Sukses


Rapor 5 Klub Jawa Timur di BRI Liga 1: Persebaya Paling Berpeluang Melesat ke Papan Atas

Bola.com, Jakarta - Provinsi Jawa Timur (Jatim) merupakan daerah penyumbang perwakilan terbanyak dalam gelaran BRI Liga 1 2021/2022. Setidaknya ada lima tim Jatim yang bertarung di kasta tertinggi sepakbola tertinggi Tanah Air.

Kelima tim tersebut, yakni Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Madura United, Arema FC, dan Persik Kediri. Tiga dari lima tim tersebut bahkan berstatus peraih gelar Liga Indonesia.

Tapi, apa yang terjadi dalam lima pekan perdana BRI Liga 1 2021/2022 terbilang mengecewakan. Tak satupun dari mereka yang mampu menerobos persaingan papan atas.

Ada kecenderungan kelima tim ini kesulitan meraih kemenangan. Hal itu yang membuat kesemuanya pernah terdampar di zona merah setidaknya untuk satu hari pertandingan.

Dengan kompetisi yang masih menyediakan 29 pertandingan. Segala hal masih mungkin terjadi. Lantas, bagaimana peluang tim-tim Jatim setelah lima laga perdana BRI Liga 1 2021/2022? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 6 halaman

Arema FC

Saat ini, Arema FC menjadi tim Jatim paling bagus posisinya di papan klasemen BRI Liga 1 2021/2022. Mereka berhasil mengamankan enam poin dari lima pertandingan awal.

Namun, pekerjaan rumah klub berjulukan Singo Edan tersebut terbilang masih sangat banyak. Anak asuh Eduardo Almeida itu seperti lebih senang mendapatkan hasil imbang ketimbang meraih kemenangan.

Problematika lini depan juga menjadi masalah serius yang harus segera dipecahkan. Bila tetap ingin bersaing, Dedik Setiawan dkk dituntut mengembalikan ketajamannya yang buntu di awal kompetisi musim ini:

Pergerakan Klasemen Arema FC per Pekan: 11 - 14 - 14 - 14 - 10

 

3 dari 6 halaman

Madura United

Mungkin pada awalnya Madura United tak merasa bimbang kehilangan dua top scorer tim di BRI Liga 1, Alberto Goncalves dan Greg Nwokolo. Kepergian keduanya nyaris dalam waktu bersamaan rupanya meninggalkan segudang masalah.

Seperti halnya Arema FC, klub berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut sulit sekali mencetak gol. Tiga gol dalam lima pertandingan awal, tentu sangat-sangat kurang untuk tim se-atraktif mereka.

Bersama dua klub lainnya, produktivitas mereka merupakan yang terburuk dalam lima pekan pertama. Dengan bursa transfer yang masih sangat jauh, pelatih Rahmad Darmawan dituntut berpikir keras untuk mencari solusi jitu akan hal ini.

Pergerakan Klasemen Madura United per Pekan: 8 - 12 - 15 - 10 - 11

 

4 dari 6 halaman

Persebaya Surabaya

Klub kebanggaan arek-arek Suroboyo ini bisa dibilang yang paling berpeluang meninggalkan papan tengah. Mereka jadi salah satu dari tiga tim terproduktif dalam lima laga perdana musim ini.

Tetapi konsistensi bakal jadi kunci apakah Persebaya sanggup jadi penantang serius gelar BRI Liga 1 2021/2022. Dalam lima laga awal, hal ini sama sekali tak terlihat dalam permainan Rachmat Irianto dkk.

Sempat dihajar Borneo FC pada laga perdana, mereka berhasil menggebuk Persikabo 1973 dalam laga selanjutnya seiring kompletnya para pemain asing. Tapi, dua kekalahan beruntun atas PSM Makassar dan Bhayangkara FC menyisakan banyak tanda tanya.

Namun, kemenangan telak atas PSS Sleman dalam laga terkini menjadi bukti pelatih Aji Santoso telah menemukan solusi di pertahanan. Jika sanggup mempertahankan performa, Persebaya boleh mengucapkan selamat tinggal ke penghuni papan bawah.

Pergerakan Klasemen Persebaya per Pekan: 18 - 6 - 12 - 17 - 12

 

5 dari 6 halaman

Persela Lamongan

Berada di kasta tertinggi hampir dua dekade, membuat Persela Lamongan terbilang kaya akan pengalaman. Selama ini, mereka mampu berhasil lepas dari situasi sulit yang menghimpit mereka.

Dalam lima laga perdana di BRI Liga 1 2021/2022, jelas terlihat bagaimana permainan klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut. 'Hanya' mengandalkan serangan balik membuat Persela beberapa kali kepayahan menghadapi lawannya.

Namun, mereka selalu menemukan cara untuk bangkit. Dua kemenangan atas Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh merupakan bukti kejelian pelatih Iwan Setiawan untuk menakar kekuatan tim lawan yang tengah compang-camping.

Pergerakan Klasemen Persela per Pekan: 17 - 10 - 11 - 15 - 13

 

6 dari 6 halaman

Persik Kediri

Peraih dua gelar Liga Indonesia ini sepertinya cukup memiliki bekal untuk bersaing di BRI Liga 1 2021/2022. Ketajaman Youssef Ezzejari merupakan poin penting dalam kampanye mereka musim ini.

Dalam empat pertandingan di mana dia diturunkan, pemain asal Spanyol tersebut berhasil menyumbangkan empat gol. Sayangnya, ketajamannya tak diikuti ketangguhan barisan belakang.

Arthur Felix Silva dan Andri Ibo terbilang gagal meredam setiap pergerakan lawan yang coba menerobos ke kotak penalti Persik. Jika tak ingin semakin terpuruk, pembenahan di lini pertahanan harus menjadi fokus pelatih Joko Susilo.

Pergerakan Klasemen Persik per Pekan: 16 - 9 - 9 - 11 - 16

Video Populer

Foto Populer