Sukses


BRI Liga 1: Persipura Kesulitan Cetak Gol, Jacksen Tiago Tidak Kaget dengan Performa Cemerlang Kiper Asing Arema FC

Bola.com, Jakarta - Kiper Arema FC, Adilson Maringa, menjadi pahlawan kemenangan timnya ketika menghadapi Persipura Jayapura pada pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022, Rabu (29/9/2021). Kiper berusia 31 tahun itu banyak melakukan penyelamatan sehingga Arema FC mempertahankan keunggulan 1-0 hingga laga di Stadion Madya, Senayan, Jakarta itu berakhir.

Performa Adilson Maringa dalam pertandingan tersebut memang menuai banyak pujian. Begitu banyak pujian dari Aremania terlihat di media sosial untuk kiper asing Arema FC itu.

Namun, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, menilai performa Adilson Maringa bukanlah hal yang mengejutkan. Pelatih asal Brasil itu menyebut sudah terbiasa melihat permainan apik kiper asing ketika berkarier di Indonesia.

"Dari dulu, mungkin teman-teman bisa melihat track record yang ada. Saya pelatih asing pertama yang membawa banyak kiper asing. Dulu di Persebaya mendatangkan Zheng Cheng (China). Kemudian di Persipura ada Yoo Jae-hoon (Korea Selatan)," ujar Jacksen.

"Kalau kiper asing yang datang ke sini, pasti lebih menonjol. Dari teknik dasarnya lebih sempurna. Punya pengalaman juga. Jadi tidak ada keraguan soal kiper asing," kata pelatih Persipura Jayapura itu setelah kekalahan timnya dari Arema FC.

Jacksen Tiago mengakui jika Adilson Maringa saat ini menjadi satu di antara kiper terbaik yang ada di Indonesia. Itu sudah menjadi hal yang wajar, karena pemain asing harus punya kualitas lebih bagus.

"Saat ini Indonesia punya Maringa. Kalau dulu punya Yoo Jae-hoon," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Skema Persipura untuk Menaklukkan Adilson Maringa Tak Berjalan Baik

Sudah terbiasa melihat performa bagus seorang kiper asing, Jacksen sebenarnya sudah paham harus bagaimana dalam urusan menjebol gawangnya. Sayang, skema yang dipersiapkan tidak bisa dijalankan oleh pemain Persipura, sehingga tidak ada gol yang berhasil dicetak ke gawang Arema FC.

"Karena kami tidak mampu memanfaatkan kelebihan tim sendiri. Kami sudah sampaikan cara menghadapi kiper seperti itu," tegas mantan striker Petrokimia Putra dan Persebaya Surabaya itu.

Jacksen berharap anak buahnya menyerang dengan bola-bola bawah, tapi justru pemainnya banyak melakukan crossing atau melakukan shooting dengan bola melambung. Dengan postur yang jangkung, Maringa dengan mudah memotong bola-bola itu. Jacksen yakin jika melakukan finishing dengan bola bawah, itu akan lebih sulit diselamatkan.

3 dari 4 halaman

Jadwal Pekan Keenam BRI Liga 1 2021/2022

Sabtu, 2 Oktober 2021

  • 15:15 WIB - Borneo FC vs Persita Tangerang
  • 15:15 WIB - Bali United vs Persikabo 1973
  • 18:15 WIB - Persiraja Banda Aceh vs Persija Jakarta
  • 20:30 WIB - Persib Bandung vs PSM Makassar

Minggu, 3 Oktober 2021

  • 15:15 WIB - Madura United vs Persipura Jayapura
  • 18:15 WIB - Arema FC vs Persela Lamongan
  • 18:15 WIB - Barito Putera vs Bhayangkara FC
  • 18:15 WIB - Persik Kediri vs PSS Sleman
  • 20:30 WIB - Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang
4 dari 4 halaman

Posisi Persipura dan Arema FC di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer