Reaksi Angelo Alessio Setelah Timnas Indonesia Panggil 3 Pemain Persija di Luar International Break, di Eropa Tidak Ada

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 25 Sep 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 18:00 WIB
BRI Liga 1 2021: Persija Jakarta vs PSIS Semarang
Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio saat melawan PSIS Semarang dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (12/9/2021). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Foto: Bola.Com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bogor - Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio, merespons pemanggilan tiga pemainnya ke pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia di luar jeda internasional.

Tiga pemain Persija yang ditarik ke Timnas Indonesia adalah Osvaldo Haay, Taufik Hidayat, dan Braif Fatari.

Timnas Indonesia tengah menggelar pemusatan latihan pada 19-30 September 2021 sebagai persiapan untuk Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada bulan depan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 36 pemain untuk training centre itu.

Kegiatan Timnas Indonesia tersebut tidak berlangsung pada international break sesuai Kalender FIFA 2021.

Jeda internasional terdekat untuk anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Kalender FIFA baru dijadwalkan pada 4-12 Oktober 2021.

2 dari 4 halaman

Alessio Legawa

Pelatih Persija, Angelo Alessio.
Pelatih Persija, Angelo Alessio. (Media Persija).

Kondisi ini tidak terjadi di Eropa terutama di Italia, negara asal Alessio. Arsitek berusia 56 tahun itu tentu tidak terbiasa dengan pemanggilan pemainnya ke timnas bukan di jeda internasional dan ketika kompetisi masih berjalan.

Untungnya, Alessio memaklumi situasi ini. Bekas tangan kanan Antonio Conte itu menghargai kebijakan Timnas Indonesia yang berbeda dari mayoritas timnas-timnas lainnya.

Timnas Indonesia juga telah memulangkan Osvaldo Haay, Taufik Hidayat, dan Braif Fatari ke Persija untuk sementara waktu supaya dapat bermain di BRI Liga 1 2021/2022 melawan Persela Lamongan, Jumat (24/9/2021).

"Saya harus menghormati setiap peraturannya. Setiap negara mempunya peraturan tersendiri. Saya respect dengan itu," kata Alessio pada konferensi pers virtual setelah bertanding melawan Persela.

3 dari 4 halaman

Main Kurang Maksimal

Foto: Jinakkan Persela Lamongan 2-1, Persija Jakarta Raih Kemenangan Pertama di BRI Liga 1 2021 / 2022
Sejumlah pemain Persija Jakarta berusaha menghalau bola saat melawan Persela Lamongan dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/09/2021). Persija menang 2-1. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dua dari tiga pemain Persija di Timnas Indonesia dimainkan Alessio ketika menang 2-1 atas Persela di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Keduanya adalah Osvaldo Haay dan Taufik Hidayat.

Osvaldo Haay dan Taufik Hidayat kembali ke Persija setelah beberapa hari mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Adapun, Braif Fatari tidak dapat bergabung dengan Persija karena sedang berduka setelah ibunya meninggal dunia.

Alessio menurunkan Osvaldo Haay dan Taufik Hidayat sebagai starter. Namun, keduanya kurang bermain maksimal dan diganti pada paruh kedua.

4 dari 4 halaman

Klasemen Persija di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓
Half Time Show, Persaingan Tak Biasa BRI Liga 1 dan Kembalinya Timnas Indonesia