Sukses


Perbandingan Klasemen Tiga Pekan Liga 1 2020 dan 2021: Persipura Terjun Bebas, PSIS Mantap

Bola.com, Jakarta - Pekan ketiga merupakan waktu krusial bagi pencinta sepak bola Tanah Air, termasuk BRI Liga 1 2021/2022. Tahun lalu, denyut nadi sepak bola Indonesia tiba-tiba berhenti di pekan ini lantaran merebaknya virus Covid-19.

Sempat ada keinginan menggerakkan lagi olahraga nomor satu di Indonesia ini pada Oktober 2020. Tetapi apa lacur, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi gagal mengantongi izin keamanan tepat waktu.

Kompetisi Liga 1 2020 akhirnya terkatung-katung hingga pergantian tahun. Setelah berbagai diskusi panjang, akhirnya PSSI dan PT LIB memutuskan menghentikan kompetisi Liga 1 2020 pada Januari lalu.

Persib yang menguasai puncak klasemen dengan raihan sembilan poin sempurna dalam tiga laga, 'dipaksa' puas akan hal ini.

Sementara Persela Lamongan mungkin jadi yang paling bisa bernapas lega mengingat mereka tak mengantongi satu poin pun. Namun, pada perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 terjadi cukup banyak perubahan.

Beberapa tim berhasil mengalami lonjakan performa yang impresif, tetapi tak sedikit pula yang kualitas permainannya menukik drastis.

Dilansir penyedia data statistik Statoskop, Bola.com mencoba mengupas perbandingan klasemen dalam tiga laga perdana antara musim lalu dengan musim ini di BRI Liga 1. Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Persipura Jayapura Turun Paling Tajam

Ketiadaan sosok legenda hidup Boaz Solossa, mungkin jadi salah satu penyebab keterpurukan Persipura Jayapura musim ini. Tanpanya, permainan tim berjuluk Mutiara Hitam itu seperti Macan tanpa taring.

Deretan skuad muda Persipura belum bisa dijadikan solusi. Apalagi tim arahan Jacksen F. Tiago ini masih belum bisa menampilkan seluruh pemain asingnya yang membuat mereka hanya bertumpu pada pemain muda lokal.

Penurunan performa Persipura tergambar jelas dari posisi mereka sebagai juru kunci klasemen BRI Liga 1 2021/2022.

Dalam tiga laga perdana, mereka hanya mampu meraup sebiji poin dari hasil imbang kontra Persija Jakarta, akhir pekan lalu.

Hal ini jelas berbanding terbalik dengan pencapaian Persipura tahun lalu. Mereka terbilang perkasa dengan meraih dua kemenangan dan satu kekalahan yang membuat mereka berada di posisi keempat klasemen Liga 1 2020.

 

3 dari 5 halaman

PSIS Semarang Sodok Puncak Klasemen

PSIS Semarang sangat layak berada di puncak klasemen hingga berakhirnya pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Penampilan impresif mereka ini sebenarnya telah sedikit ditunjukkan di Piala Menpora 2021.

Murni mengandalkan pemain lokal, mereka berhasil puncaki klasemen grup A dengan melewati adangan klub kuat, Arema FC.

Mereka juga berhak ke perempat-final dengan status tim tersubur dengan sembilan gol. Sayangnya, di babak ini mereka harus cabut terlebih dahulu seusai gagal dalam adu penalti kontra PSM Makassar.

Juku Eja, julukan PSM mampu menahan ledakan lini serang di waktu normal yang memaksa berakhir dengan adu tendangan 12 pas.

Musim lalu, Hari Nur Yulianto dan kawan kawan sempat kalah sekali dalam tiga laga perdana dengan dua laga lainnya berujung kemenangan.

Sementara untuk musim ini, mereka tak ingin mengulang kesalahan yang sama. Setelah menang tipis Persela Lamongan, PSIS menunjukkan mental baja saat menyamakan ketertinggalan dua gol atas Persija Jakarta.

Kemenangan atas Persiraja Banda Aceh lantas menjadi penasbih kekuatan tim arahan Imran Nahumarury tersebut.

Sebagai pelatih karteker, legenda Persija Jakarta ini rupanya tak banyak mengubah pakem pelatih sebelumnya Dragan Djukanovic.

Namun, sentuhannya tetap terasa dalam skuad PSIS selagi deretan pemain muda mereka semacam Pratama Arhan menjadi semakin matang.

 

4 dari 5 halaman

Detail Perbandingan Klasemen

Naik Klasemen: PSIS Semarang, Bhayangkara FC, Persita Tangerang, PSS Sleman, Persik Kediri, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya

Turun Klasemen: Persib Bandung, Borneo FC, Persija Jakarta, Persiraja Banda Aceh, Arema FC, Madura United, Persipura Jayapura

Tak Ada Perubahan: Bali United, Barito Putera

Penurunan Tertinggi: Persipura Jayapura (turun 14 peringkat).Penurunan Terendah: Persija Jakarta (turun 1 peringkat)

Peningkatan Tertinggi: Persita Tangerang (naik 9 peringkat)Peningkatan Terendah: Persebaya Surabaya (naik 3 peringkat)

 

5 dari 5 halaman

Berikut Daftar Peringkat Terbaru

Video Populer

Foto Populer