Sukses


Duel Antarlini Persib Vs PSM: Maung Bandung Kuat di Tengah, Juku Eja Tajam

Bola.com, Jakarta - Duel seru bakal tersaji dalam laga pekan keenam BRI Liga 1 2021/2022 antara Persib Bandung dan PSM Makassar. Laga tersebut akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (2/10/2021).

Persib Bandung mengusung misi tiga poin dalam pertandingan nanti. Skuad Maung Bandung ingin mengakhiri seri pertama BRI Liga 1 dengan catatan manis.

Terlebih tim besutan Robert Alberts ini belum pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Mereka harus puas menelan tiga kali hasil imbang secara beruntun.

Jika Persib gagal memetik tiga poin sudah dipastikan gelombang kritik dari bobotoh bakal mengalir dengan deras. Makanya, kemenangan adalah harga mati bagi Persib Bandung.

Namun, menaklukkan PSM Makassar tidak akan mudah. Sebab, Juku Eja pun memiliki ambisi yang sama. PSM ingin bangkit setelah meraih hasil buruk dalam laga kontra Barito Putera pada pekan kelima BRI Liga 1.

Dengan kondisi ini tentunya membuat para pemain kedua tim ingin memberikan kemampuan terbaik di lapangan saat menjalani laga terakhir di seri pertama BRI Liga 1 ini. Duel antarlini kedua tim diprediksi bakal berlangsung sengit dan menarik.

2 dari 5 halaman

Kiper

Pelatih Robert Alberts kemungkinan kembali mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Teja Paku Alam. Penampilan Teja di bawah mistar gawang mampu memberikan rasa aman di lini belakang.

Terbukti dalam laga melawan Persikabo 1973 pada pekan kelima BRI Liga 1, Teja mampu melakukan beberapa penyelamatan krusial yang membuat timnya terhindar dari kebobolan.

Kiper berusia 27 tahun itu pun sukses mencatatkan clean sheet dalam laga debutnya di BRI Liga 1. Teja kembali tampil setelah pulih dari cedera hidung.

Persebaya bukan tanpa serangan, umpan-umpan lambung yang ditujukan bagi Jose Wilkson beberapa kali juga sempat mengancam gawang Syaiful. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sedangkan dari kubu PSM, Syaiful Syamsuddin akan menjadi andalan. Penjaga gawang berusia 28 tahun ini dipercaya pelatih Milomir Seslija sejak empat pertandingan terakhir.

Sebelumnya mistar gawang PSM Makassar dihuni oleh Hilman Syah. Namun, pada pekan kedua hingga kelima Milomir Seslija menunjuk Syaiful Syamsuddin.

3 dari 5 halaman

Barisan Pertahanan

Persib Bandung dalam masalah di lini belakang. Dua bek tangguhnya, Nick Kuipers dan Victor Igbonefo dipastikan absen karena berbagai alasan.

Nick Kuipers absen karena mendapatkan hukuman akumulasi kartu kuning. Sementara itu, Igbonefo harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi play-off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kehilangan kedua pemain tersebut membuat lini belakang makin krisis pemain. Posisi bek hanya menyisakan Achmad Jufriyanto, Indra Mustafa, dan Bayu Fiqri.

Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. (Bola.com/Muhammad Faqih)

Sementara PSM kemungkinan memasang duet Erwin Gutawa dan Hasim Kipuw atau Erwin Gutawa dengan Abdul Rahman di lini belakang. Namun, lini pertahanan sejauh ini selalu kecolongan.

Sebagai catatan, PSM sudah kebobolan tujuh gol dalam lima pertandingan terakhir di BRI Liga 1. Ini membuktikan bahwa lini pertahanan PSM mudah ditembus.

4 dari 5 halaman

Lini Tengah

Duet Marc Klok dan Mohammed Rashid kembali menjadi tumpuan Persib Bandung di lini tengah. Kombinasi keduanya mampu membuat tim lawan sulit mengembangkan permainan.

Selain pintar dalam memotong aliran bola, Marc Klok dan Mohammed Rashid juga berbahaya apabila sudah masuk ke wilayah terakhir tim lawan.

Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim, terjatuh saat berebut bola dengan pemain Arema FC, Hanif Sjahbandi, pada laga BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (5/9/2021). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Marc Klok dan Mohammed Rashid bisa memecah kebuntuan. Terbukti dengan catatan satu gol Marc Klok ke gawang Barito Putera dan dua gol Mohammed Rashid saat melawan Persita Tangerang.

Namun, duet Marc Klok dan Mohammed Rashid akan mendapatkan lawan yang sepadan. PSM akan mengandalkan Rasyid Bakri dan Wiljan Pluim. Kedua pemain ini akan menjadi motor di lini tengah Juku Eja dalam beberapa laga terakhir.

 

5 dari 5 halaman

Lini Serang

Lini depan Persib Bandung tidak lebih baik dari PSM Makassar. Para penyerang Persib tengah menjadi sorotan karena tidak kunjung mencetak gol hingga pekan kelima BRI Liga 1.

Semua gol Persib musim ini dicetak oleh pemain berposisi gelandang. Persib hanya mengandalkan Wander Luiz di lini depan. Dua pemain lain, Ezra Walian dan Geoffrey Castillion masih menjalani pemulihan.

Sementara itu, lini depan PSM terbilang tajam. PSM Makassar sudah mengoleksi delapan gol dari lima pertandingan. Milomir Seslija selalu mengandalkan trisula maut Anco Jansen, Yakob Sayuri, dan Ilham Udin Armaiyn di lini depan.

Video Populer

Foto Populer