BRI Liga 1: Pelatih Persela Buka-bukaan Resep Jinakkan Persiraja

Oleh Wahyu Pratama pada 28 Sep 2021, 21:05 WIB
Diperbarui 28 Sep 2021, 21:25 WIB
Foto: Gol Tunggal Gian Zola Tentukan Kemenangan Persela dan Benamkan Persiraja di Dasar Klasemen BRI Liga 1
Gol tunggal Gian Zola mengantarkan Persela Lamongan memetik poin penuh atas Persiraja Banda Aceh dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 2021/2022 di Stadion pakansari, Bogor, Selasa (28/9/2021). Persela sementara menempati posisi 9 sedangkan Persiraja di posisi juru kunci. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan berhasil meraih kemenangan penting atas Persiraja Banda Aceh. Gol tunggal Gian Zola sudah cukup memberikan tiga angka sempurna bagi klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (28/9/2021), kedua tim sebetulnya sama-sama bermain terbuka. Rentetan peluang berhasil diciptakan kedua tim sepanjang pertandingan meski hanya satu gol saja yang tercipta.

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, bersyukur bisa memenangi pertarungan ketat ini. Pria asal Aceh itu memuji kekompakan anak asuhnya yang sanggup tampil solid terutama setelah timnya mendapat gol di pertengahan babak pertama.

"Alhamdulillah Allah memberikan rezeki untuk kami, sehingga bisa meraih poin penuh lawan Persiraja. Saya pikir kuncinya adalah pemain diisplin menjaga zona mereka," ujarnya.

Kemenangan ini berarti sangat banyak bagi Persela Lamongan sebab akhirnya mampu keluar dari zona merah. Raihan enam poin cukup untuk membawa mereka menembus posisi 10 besar.

"Anak-anak secara mentalitas terlihat memiliki keinginan tidak mau kalah yang tinggi. Itu jadi modal penting bagi kami untuk bisa lebih baik lagi," Iwan Setiawan menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Terlihat Cerewet Sepanjang Pertandingan

BRI Liga 1 2021: Persela Lamongan vs Persiraja Banda Aceh
Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan saat melawan Persiraja Banda Aceh dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (28/9/2021). Persela menang 1-0. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Walaupun berhasil meraih kemenangan kedua di pentas BRI Liga 1 2021/22, pelatih asal Aceh tersebut belum puas. Menurutnya masih banyak kelemahan yang diperlihatkan Demerson Bruno dkk.

Faktor itulah yang membuatnya kerap terlihat memberikan perintah di pinggir lapangan. Iwan Setiawan terus mengingatkan anak asuhnya untuk tetap menjalankan strategi yang harus diterapkan.

"Memang cukup sering teriak. Secara teknis, mestinya tim kami lebih tinggi dalam melakukan pressing. Tetapi mungkin karena kondisi Persiraja ingin mengejar ketertinggalan, akhirnya line defend turun ke bawah," ungkapnya.

Beruntung, Laskar Rencong, julukan Persiraja tak bisa memanfaatkannya. Hingga akhir laga, keunggulan satu gol mampu dijaga oleh pasukan Persela.

"Karena hal itulah, tim kelihatan panik. Tapi memang untung saja, saya melihat tim ini punya compact defence. Itu tentu harus diapresiasi. Tetapi memang tadi garis pertahanan sedikit terlalu ke bawah," paparnya.

 

3 dari 4 halaman

Penyelesaian Akhir Jadi Prioritas Pembenahan

Foto: Gol Tunggal Gian Zola Tentukan Kemenangan Persela dan Benamkan Persiraja di Dasar Klasemen BRI Liga 1
Pemain Persela Lamongan, Gian Zola (bawah) bersama rekan setim melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (28/9/2021). Persela menang 1-0. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

Kembali menang dengan skor minimalis membuat pelatih berusia 63 tahun ini tak habis pikir. Sepanjang pertandingan Ivan Carlos dan kawan-kawan berhasil melesatkan delapan kali tembakan ke arah gawang.

Apalagi rapor Persiraja dalam beberapa laga sebelumnya terhitung buruk. Mereka menjadi tim yang paling sering kebobolan dan hal itu rupanya tak bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh lini serang Persela.

"Kami bersyukur bisa memenangkan laga. Tetapi di sisi lain, masih ada pekerjaan rumah yakni masalah finishing touch. Ini jadi masalah yang belum selesai," kata Iwan Setiawan.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut berharap kelemahan ini bisa diperbaiki di laga pamungkas series pertama. Persela bakal menghadapi Arema FC di akhir pekan nanti.

"Itu terbukti kami banyak peluang dan tak bisa menjadi gol (lain). Semoga bisa diperbaiki dengan sisa waktu yang ada (sebelum laga terakhir series pertama)," tandasnya. 

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Persela

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait