Sukses


Performa di BRI Liga 1 Sudah Membaik, Persebaya Pertahankan The Winning Team?

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya mulai menemukan pola permainan terbaik di BRI Liga 1 2021/2022. Terbaru, mereka menang 3-1 atas PSS Sleman dalam pekan kelima di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Rabu (29/9/2021) malam.

Tiga gol Persebaya Surabaya disumbang oleh dan Ricky Kambuaya (15’) dan dua lainnya diborong Taisei Marukawa (7’ dan 90’). Sedangkan satu gol balasan PSS disumbang oleh Irfan Jaya pada menit ke-87 lewat sundulan.

Sebelum laga ini, Persebaya kalah dalam dua laga beruntun dari PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Hasil itu membuat Bonek memberi tekanan kepada para penggawa Bajul Ijo dengan banyak cercaan di media sosial.

Susunan starting eleven Persebaya saat mampu menekuk PSS Sleman dirasa yang terbaik dalam lima pertandingan yang telah dijalani. Apakah pelatih Aji Santoso akan mempertahankan The Winning Team itu?

"Komposisi kami dengan bermain melawan Bhayangkara (dibanding kontra PSS) tidak jauh berbeda," kata pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

"Untuk pertandingan berikutnya di pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, kami harus memikirkan bagaimana solusi terbaik. Tentu akan ada beberapa pemain yang tidak bisa tampil melawan PSIS Semarang nanti," ucapnya.

 

2 dari 4 halaman

Perubahan Mendasar

Perubahan mendasar dilakukan oleh Aji Santoso yang kembali memainkan bek asing Alie Sesay. Dia menggantikan bek muda Rizky Ridho yang mendapat kartu merah saat Persebaya kalah 0-1 pekan lalu.

Selain itu, Bruno Moreira yang biasanya dimainkan sebagai gelandang serang sesekali juga bermain di sektor sayap. Hal itu membuat trisula lini depan Persebaya dihuni oleh pemain asing dengan Bruno ditemani oleh Jose Wilkson dan Taisei Marukawa.

Trio gelandang yang diisi oleh para pemain lokal macam Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, dan Ricky Kambuaya, mampu menunjukkan penampilan solid berduel dengan lini tengah PSS Sleman.

Masalahnya, jadwal pertandingan kali ini sangat mepet. Persebaya hanya punya tiga hari persiapan untuk menatap pekan keenam BRI Liga 1. Mereka bakal berjumpa dengan PSIS Semarang, Minggu (3/10/2021).

"Mudah-mudahan ke depan kami jauh lebih bagus. Dari bentuk dan cara main Persebaya sejak melawan Bhayangkara, kami sudah menemukan bagaimana biasanya Persebaya main. Saya yakin akan berkembang terus," ucap Aji Santoso.

3 dari 4 halaman

Patahkan Kutukan

Di media sosial, banyak suporter Persebaya, Bonek, yang menghubungkan warna kostum ini dengan kekalahan Persebaya. Artinya, tim kebanggaan mereka tidak berjodoh dengan jersey kedua tersebut.

Apalagi, warna putih selama ini diidentikkan dengan kode menyerah dalam sebuah pertempuran. Persebaya juga masyhur dengan warna jersey hijau sejak bertahun-tahun dan menjadi warna kebanggaan Bonek.

Fakta ini membuat banyak Bonek menyangsikan keberhasilan Persebaya bangkit di pekan kelima melawan PSS Sleman, Rabu (29/9/2021). Tekanan dari suporter begitu besar kepada seluruh pihak di klub berjulukan Bajul Ijo itu.

Hasilnya ternyata berbeda. Meski mengenakan kostum putih, Persebaya tetap mampu memetik kemenangan dengan skor 3-1 atas PSS. Raihan itu sama dengan kemenangan 3-1 atas Persikabo 1973 yang terjadi di pekan kedua dengan kostum hijau (11/9/2021).

Melawan PSIS Semarang pada pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022, akankah Persebaya kembali mengenakan jersey putih?

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya saat Ini

Video Populer

Foto Populer