad Garuda pada kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Striker anyar PSM, Anco Jansen berharap timnya meneruskan tren positif tetap terjaga. Eks pemain NAC Breda ini pun ingin mengulang sukses mencetak gol seperti yang dua kali dilakukannya ke gawang Persebaya.

"Saya tentu berharap kembali mencetak gol. Tapi, yang terpenting PSM bisa mengalahkan Persik," ujar Jansen yang menjebol gawang Bajul Ijo lewat tendangan bola mati.

Bagi Jansen, dua gol itu sekaligus memupus sorotan minor terhadap dirinya setelah tak mampu mencetak gol ketika PSM menghadapi Arema FC dan Madura United.

Selain Jansen, PSM juga menumpuhkan harapannya kepada Wiljan Pluim dan Yacob Sayuri yang tampil baik ketika Juku Eja menghentikan Persebaya. Berikut ulasan singkat sepak terjang ketiga pemain ini di BRI Liga 1 2021/2022 versi Bola.com.

 

2 dari 5 halaman

1. Anco Jansen

Anco Jansen menjelma jadi bintang PSM usai mencetak dua dari tiga gol kemenangan timnya atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/9/2021). Satu gol lewat penalti, sedang gol lainnya via tendangan bebas. Meski semua golnya tercipta lewat skema bola mati, Jansen dinilai pantas jadi man of the match berkat pergerakan dan aksinya yang merepotkan lini belakang Persebaya.

Kalau tampil konsisten, Jansen berpeluang mengulang suksesnya itu saat PSM ditantang Persik. Kalau pun ia mendapat pengawalan khusus, pergerakan liar Jansen bisa menarik satu atau dua bek lawan untuk menghentikannya. Dalam situasi seperti ini, pemain PSM lainnya seperti Wiljan Pluim, Yacob Sayuri dan Ilham Udin Armaiyn bisa mendapat ruang di area 16 Persik.

 

3 dari 5 halaman

2. Wiljan Pluim

Sejak memperkuat PSM pada 2016, Wiljan Pluim selalu menjadi sosok sentral serangan Juku Eja kala tampil di lapangan. Terakhir, gelandang berpaspor Belanda ini jadi kreator awal serangan PSM yang berbuah tiga gol ke gawang Persebaya. Skill olah bola diatas rata-rata yang dimiliki Pluim menutupi kelemahannya dari sisi fisik dan kecepatan yang tidak sebaik sebelumnya.

Kemampuan Pluim dalam pemulai serangan inilah yang membuat eks gelandang Willem II bakal kembali jadi incaran pemain Persik untuk dimatikan. Seperti pada laga sebelumnya, bila mendapat kawalan ketat di area 16, Pluim kerap bermain agak ke belakang. Dan disaat pemain lawan lengah, Pluim beraksi dengan liukannya bersama bola sekaligus mengirim umpan terukur ke rekan-rekannya.

 

4 dari 5 halaman

3. Yacob Sayuri

Yacob Sayuri baru tampil sebagai starter saat PSM menghadapi Persebaya. Pelatih PSM, Milimor Seslija memarkirnya di bangku cadangan karena menilai kondisi penyerang sayap andalan Juku Eja itu belum fit betul pasca cedera. Yacob pun menjawab kepercayaan yang diberikan sang mentor lewat aksinya dari sisi kanan sekaligus mencetak satu dari tiga gol PSM ke gawang Persebaya.

Sejalan dengan kondisinya yang mulai membaik, Yacob berpeluang kembali menjadi starter PSM saat menantang Persik di pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022. Dengan pergerakan Yacob di kanan dan Ilham Udin Armayin di sisi kiri, serangan skuad Juku Eja bakal lebih variatif dan tajam. Seperti pada laga sebelumnya, Yacob pun bisa terlihat di kotak penalti lawan sekaligus mengintip peluang mencetak gol.

5 dari 5 halaman

Persaingan PSM dan Persik di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer