BRI Liga 1: Persela Anggap Duel Kontra Persiraja Merupakan Pertarungan Tekad

Oleh Wahyu Pratama pada 28 Sep 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 11:00 WIB
BRI Liga 1 2021: Persija Jakarta vs Persela Lamongan
Penyerang Persela Lamongan, Ivan Carlos melepaskan sundulan yang berbuah gol ke gawang Persija Jakarta dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/09/2021). Persela kalah 1-2. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, menganggap pertandingan menghadapi Persiraja Banda Aceh merupakan pertarungan tekad. Kebetulan, kedua tim sama-sama tercecer di zona degradasi dengan raihan tiga poin dari empat laga perdana.

Pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (28/9/2021) sore WIB, dipastikan bakal jadi duel yang sengit. Satu kemenangan lainnya akan sangat berarti bagi kedua tim untuk keluar dari keterpurukan.

"Barangkali semua sepakat bila Persiraja adalah sebuah tim yang tak bisa dianggap remeh. Mereka punya karakter yang cukup kuat dalam hal militansi. Jadi rasanya perlu kerja keras untuk menggapai poin maksimal saat ketemu mereka dan ini bukan hal mudah," ungkap Iwan Setiawan.

Dalam laga itu, Persiraja dipastikan tampil tanpa Paulo Henrique. Pencetak gol terbanyak di BRI Liga 1 ini harus absen karena akumulasi kartu lantaran telah mengantongi tiga kartu kuning.

Meski begitu, Iwan Setiawan tidak mau menganggap remeh tim lawan. Menurutnya, masih banyak pemain Persiraja Banda Aceh yang berpeluang menyakiti Persela Lamongan dalam laga nanti.

"Persiraja bukan hanya dia. Ada beberapa pemain lain, seperti Defri Rizky yang selalu jadi penyuplai bola yang baik. Seorang Fullback kanan, saya ingat dia menciptakan dua atau tiga assist untuk Henrique. Poin-poin ini yang perlu diwaspadai dari Persiraja," jelas pelatih Persela Lamongan itu.

 

2 dari 4 halaman

Memuji Karakter Permainan Persiraja

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Persib Bandung pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat, (2/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih kelahiran Aceh ini tentu paham betul bagaimana karakter permainan klub dari kota asalnya ini. Apalagi sosok Hendri Susilo pula yang membawa Persiraja meraih tiket promosi ke Liga 1.

Sebagai pelatih yang lebih senior, Iwan Setiawan tak sungkan memuji Hendri Susilo. Baginya, karakter orang-orang Aceh berhasil terlihat jelas dalam gaya permainan Persiraja saat ini.

"Saya melihat saat Persiraja berhasil promosi ke Liga 1, gaya permainan Persiraja di tangan Hendri Susilo itu menurut saya kuat sekali chemistry-nya dengan karakter orang Aceh," ujar Iwan memuji Hendri Susilo.

"Kekuatan tim ini adalah punya jiwa militansi yang luar biasa. Makanya jangan heran perang terpanjang adalah Perang Aceh, dari 1873 sampai 1904. Orang Aceh adalah tipikal orang yang suka 'perang'. Jadi konflik adalah hal yang biasa untuk orang Aceh," jelas pelatih Persela Lamongan itu.

 

3 dari 4 halaman

Persela Dituntut Tampil Tanpa Beban

BRI Liga 1 2021: Persija Jakarta vs Persela Lamongan
Gelandang Persela Lamongan, Ahmad Bustomi menggiring bola saat melawan Persija Jakarta dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/09/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mengingat betapa penting pertandingan ini bagi nasib kedua tim, tentu tekanan mental bakal menghinggapi penggawa Persela Lamongan. Namun, bagi Iwan Setiawan, kedua tim memiliki peluang yang sama besar untuk memenangkan pertandingan.

Peluang memenangkan pertandingan bakal berkurang jika anak asuhnya malah terbebani sebelum laga. Iwan Setiawan berharap anak asuhnya menyiapkan mental mereka bertarung dengan spartan menghadapi Persiraja.

"Saya sampaikan kepada tim, hati-hati untuk laga nanti. Orang Aceh punya tipikal yang cepat dan tidak mau kalah. Mereka punya daya juang hebat. Artinya, Persela juga harus bisa mengimbangi itu," terang Iwan.

"Jadi paling tidak nilai motivasinya sama-sama tinggi. Tinggal kita beradu dalam hal taktikal. Siapa yang lebih baik, lebih fokus, dan lebih siap, itu yang akan memenangkan pertandingan," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persela di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓
Seri 4 BRI Liga 1 Akan Digelar di Bali, Sudah Boleh Ada Penonton di Stadion?