Timnas Indonesia Tak Masuk Hitungan, Final Impian Piala AFF 2020 Diprediksi Thailand Vs Vietnam

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Sep 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 16:00 WIB
Foto: Imbangi Skuat Gajah Putih, Timnas Garuda Raih Poin Pertamanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia
Kedudukan imbang 2-2 ini tak berubah hingga peluit panjang akhir pertandingan berbunyi. Skor imbang ini membawa Indonesia memperoleh angka pertamanya di Grup pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selanjutnya Timnas Garuda akan berhadapan melawan Vietnam, Senin (7/6/2021). (Foto: Dok. PSSI)

Bola.com, Bangkok - Mantan pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, tak memasukkan Timnas Indonesia sebagai pesaing gelar di Piala AFF 2020. Menurut Kiatisuk Senamuang, final impian dari turnamen dua tahunan itu adalah Timnas Thailand melawan Vietnam.

Prakiraan itu disampaikan Kiatisuk Senamuang setelah menganalisis peta persaingan di Grup A dan Grup B. Kiatisuk Senamuang menyebut, Grup A yang dihuni Thailand relatif lebih mudah ketimbang persaingan di Grup B yang melibatkan Vietnam, Malaysia, dan Timnas Indonesia.

"Grup A lebih mudah daripada Grup B. Vietnam akan menghadapi beberapa tantangan yang berada di grup sama dengan Malaysia dan Indonesia," kata Kiatisuk Senamuang kepada Thai Rath.

Pertimbangan itulah yang membuat Kiatisuk Senamuang menjagokan Thailand lolos ke final dan meraih gelar juara. Piala AFF 2020 disebut Kiatisuk Senamuang sebagai momentum bagi tim berjulukan Gajah Perang untuk kembali merasakan gelar juara.

"Saya yakin Thailand akan lolos ke final. Tim harus memenangi gelar untuk fans. Itu sangat penting. Saya sangat ingin Vietnam menjadi lawan Thailand di final dan ini akan menjadi pertandingan impian," tegas Kiatisuk Senamuang.

Thailand terakhir juara Piala AFF pada edisi 2016. Ketika itu, Thailand yang diasuh Kiatisuk Senamuang mengalahkan Timnas Indonesia di final dengan agregat 3-2.

2 dari 3 halaman

Didukung Sejarah

Timnas Indonesia
Eko Purjianto menghadang Lee Cong Vinh di depan Hendro Kartiko saat melawan Vietnam di penyisihan grup Piala AFF 2004. (AFP/Hoang Dinh Nam)

Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020 bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Hasil ini menjadi deja vu buat Tim Garuda.

Timnas Indonesia selalu punya tradisi bagus bila bermain satu grup dengan Vietnam, Kamboja, dan Laos di Piala AFF. Hal itu terjadi pada edisi 1996 dan 2004.

Ketika itu, Timnas Indonesia juga bermain satu grup dengan ketiga negara tersebut. Adapun satu negara sisanya adalah Myanmar (1996) dan Singapura (2004).

Dalam dua edisi tersebut, Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak gugur dengan status juara grup. Uniknya, dalam dua edisi tersebut laju Timnas Indonesia selalu mulus, yakni tanpa kekalahan dalam empat pertandingan.

Namun, Timnas Indonesia tetap tak mampu menjadi juara pada Piala AFF. Ketika itu, Timnas Indonesia hanya menembus semifinal (1996) dan final (2004) turnamen yang awalnya memiliki sebutan Piala Tiger itu.

Meski demikian, catatan tersebut tidak bisa dijadikan acuan pada Piala AFF 2020. Apalagi Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia yang selama ini selalu menjadi batu sandungan.

3 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Undian Piala AFF 2020

AFF - Drawing Piala AFF 2020
AFF - Drawing Piala AFF 2020 (Bola.com/Adreanus Titus)
Lanjutkan Membaca ↓