Sukses


Hasil BRI Liga 1: Mantap! Persebaya Bangkit dari Keterpurukan usai Benamkan PSS

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya sukses bangkit dari keterpurukan setelah kalah dalam dua laga beruntun. Mereka memetik tiga angka dengan unggul 3-1 atas PSS Sleman pada pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (29/9/2021) malam.

Tiga gol tim asal Kota Pahlawan itu disumbang oleh dan Ricky Kambuaya (15’) dan dua lainnya diborong Taisei Marukawa (7’ dan 90’). Sedangkan satu gol balasan PSS Sleman disumbang oleh Irfan Jaya pada menit ke-87 lewat sundulan.

Persebaya tidak menunggu lama untuk mengambil inisiatif dalam melakukan serangan. Sejak menit pertama, tim Bajul Ijo berusaha memberi tekanan kepada pertahanan PSS.

Peluang pertama duel ini tercipta saat laga belum genap berjalan dua menit. Winger Persebaya Taisei Marukawa melepas tendangan bebas yang mengarah ke jantung pertahanan. Bola disundul oleh Jose Wilkson, namun mudah ditangkap kiper Ega Rizky.

PSS Sleman tidak ketinggalan dengan turut membalas serangan lewat alur yang rapi. Di menit keenam, peluang pertama Elang Jawa lahir lewat Irfan Bachdim. Dia melepas tendangan bebas langsung mengarah ke gawang yang mampu ditangkap kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Semenit kemudian, Persebaya keluar sebagai tim yang unggul terlebih dahulu. Adalah penyerang sayap asal Jepang Taisei Marukawa yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ketujuh.

Pemain bernomor punggung 10 itu mampu menerima umpan matang yang dikirim oleh bek kanan Ady Setiawan. Marukawa kemudian menembak dari luar kotak penalti dengan sepekan keras mendatar yang gagal dibendung oleh Ega Rizky.

Situasi ini membuat PSS panik dan langsung berusaha tampil lebih agresif. Namun, petaka kembali menghampiri mereka lantaran Persebaya menggandakan kedudukan pada menit ke-15.

Kali ini serangan Persebaya dibangun lewat serangan balik cepat dengan dribel yang dilakukan oleh gelandang Bruno Moreira. Meski dibayangi Bagus Nirwanto, Bruno tetap tenang dan merangsek ke kotak penalti PSS dan mengirim umpan kepada Ricky Kambuaya.

Ricky pun sukses mencatatkan namanya di papan skor karena pertahanan PSS yang kosong. Pemain asal Papua yang pernah membela PSSI itu memilih tidak melakukan selebrasi setelah mencetak gol tersebut.

Tertinggal dua gol membuat PSS semakin agresif. Sebaliknya, Persebaya memilih untuk bermain bertahan. Satu peluang lahir saat gelandang Juninho melepas tembakan keras akurat yang masih bisa diamankan Ernando di menit ke-29.

Setelah itu, tempo permainan kedua tim melambat, meski PSS Sleman tetap menjadi tim yang mengambil alih permainan. Namun, tak ada lagi gol yang tercipta sampai wasit mengakhiri paruh pertama tanda waktunya turun minum.

 

2 dari 4 halaman

Babak II

Persebaya tetap melancarkan serangan di awal babak kedua meski sudah unggul dua gol. Kans kembali lahir dari gelandang Bruno Moreira di menit ke-50 lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, meski masih melambung.

Lima menit berselang, kerja sama apik dibuat oleh dua pemain pengganti PSS, Misbakus Solikin dan Irkham Mila. Misba mampu menerima umpan sepak pojok yang diteruskan dengan tembakan dan juga masih belum menemui sasaran.

Kesempatan emas PSS untuk mencetak akhirnya muncul saat wasit memberi hadiah penalti. Reva Adi Utama dianggap melakukan handsball kotak terlarang pada menit ke-59 dan sempat membuat Persebaya melakukan protes.

Wasit tidak bergeming dan Juninho tampil sebagai eksekutor di menit ke-60. Sayang, bola tembakan pemain berpaspor Brasil itu gagal berbuah gol. Meski keras, tembakannya masih membentur mistar gawang Persebaya.

Kegagalan mencetak gol lewat penalti itu terlihat memberi dampak pada mental pemain PSS. Sebab, serangan mereka mulai mengendur. Situasi ini yang kemudian dimanfaatkan Persebaya untuk sesekali memberi ancaman.

Bruno kembali berkesempatan untuk menyumbang saat pertandingan memasuki menit ke-78. Lagi-lagi, bola tembakannya masih belum menemui sasaran karena melambung di atas mistar gawang Ega Rizky.

Gol balasan PSS akhirnya lahir di menit ke-87 melalui serangan balik. Irkham Mila mengirim umpan silang dari sisi kiri serangan PSS dan disambut oleh Irfan Jaya lewat sundulan yang gagal dibendung oleh Ernando.

Dalam situasi itu, Persebaya justru menambah pundi-pundi gol. Marukawa kembali mencetak gol pada menit ke-90 setelah menerima bola liar di kotak penalti PSS dan tembakannya tak mampu diantisipasi Ega Rizky.

Tidak ada lagi gol yang tercipta sampai pertandingan berakhir. Persebaya berhak mengemas tiga poin dari kemenangan 3-1 ini.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain:

  • PSS (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Arthur Irawan, Mario Maslac, Asyraq Gufron, Bagus Nirwanto (belakang); Juninho, Aaron Evans, Kim Kurniawan (tengah); Irfan Jaya, Nemanja Kojic, Irfan Bachdim (depan)
  • Pelatih: Dejan Antonic
  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya (tengah); Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso
4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Video Populer

Foto Populer