Sukses


APPI Sebut PSSI Menjamin Pembayaran Tunggakan Gaji 3 Klub Liga 2

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) mengonfirmasi sebanyak tiga klub Liga 2 2021/2022 belum menyelesaikan kewajiban membayar gaji pemain. APPI menyebut, pihaknya mendapatkan jaminan dari PSSI terkait penyelesaian masalah tersebut.

APPI mengonfirmasi, PSSI memberikan jaminan akan menyelesaikan tunggakan gaji pemain dari tiga klub Liga 2 2021/2022, yakni Persijap Jepara, PSKC Cimahi, dan Persekat Tegal. Mekanisme pembayaran nantinya akan dilakukan dengan cara memotong dana subsidi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"APPI telah menerima korespondensi dari pihak federasi (PSSI), yakni mengenai upaya pembayaran untuk para pesepak bola dari Klub Persijap Jepara, PSKC Cimahi dan Persekat," bunyi pernyataan resmi APPI.

"Di mana PSSI akan menjamin pembayaran tunggakan melalui pemotongan subsidi dari PT Liga Indonesia Baru, selaku Operator dari kompetisi Liga 2 2021/2022," lanjut pernyataan tersebut.

Dengan adanya jaminan pembayaran dari PSSI, bisa dipastikan ketiga klub tersebut diperbolehkan untuk mengikuti Liga 2 2021/2022. Namun, APPI tetap berharap adanya itikad baik dari klub-klub tersebut untuk segera menyelesaikan masalah sesegera mungkin.

"Kembali kami sampaikan, putusan-putusan NDRC Indonesia yang dimaksud di atas sifatnya adalah berkekuatan hukum tetap, yang seharusnya dihormati dan dijalankan oleh para pihak, dan juga seharusnya merupakan salah satu syarat utama dalam verifikasi keikutsertaan klub-klub dalam penyelenggaraan Liga 2, seperti halnya yang telah dilakukan pada penyelenggaraaan Liga 1 sebelumnya," tutup pernyataan APPI.

2 dari 3 halaman

Tunggu Komitmen

Sementara itu, APPI masih menunggu komitmen klub Liga 2 lainnya yakni Persis Solo dalam menyelesaikan tunggakan gaji pemain. Sebanyak 18 pemain yang gajinya masih ditunggak Persis diketahui karena tidak memiliki salinan kontrak.

"APPI juga kembali mengingatkan klub Persis Solo masih juga belum menyelesaikan tunggakan gaji pemain nya. Ke-18 pesepakbola yang masih ditunggak oleh Persis Solo tersebut, masih terkatung-katung nasibnya dikarenakan tidak memiliki salinan kontrak, sehingga gugatan mereka terhadap Klub Persis Solo di NDRC Indonesia, masih belum dapat diterima," bunyi pernyataan APPI.

APPI berharap, masalah yang dialami 18 pemain Persis Solo bisa menjadi pelajaran. Agar pada kemudian hari tidak terjadi lagi adanya penunggakan gaji karena tidak memiliki salinan kontrak.

3 dari 3 halaman

Sudah Bergulir

Liga 2 2021/2022 sudah dimulai sejak Minggu (26/9/2021). Pada pekan pertama ini, giliran klub dari Grup B dan C yang akan bertanding.

Liga 2 diikuti 24 klub yang terbagi dalam empat grup. Masing-masing grup dihuni oleh empat tim.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan lolos ke babak kedua Liga 2 2021/2022. Nantinya, mereka akan bersaing untuk bisa meraih tiga tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Video Populer

Foto Populer