Sukses


Duel Antarlini PSIS vs Madura United di BRI Liga 1: Pertarungan Menarik Mahesa Jenar Kontra Laskar Sape Kerap

Bola.com, Jakarta - Madura United sedang dalam kepercayaan diri tinggi dalam persaingan BRI Liga 1 2021/2022 setelah menang pekan lalu. Kali ini, mereka bakal berhadapan dengan PSIS Semarang pada laga pekan kelima di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (29/9/2021).

Penampilan PSIS sendiri menjadi kejutan karena mampu bertahan di papan atas sampai empat pekan. Laskar Mahesa Jenar termasuk satu dari lima tim yang belum terkalahkan di kompetisi kasta teratas musim ini.

Hal itu berbeda dengan Madura United yang sempat kesulitan mendapat poin lantaran gagal menang di tiga laga awal. Laskar Sape Kerap juga tercatat baru mengoleksi lima angka dari empat pertandingan yang telah dijalani.

Dari catatan pertemuan, kedua tim telah saling berhadapan sebanyak empat kali sejak 2018. Hasilnya, Madura United lebih unggul dengan memenangi dua laga, sedangkan dua laga sisanya berakhir imbang.

Tapi, performa terakhir kedua tim membuat PSIS lebih diunggulkan karena belum pernah menyentuh kekalahan. Madura United juga belum stabil dalam jalur kemenangan di BRI Liga 1 musim ini.

Para pemain kedua tim diprediksi akan berjuang ngotot untuk memenangkan pertandingan dengan misi masing-masing. Duel antarlini PSIS kontra Madura United diprediksi akan berjalan ketat dalam pertandingan ini.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

PSIS Semarang kemungkinan bakal menurunkan Joko Ribowo di bawah mistar nanti. Kiper satu ini tampil melawan Arema FC sebagai pengganti lantaran Jandia Eka Putra yang merupakan penjaga gawang utama mengalami cedera pekan lalu.

Penampilan Joko Ribowo cukup cemerlang dengan segudang pengalamannya di kompetisi kasta tertinggi. Itu terbukti dengan hasil cleansheet yang mampu dicetaknya pekan lalu saat bermain imbang 0-0 melawan Arema.

Sedangkan Madura United masih akan mengandalkan nama Muhammad Ridho sebagai kiper senior yang sarat pengalaman. Dia merupakan satu di antara penjaga gawang dengan reflek yang luar biasa dalam menghalau tembakan lawan.

Ridho juga mampu membuat gawangnya tidak kebobolan saat timnya menang 1-0 kontra PSS Sleman pekan lalu.

 

3 dari 6 halaman

Bek

Komposisi barisan pertahanan PSIS Semarang tampaknya tidak akan berubah dengan mengandalkan empat bek. Mereka adalah Pratama Arhan, Wallace Costa, Alfeandra Dewangga, Fredyan Wahyu.

Keempatnya kompak menjaga pertahanan dan menghalau serangan lawan. Nama-nama itu berjasa membuat PSIS hanya kebobolan tiga gol dalam empat pertandingan BRI Liga 1.

Sedangkan Madura United memiliki sosok Novan Setya Sasongko, Jaimerson Xavier, Fachruddin Aryanto, dan Dodi Alekvan Djin. Mereka juga secara reguler menjaga pertahanan Laskar Sape Kerap hingga mampu bangkit memetik kemenangan perdana pekan lalu.

 

4 dari 6 halaman

Gelandang

PSIS memiliki empat pemain di lini tengah dalam formasi 4-4-1-1. Di antaranya adalah Finky Pasamba, Fandi Eko Utomo, Riyan Ardiansyah, dan Septian David Maulana, yang memiliki tugas di masing-masing posisi.

Finky dan Septian bisa ditempatkan di sayap untuk mencari celah lewat serangan umpan silang. Sedangkan Fandi dan Riyan menjaga keseimbangan sekaligus mengalirkan bola dari belakang ke depan, atau sesekali melepas tembakan dari jarak jauh.

Komposisi lini tengah Madura United dihuni oleh tiga pemain yang dua di antaranya adalah pemain asing. Mereka adalah Kim Jin-sung, Hugo Gomes Jaja, dan Slamet Nurcahyo.

Ketiganya memiliki karakter yang berbeda. Kim berada di gelandang bertahan mematahkan serangan lawan. Jaja dan Slamet sebenarnya sama-sama pengatur serangan. Bedanya, peran itu lebih dominan menjadi milik Jaja, sedangkan Slamet yang gaek menjaga keseimbangan lini tengah.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Dua penyerang PSIS memiliki karakter yang berbeda dalam pertandingan terakhir. Sosok Jonathan Cantillana bisa diturunkan sebagai gelandang serang maupun penyerang lubang yang memecahkan konsentrasi pemain belakang lawan.

Lalu, masih ada striker Hari Nur Yulianto yang menjadi ujung tombak serangan. Dia merupakan penyerang lokal yang mampu mencari celah menyembah sebelum akhirnya berbuah gol.

Sedangkan komposisi trisula Madura United kemungkinan bakal dihuni oleh Silvio Escobar, Rafael Silva, dan Ronaldo Kwateh. Kinerja Rafael akan dibantu oleh Jaja, selain Escobar dan Ronaldo yang juga menjadi alternatif di sisi sayap.

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi Madura United dan PSIS Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer