3 Pemain Barito Putera yang Bisa Menghentikan Tren Positif PSM: Waspada Ledakan Aleksandar Rakic

Oleh Abdi Satria pada 27 Sep 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 07:30 WIB
Barito Putera Logo
Barito Putera Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Barito Putera tengah terpuruk di dasar klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. Dari empat laga yang telah mereka mainkan, Laskar Antasari baru meraih satu poin dari hasil imbang dengan Borneo FC. Selebihnya, tim asuhan Djajang Nurjaman tak berdaya ditangan Persib Bandung, Bali United dan Persikabo 1973.

Raihan minor ini membuat tim kebanggaan masyarakat Banjarmasin ini berada dalam tekanan besar saat menghadapi PSM Makassar pada laga pekan keempat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (27/9/2021).

Meski calon lawan mereka tengah berada di zona degradasi, pelatih PSM, Milomir Seslija merasa perlu mengingatkan para pemainnya agar mewaspadai kebangkitan Barito Putera pada laga nanti. Apalagi, kalau menilik lawan yang telah dihadapi Barito, semuanya termasuk tim papan atas yang dijagokan bakal jadi penghuni lima besar klasemen pada akhir musim ini.

"Barito memiliki pemain depan dengan kualitas bagus di BRI Liga 1. Mereka pun tampil aktraktif dalam melakukan serangan. Sayang, mereka tak berhasil memanfaatkan semua peluang yang tercipta," ujar Milo, sapaan akrabnya, pada sesi jumpa media, Minggu (26/9/2021).

Apalagi, meski sedang bertengger di peringkat tiga klasemen, lini belakang PSM memiliki celah yang bisa dimanfaatkan Barito. Dimana pada setiap laga, gawang Juku Eja selalu kebobolan.

Total dari dari empat laga, gawang PSM sudah lima kali jebol. Milo pun tanpa sungkan menunjuk tiga nama yang berpotensi mengejutkan timnya yakni Rizky Pora, Aleksandar Rakic dan Ambrizal Umanailo.

Mampukah tiga nama yang disebut Milo jadi momok menakutkan PSM Makassar pada laga nanti? Berikut profil singkat mereka yang dirangkum Bola.com dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

1. Aleksandar Rakic

Aleksandar Rakic
Striker Barito Putera, Aleksandar Rakic. (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Sebelum berkostum Barito Putera, Aleksandar Rakic pernah menjadi bagian PS Tira (kini Persikabo 1973) dan Madura United di kompetisi kasta tertinggi tanah air. Prestasi terbaiknya adalah menjadi top skorer Liga 1 2018 dengan koleksi 21 gol.

Musim ini, Rakic baru satu kali menjebol gawang lawan yakni ketika Barito takluk ditangan Bali United pada pekan kedua, 11 September lalu.

Rakic bisa jadi mimpi buruk buat PSM kalau mendapat ruang dan peluang mencetak gol. Ia pernah melakukannya ke gawang PSM pada Liga 1 2018 saat memperkuat PS Tira.

Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 21 April 2018, Rakic memborong tiga gol timnya pada laga yang berkesudahan 4-3 buat PSM itu. Pada pertemuan kedua di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, 19 September 2018, Rakic kembali mencetak gol buat PS Tira di laga yang dimenangkan PSM dengan skor 2-1 itu.

 

3 dari 5 halaman

2. Rizky Pora

Foto: Persikabo 1973 Petik Kemenangan Pertama usai Menang Telak 3-0 atas Barito Putera dalam BRI Liga 1 2021 / 2022
Pemain Barito Putera, Rizky Pora tampak lesu usai ditaklukkan Persikabo 1973 dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/9/2021). Barito Putera kalah 0-3. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rizky Pora sudah bergabung di Barito Putera sudah bergabung di Barito sejak 2013. Sejauh ini, pria kelahiran Ternate, 22 November 1989 ini sudah tampil bersama 150 kali bersama Barito dengan koleksi 26 gol. Meski belum berhasil membawa Barito Putera meraih trofi juara, nama Rizky pantas masuk dalam daftar gelandang terbaik tanah air. Prestasi terbaiknya adalah meraih penghargaan individu sebagai pencetak assist terbanyak pada Liga 1 2018 dan 2019.

Di level timnas, Rizky melakoni debutnya bersama skuad Garuda ketika berujicoba dengan Pakistan, 21 Juni 2014. Dua tahun kemudian, ia menjadi bagian skuad timnas Indonesia yang menembus final Piala AFF 2016.

Kelebihan yang menonjol dari Rizky saat beraksi di lapangan adalah kecepatan dalam menggiring bola dan melewati lawan serta umpan silangnya yang akurat. Ia pun dikenal piawai dalam mengeksekusi bola mati.

 

4 dari 5 halaman

3. Ambrizal Umanailo

Ambrizal Umanailo
Gelandang Barito Putera, Ambrizal Umanailo, mencoba melewati pergerakan pemain PSIS Semarang. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Ambrizal Umanailo menjadi bagian Barito Putera pada 2020. Sebelumnya, ia pernah berkostum Villa 2000, Persija Jakarta dan Borneo FC. Sebagai penyerang sayap, Umanailo dikenal memiliki kecepatan saat melakukan penetrasi di area pertahan lawan. Ia menunjukkannya ketika tampil dalam 43 laga bersama Persija serta 61 partai dengan Borneo di kompetisi kasta tertinggi.

Kelebihan pria kelahiran 12 Juni 1996 ini bisa jadi bencana buat PSM pada laga nanti. Apalagi, kemampuan dua bek sayap Juku Eja, Zulkifli Syukur dan Abdul Rachman tidak sebaik dulu lagi karena termakan usia.

5 dari 5 halaman

Persaingan BRI Liga 1 2021/2022

Lanjutkan Membaca ↓