Sukses


Hasil BRI Liga 1: Yes Arema Akhirnya Menang! Gol Tunggal Carlos Fortes Bawa Singo Edan Bungkam Persipura

Bola.com, Jakarta - Arema FC berhasil mengamankan kemenangan perdana dalam lanjutan pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022. Tim Singo Edan-julukan Arema mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 1-0 di Stadion Madya, Senayan Jakarta, Rabu (29/9/2021). Satu-satunya gol Arema dicetak Carlos Fortes.  

Arema FC langsung membuka keunggulan saat laga baru berjalan enam menit. Berawal dari skema tendangan bebas, bola sundulan Sergio Silva sempat membentur mistar gawang.

Carlos Fortes mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan bola liar kemelut di depan gawang Persipura. Gol ini sekaligus menjadi catatan pertama bagi Carlos Fortes bersama Arema dalam lima pertandingan terakhir.

Kebobolan cepat membuat Persipura meningkat intensitas serangannya. Upaya kerjasama apik antara Rivaldo Ferre dan Yohanes Pahabol masih diamankan oleh lini belakang Arema dan kiper Adilson Maringa.

Arema membombardir pertahanan Persipura di menit 20. Dua kali peluang telak didapatkan Dedik Setiawan di depan gawang. Peluang pertama mengenai tiang, dan yang kedua jauh melebar dari sasaran. Arema benar

Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan Arema saat Dedik Setiawan kembali mengancam gawang Persipura. Beruntung bola tendangan maupun sundulannya sedikit melebar dari sasaran.

Kushedya Hari Yudo ikut mengancam pertahanan Persipura di menit ke-40. Aksinya dari sisi kiri diakhiri tendangan kaki kanan, namun belum menemui target. Persipura lebih banyak tertekan hampir di sepanjang babak pertama.

Lini belakang Persipura berhasil melakukan penyelamatan di akhir babak pertama, ketika Carlos Fortes nyaris mencetak gol keduanya. Arema mampu mempertahankan keunggulannya di 45 menit pertama.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Arema FC tak mengendurkan serangannya ke pertahanan Persipura. Daya gedor Arema ditambah dengan masuknya M. Rafli dan ikut mengancam lini belakang Persipura.

Persipura perlahan mulai mencari peluang lewat aksi Pahabol di menit ke-54. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat digagalkan oleh kiper Adilson Maringa dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Gelandang Arema, Jayus Hariono yang masuk di babak kedua ikut mengancam dengan tendangan spekulasi jarak jauh. Namun masih sedikit melebar dari gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Arema punya kesempatan memperbesar keunggulannya di menit ke-64 saat Kushedya Hari Yudo tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Fitrul. Bola masih mengenai kaki Fitrul dan terbuang percuma.

Penjaga gawang Arema, Adilson Maringa sempat mendapat perawatan ketika hendak menepis bola umpan lambung Persipura. Arema kembali menambah kekuatan di lini tengah dengan memasukkan Feby Eka.

Persipura mencoba bangkit di waktu tersisa, satu diantaranya usaha Rivaldo Ferre, meski arah bola belum menemui sasaran. Permainan Persipura sedikit meningkat dengan masuknya gelandang Henrique Marcelino yang membuat lini tengah lebih hidup.

Memasuki menit ke-81, Todd Rivaldo Ferre memaksa kiper Arema, Adilson Maringa menepis bola tendangan kaki kanannya dan menyebabkan tendangan penjuru. Tekanan terus dilancarkan para pemain Persipura di sisa waktu permainan.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, Arema mampu mempertahankan keunggulannya atas Persipura. Hasil yang sekaligus menjadi kemenangan perdana Arema dalam lima laga terakhir dan membuat posisinya naik di urutan ke-10 dengan enam poin. Adapun tim Mutiara Hitam Persipura di urutan ke-15 dengan empat angka.

Di partai berikutnya, Persipura akan melawan Madura United, Minggu (3/10/2021), dan di hari yang sama Arema berduel dengan sesama tim Jawa Timur, Persela Lamongan.

3 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persipura Jayapura (5-4-1): Fitrul Dwi Rustapa (Kiper); Donni Monim, Irsan Lestaluhu, Israel Wamiau, Muhammad Tahir, Ricardo Salampessy (Belakang); Ian Kabes, Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, Riky Kayame (Tengah); Yohanes Pahabol (Depan).

Pelatih: Jacksen F. Tiago.

Arema FC (4-3-3): Adilson Maringa (Kiper); Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi, Johan Ahmad Alfarizi, Sergio Silva (Belakang); Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi Febrianto, Carlos Fortes (Tengah); Dedik Setiawan, Dendi Santoso, Kushedya Hari Yudo (Depan).

Pelatih: Eduardo Almeida.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Arema Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer