Persebaya Tekuk PSS di Pekan Kelima BRI Liga 1, Aji Santoso: Kami Menemukan Cara untuk Menang

Oleh Aditya Wany pada 29 Sep 2021, 23:10 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 23:32 WIB
BRI Liga 1: PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya
Selebrasi pemain Persebaya Surabaya, Ricky R. Kambuaya (dua kiri) usai menjebol gawang PSS Sleman saat laga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (29/09/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Bekasi - Persebaya Surabaya sedang larut dalam sukacita setelah memetik kemenangan pada laga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo sukses menghajar PSS Sleman dengan skor 3-1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (29/9/2021) malam.

Kemenangan ini mengakhiri rentetan hasil buruk Persebaya Surabaya setelah selalu kalah dalam dua laga beruntun, masing-masing dari PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Hasil ini juga kali pertama Persebaya menundukkan PSS Sleman sejak 2019.

Tiga gol tim asal Kota Pahlawan itu disumbang oleh dan Ricky Kambuaya (15’) dan dua lainnya diborong Taisei Marukawa (7’ dan 90’). Sedangkan satu gol balasan PSS disumbang oleh Irfan Jaya pada menit ke-87 lewat sundulan.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak dapat menyembunyikan rasa bahagianya melihat timnya mampu bangkit dari keterpurukan. Raihan tiga angka ini membuktikan klaim Aji yang menyebut sudah menemukan cara untuk mengalahkan PSS sebelum pertandingan.

Alhamdulillah, bersyukur kami pada malam hari ini bisa menang dan mendapatkan poin. Yang pasti, pertandingan ini tidak hanya melelahkan secara fisik, tapi juga segi mental pemain,” kata pelatih asal Malang itu dalam jumpa pers setelah laga usai.

“Kita semua tahu, dalam dua pertandingan sebelumnya kami belum mendapatkan poin. Tentu ini menjadi laga yang menentukan untuk langkah Persebaya ke depan. Pemain sudah menunjukkan perjuangan maksimal hingga mendapat tiga poin,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

 

2 dari 3 halaman

Performa yang Berbeda

BRI Liga 1: PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya
Pemain Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa (kiri) menendang bola ke gawang PSS Sleman yang membuahkan gol saat laga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (29/09/2021). (Bola.com/Bagaskara L

Pertandingan ini benar-benar menunjukkan performa Persebaya Surabaya yang berbeda dibanding dua laga sebelumnya. Tim asal Kota Pahlawan itu mampu bermain efektif dan langsung unggul di menit-menit awal pertandingan.

Lini pertahanan juga kian solid menghalau segala upaya serangan yang dilakukan oleh PSS Sleman. Gol Marukawa yang lahir pada menit ke-90 menjadi bukti bahwa Persebaya tetap melakukan serangan meski sudah unggul.

Apa yang ditunjukkan Persebaya dalam duel ini patut untuk mendapat pujian. Kuncinya, kata Aji, timnya sudah menemukan cara bermain untuk memetik kemenangan. Dia juga meyakini timnya bisa berkembang lagi.

“Anak-anak tampil bagus dan menang. Inilah sepak bola. Untungnya, kami kalah pada awal musim, mudah-mudahan, ke depannya kami akan lebih bagus. Kami sudah menemukan cara bermain untuk menang dan saya yakin tim akan berkembang,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Hasil ini membuat Persebaya beranjak dari zona merah ke peringkat ke-12 klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin dari lima laga. Berikutnya, mereka akan berjumpa PSIS Semarang di pekan keenam pada Minggu (3/10/2021).

3 dari 3 halaman

Jadwal Laga Pekan Keenam BRI Liga 1 2021/2022

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Sabtu, 2 Oktober 2021

  • 15:15 WIB - Borneo FC vs Persita Tangerang
  • 15:15 WIB - Bali United vs Persikabo 1973
  • 18:15 WIB - Persiraja Banda Aceh vs Persija Jakarta
  • 20:30 WIB - Persib Bandung vs PSM Makassar

Minggu, 3 Oktober 2021

  • 15:15 WIB - Madura United vs Persipura Jayapura
  • 18:15 WIB - Arema FC vs Persela Lamongan
  • 18:15 WIB - Barito Putera vs Bhayangkara FC
  • 18:15 WIB - Persik Kediri vs PSS Sleman
  • 20:30 WIB - Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang
Lanjutkan Membaca ↓
Pemain Naturalisasi Solusi Timnas Akhiri Kutukan Spesialis Nyaris Juara di Piala AFF?