Sukses


BRI Liga 1: Laga Klasik Persib Vs PSM, Duel Dua Tim Bernuansa Belanda

Bola.com, Jakarta - Duel Persib Bandung danĀ PSM Makassar, Sabtu (2/10/2021) jadi partai big match pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022. Bertajuk laga klasik, ada satu hal yang menarik dari kedua tim, yakni membanjirnya pemain dari Belanda.

PSM Makassar dan Persib BandungĀ sama-sama butuh tiga poin untuk bertahan di jalur perebutan trofi juara. Target yang tak mudah diwujudkan oleh Robert Alberts yang menangani Maung Bandung dan Milomir Seslija di Juku Eja.

Tekanan lebih berat dirasakan oleh Robert yang belakangan jadi sorotan Bobotoh menyusul hasil tanpa kemenangan pada tiga laga terakhir. Padahal, pelatih asal Belanda itu mendapat dukungan total dari manajemenĀ Persib BandungĀ dengan materi pemain mewah.

PSM, di sisi lain, juga bukan tim kacangan. Berbekal pemain-pemain senior sepertiĀ Zulkifli Syukur, tim kebanggaan rakyat Sulawesi Selatan ini dikenal sebagai pasukan yang pantang menyerah.

Baik PSM Makassar dan Persib Bandung memiliki satu kesamaan. Mereka adalah dua tim peserta BRI Liga 1 yang memiliki sejumlah pemain berkebangsaan Belanda. Berikut ini ulasan Bola.com:

Ā 

2 dari 4 halaman

Napas Belanda di Persib

PersibĀ dihuni oleh empat pemain asing dan empat naturalisasi, yakni Nick Kuipers, Mohammed Rashid, Wander Luiz, Geoffrey Castillion, Victor Igbonefo, Marc Klok, Esteban Vizcarra hingga Ezra Walian.

Maung Bandung pun dihuni pemain lokal papan atas tanah air seperti Supardi, Ahmad Jufriyanto, Febri Hariyadi, Teja Paku Alam plus bintang muda, Beckham Putra Nugraha.

Dua dari pemain asing Persib berkewarganegaraan Belanda, yakni Nick Kuipers dan Geoffrey Castillion. Keduanya pun jadi andalan tim asuhan Robert Rene Alberts, yang menariknya, juga berasal dari Negeri Kincir Angin.

Tak hanya itu saja, Marc Klok dan Ezra Walian merupakan naturalisasi dari Belanda. Hanya, Ezra belum bisa menunjukkan kapasitasnya musim ini.

3 dari 4 halaman

PSM Identik dengan Belanda

Hal lain yang menarik dari pertandingan ini adalah pertemuan mantan. Robert Alberts, Ezra Walian, dan Marc Klok pernah berseragam PSM selama beberapa musim.

Bahkan, Wiljam Pluim menjadi pemain Belanda pertama yang pernah masuk dalam skema Robert Alberts, yakni kala masih menukangi PSM Makassar pada 2016. Pluim didatangkan Roberts dari klub asal Vietnam, Becamez Bing Duong.

Di bawah asuhan Robert, Pluim menjadi salah satu gelandang yang cukup diperhitungkan di Liga 1. Pemain berusia 31 tahun itu juga disebut memiliki kedekatan secara emosional dengan Robert.

Kala pelatih asal Belanda itu merapat ke Persib, Pluim menjadi salah satu pemain yang rencananya dibawa ke Bandung. Namun, karena berbagai alasan, rencana tersebut pupus.

Gelandang asal Belanda, Marc Klok, juga diboyong Robert Alberts ke PSM Makassar pada April 2017. Di bawah suhan Robert, Marc Klok tampil cukup menjanjikan.

Adapun di PSM saat ini ada Anco Jansen, pemain asal Belanda yang merupakan kerabat dekat Wiljan Pluim. Keduanya pernah satu tim saat masih berseragam Roda JC.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer