Sukses


Rahasia Cristian Gonzales Menjaga Kebugaran di Usia 45 Tahun: Menghindari Nasi

Bola.com, Jakarta - Cukup banyak atlet yang masih aktif berkiprah dengan usia tidak muda lagi, termasuk di dunia sepak bola. Sosok Cristiano Ronaldo jelas menjadi perhatian utama dengan usia 36 namun masih terus mencatatkan prestasi gemilang.

Di Liga Indonesia juga terdapat pemain yang masih berkarier walau usianya bahkan sudah berkepala empat. Adalah Cristian Gonzales, pemain berdarah Uruguay yang usianya sudah menginjak 45 tahun. Namun sampai saat ini masih aktif bermain untuk klub Rans Cilegon United di kompetisi Liga 2.

Dalam sebuah obrolan dengan Hamka Hamzah di YouTube, Gonzales menjawab pertanyaan tentang apa rahasianya dalam menjaga kebugaran dan fisik. Dengan tegas ia menjawab kualitas pikiran, pola makan, dan pola hidup menjadi kuncinya.

"Saya senantiasa berpikir positif, istri selalu memasak khas latin seperti spaghetti. Saya makan nasi hanya satu kali seminggu," terang Cristian Gonzales dalam kanal YouTube Hamka Story 23, Selasa (28/9/2021).

"Kalau pertandingan main sore, saya tidak makan berat sebelumnya, paling spaghetti satu jam sebelum pertandingan. Kalau main away saya lebih banyak istirahat di kamar," ujar Cristian Gonzales.

Sosok Cristian Gonzales menjadi satu diantara pemain yang mengenyam banyak kesuksesan di pentas Liga Indonesia. Prestasi segudang ia torehkan tidak hanya mengantarkan timnya juara. Namun lebih banyak menjadi pencetak gol terbanyak, dengan predikat sebagai striker ulung.

Sejak pertama kali datang ke Indonesia di tahun 2003, pria yang akrab disapa El Loco itu tercatat sudah membela sembilan klub berbeda. Dimulai dari PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Putra Samarinda.

Lantas berseragam Arema, Madura United, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, dan saat ini bermain untuk Rans Cilegon United. Lebih dari 300 gol ia cetak selama berkarier di Indonesia dengan berbagai gelar untuk klub maupun secara individu.

Tidak hanya di level klub, Cristian Gonzales ikut memberikan sumbangsih untuk Timnas Indonesia, saat ia dinaturalisasi pada 2009. El Loco lantas menjadi tumpuan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010 yang mampu melaju hingga final.

"Gym sangat penting bagi seorang atlet khususnya sepak bola. Menjaga kebugaran dan menghindari potensi cedera, saat di Uruguay saya juga begitu, 30 menit saja cukup," jelasnya.

 

2 dari 2 halaman

Belum Akan Pensiun

Sudah banyak tim yang ia bela dan usianya menginjak kepala empat. Namun Cristian Gonzales mengaku masih akan terus berkarier di lapangan hijau sampai kapanpun.

Saat ditanya Hamka Hamzah kapan dirinya akan pensiun? El Loco mengaku belum dapat memastikan.

"Sampai Tuhan masih memberi saya kesempatan bermain, ya akan tetap bermain. Selain itu Alhamdulillah tidak pernah cedera," tandas El Loco.

Video Populer

Foto Populer