Indonesia Gigit Jari, Singapura Resmi Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 28 Sep 2021, 19:42 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 19:46 WIB
Piala AFF
Ilustrasi trofi Piala AFF (dok. Piala AFF)

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), menunjuk Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020. Turnamen tersebut akan digelar pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Penunjukkan Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 diambil melalui diskusi panjang. Presiden AFF, Khiev Sameth, mengaku pihaknya mendapatkan banyak tawaran dari negara-negara anggota AFF.

Indonesia dan Kamboja sempat menyatakan ketertarikan sebagai tuan rumah. Namun, AFF akhirnya menunjuk Singapura karena dianggap sebagai negara yang paling siap menggelar turnamen dua tahunan tersebut dan efektif dalam memerangi pandemi COVID-19.

"Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala AFF 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari Asosiasi Anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilihnya," kata Khiev Sameth.

"Dengan prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat, pada akhirnya ini adalah faktor penentu saat menilai tawaran. Kami sangat berterima kasih kepada semua Asosiasi Anggota yang telah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah pada masa-masa penuh tantangan ini," tegas Khiev Sameth.

Presiden Federasi Sepak Bola Singapura (FAS), Lim Kia Tong, berterima kasih kepada AFF atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Lim Kia Tong menegaskan, pihaknya akan berusaha sekeras tenaga untuk menyukseskan turnamen bergengsi di Asia Tenggara itu.

"Kami dengan rendah hati telah dipilih AFF sebagai tuan rumah terpusat untuk Piala AFF 2020 yang bergengsi mulai Desember ini. Kami berterima kasih atas kesempatan emas ini dan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh AFF," ucap Lim Kia Tong.

2 dari 3 halaman

Jamin Keselamatan

Stadion Nasional Singapura
Suasana tampak luar dari Stadion Nasional di Singapura, Kamis (8/11). Stadion ini akan menggelar laga Piala AFF 2018 antara Singapura melawan Timnas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Lim Kia Tong juga menyebut, kepercayaan yang diberikan kepada Singapura sebagai tuan rumah Piala AFF 2020 menjadi tantangan untuk mereka. Singapura berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan semua pihak yang terlibat pada turnamen nanti.

"Kerja keras dimulai dari sekarang dan kami akan melakukan segala daya bekerja sama dengan AFF dan pemerintah Singapura untuk memastikan acara yang aman dan terjamin untuk semua peserta, ofisial, dan suporter sepak bola ASEAN," ujar Lim Kia Tong.

Ini menjadi edisi keenam bagi Singapura menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Sebelumnya, Singapura pernah menggelar event tersebut pada 1996, 2002 (bersama Indonesia), 2007 (bersama Thailand), serta 2014 (bersama Vietnam).

3 dari 3 halaman

Format Baru

Timnas Indonesia Vs Timor Leste
Bek Timnas Indonesia, Gavin Kwan, bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Piala AFF 2020 akan menggunakan format baru yakni terpusat di Singapura. Namun, setiap tim pada masing-masing grup akan memainkan empat pertandingan degan sistem round robin.

Adapun pada fase gugur seperti semifinal dan final akan dimainkan dalam format dua leg. Seluruh pertandingan akan digelar di Singapura untuk mengantisipasi pandemi COVID-19.

AFF sejauh ini belum mengonfirmasi adanya keterlibatan penonton dalam laga Piala AFF 2020. Menarik untuk menanti event bergengsi antarnegara Asia Tenggara itu.

Lanjutkan Membaca ↓