Sukses


Analisis BRI Liga 1 Persik Vs PSM: Kepiawaian Milomir Seslija Mematahkan Taktik Joko Susilo

Bola.com, Cikarang - Kedekatan Milomir Seslija dengan Joko Susilo saat berkolaborasi di Arema Cronus ternyata menguntungkan PSM Makassar di pekan keempat BRI Liga 1.

Kemenangan Juku Eja atas Macan Putih 3-2 berkat kepiawaian Milo membaca dan mematahkan taktik yang dipakai Joko Susilo sepanjang pertandingan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021).

Karena Milo paham betul karakter pribadi dan ilmu Joko Susilo, dia meracik permainan Wiljan Pluim dkk. berbeda dibanding tiga pertandingan lalu.

Tak ada permainan keras dan militan seperti ditunjukkan anak-anak PSM kala melawan Madura United, Arema FC, dan Persebaya.

Bahkan pemain Makasar lebih banyak menunggu dan menutup ruang. Sehingga penggawa Persik kesulitan mengalirkan bola ke depan.

PSM Makassar hanya sesekali melakukan takling keras di daerah pertahanan lawan dan tengah lapangan saat kehilangan bola. Cara ini selain menghambat laju serangan juga menurunkan tempo permainan Persik.

2 dari 4 halaman

Serangan Balik

Rasyid Bakri, Ilham Udin Armaiyn, Yakob Sayuri, dan Sutanto Tan jadi tukang jagal di tengah. Dua bek Zulkifli Syukur dan Abdul Rahman juga sukses mematikan gerakan sayap Persik tanpa berisiko bagi pertahanan PSM Makassar.

PSM baru menggempur Persik dengan serangan balik cepat. Berikutnya, mereka tetap disiplin menjaga daerah dan lawan dengan tempo lamban.

"Saya tahu Joko Susilo cerdik dan pintar. Saya tahu taktik dan gaya main yang akan diterapkan Joko. Makanya, saya ubah gaya main PSM tidak seperti pertandingan sebelumnya," kata Milo saat sesi jumpa media usai menggebuk Persik.

3 dari 4 halaman

Optimistis

Terkait penampilan Anco Jansen dan Ilham Udin Armaiyin yang sama-sama sudah mengoleksi tiga gol buat PSM, Milo tanya sungkan melontarkan pujiannya.

"Jansen sudah menunjukkan dirinya sebagai pemain profesional untuk mengembalikan kebugaran dan sentuhannya. Penampilannya semakin baik dari laga ke laga. Begitu pun dengan Ilham Udin."

Milo pun optimis penampilan PSM bakal lebih baik pada laga selanjutnya. Itu karena persaingan sehat antarpemain untuk mendapatkan menit bermain kian ketat dengan kehadiran tiga pemain anyar yakni Fajar Handika, Serif Hasic dan Bektur Talgat Uulu.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer